Instagram Gulirkan Panduan Menjaga Keamanan Anak Remaja di Instagram

TechBiz – Media sosial telah menjadi bagian yang tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia, dari kalangan remaja, dewasa muda, hingga orang tua. Namun, Instagram memahami bahwa para orang tua seringkali merasa kesulitan mencari tahu apa saja yang dilakukan anak remajanya di media sosial. 

Itulah sebabnya, Instagram meluncurkan Panduan Instagram untuk Orang Tua dalam Bahasa Indonesia. Panduan ini didesain khusus sebagai sumber informasi untuk memberdayakan para orang tua di Indonesia dengan informasi seputar penggunaan Instagram di kalangan remaja.

Yuk, cari tahu apa saja yang dapat dilakukan orang tua untuk memastikan keamanan anak remaja mereka di Instagram berdasarkan Panduan Instagram untuk Orang Tua! 

1.    Pahami alasan anak remaja Anda menggunakan Instagram

Langkah pertama yang dapat diambil oleh para orang tua adalah memahami alasan mengapa anak remaja mereka menggunakan Instagram. Para remaja umumnya menggunakan Instagram untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting, berbagi momen sehari-hari, terhubung dengan teman dan keluarga, membangun komunitas dan bertemu dengan orang yang memiliki kegemaran dan minat yang sama. 

2.    Dorong anak remaja Anda menjadi dirinya sendiri 

Sejak awal menggunakan Instagram, Anda bisa mengajak anak remaja Anda untuk menentukan apakah akan membuat akun mereka bersifat publik atau privat. Jika mereka tahu bahwa mereka memiliki kendali atas privasinya di Instagram, mereka bisa tampil menjadi diri mereka sendiri. Instagram memiliki fitur Privasi Akun untuk menentukan siapa yang boleh dan tidak boleh melihat postingan dan berinteraksi dengan akun mereka. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan fitur Blokir untuk memblokir akun-akun yang tidak pantas atau saat mereka tak ingin lagi berinteraksi dengan akun tertentu.

3.    Kendalikan interaksi anak remaja Anda di Instagram 

Anak remaja Anda memiliki kendali atas siapa saja yang bisa mengomentari postingan mereka dengan menggunakan fitur Kontrol Komentar di Instagram. Mereka juga bisa menggunakan fitur Blokir untuk memblokir akun tertentu agar komentar dari akun tersebut tidak akan muncul lagi. Selain kedua fitur tersebut, anak remaja Anda juga bisa mengaktifkan fitur Filter Komentar untuk menyaring komentar yang sifatnya ofensif. 

4.    Ajak anak Anda menggunakan waktunya dengan bijak

Mengakses media sosial terkadang bisa membuat kita jadi lupa waktu. Anda bisa memantau berapa lama waktu yang telah dihabiskan oleh anak remaja Anda di Instagram melalui Dasbor ‘Aktivitas Anda’ yang ada di bagian Pengaturan Instagram. Untuk memaksimalkan penggunaan waktu mereka secara bijak, Anda bersama dengan anak remaja Anda bisa menetapkan batas waktu tertentu yang bisa digunakan untuk mengakses Instagram dalam sehari dengan mengaktifkan ‘Setel Pengingat Harian’. Selain itu, mereka juga bisa menonaktifkan notifikasi Instagram selama periode waktu tertentu melalui fitur ‘Jeda Notifikasi’.

Panduan Instagram untuk Orang Tua juga menghadirkan daftar pertanyaan yang dapat digunakan para orang tua untuk memulai percakapan seputar Instagram dengan anak remaja mereka. 

Related posts

Latest posts

Line Edukasi Covid-19 Lewat Stiker

Techbiz.id - LINE Indonesia mengembangkan inisiatif edukasi COVID-19 dengan meluncurkan Set Stiker Siaga COVID-19 guna terus memberikan informasi berguna, kali ini lewat...

Modalku Lakukan Mitigasi hadapi Covid-19

Techbiz.id - Modalku menerapkan prinsip responsible lending sebagai langkah mitigasi risiko untuk antisipasi dampak dari virus COVID-19. Prinsip...

Aplikasi Telekonferensi Ini Paling Banyak Sedot Bandwidth

Techbiz.id - Untuk melakukan aktivitas bekerja dan belajar dari rumah banyak aktivitas belajar kelompok atau rapat kini dilakukan via online melalui berbagai aplikasi telekonferensi...

Want to stay up to date with the latest news?

We would love to hear from you! Please fill in your details and we will stay in touch. It's that simple!