Telkom dan Huawei Sepakat Bangun Program Riset dan Inovasi 5G

TechBiz.ID – Dalam upaya membangun konektivitas digital di Indonesia, Telkom, penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, bersama Huawei, perusahaan TIK terkemuka global, menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai dibentuknya program riset dan inovasi 5G bersama (06/11), sebagai wujud upaya bersama dalam turut mendorong dikembangkannya arsitektur jaringan melalui penerapan beragam use case yang sesuai dengan kebutuhan Telkom Group.

Pengembangan riset bersama tersebut nantinya akan mencakup sejumlah riset yang di antaranya mengenai teknologi-teknologi kunci di bidang 5G, seperti 5G Transport, teknologi antena massive MIMO (Multiple Input, Multiple Output), kapasitas jaringan, jaringan pintar, serta SDN (Software-Defined Networking)/NFV (Network Functions Virtualization).

Dalam kesempatan yang sama, Telkom Indonesia bersama HUAWEI CLOUD juga menandatangani nota kesepahaman mengenai kesiapan mereka untuk bekerja sama dalam menghadirkan layanan cloud bagi khalayak di Indonesia dalam mendukung terwujudnya evolusi dan inovasi teknologi di masa depan melalui dikembangkannya Laboratorium Inovasi Kecerdasan Buatan (AI) terkait teknologi cloud, serta berinisiatif membentuk komunitas pengembang peranti lunak khususnya untuk layanan cloud.

Telkom Indonesia Digital Business Director Faizal R. Djoemadi menuturkan, “Cloud merupakan salah satu bagian penting dalam infrastruktur 5G. Melalui kerja sama ini, perusahaan berharap tidak saja dapat merasakan suguhan-suguhan teknologi 5G terbaik yang dihadirkan oleh Huawei.

“Kami juga dapat mensintesis dari pengalaman Huawei yang sudah maju di bidang teknologi 5G di tingkat global. Kami juga berharap bahwa kerja sama ini dapat menjadi salah satu cara kami dalam menguatkan dukungan kami dalam mempercepat terwujudnya digitalisasi di Indonesia. Mari bersama-sama kita galang kerja sama bisnis yang saling menguntungkan ke depannya,” paparnya.

Carrier Business Group CEO, Huawei Indonesia, Andy Ma mengatakan, kolaborasi ini merupakan wujud komitmen Huawei dalam memperkuat pengembangan infrastruktur TIK di Indonesia demi mendorong dihadirkannya pengalaman digital terbaik dalam menyongsong kehadiran gelombang digital yang tidak terelakkan lagi.

“Kami merasa bangga dapat berkolaborasi dengan Telkom dan berharap bahwa dikembangkannya program riset dan inovasi 5G bersama ini akan berkontribusi terhadap kemajuan perkembangan TIK menuju terwujudnya Digital Indonesia sepenuhnya,” jelasnya.

Dengan lahirnya teknologi 5G yang membawa perubahan-perubahan besar di berbagai bidang, seperti kehidupan digital sehari-hari, perawatan medis, transportasi, IoT, manufaktur, hingga banyak sektor lainnya, kerjasama ini menjadi pengejawantahan akan komitmen dan upaya Telkom bersama dengan Huawei demi mendukung terwujudnya transformasi Indonesia menuju Indonesia digital dan cerdas, serta pengembangan inovasi teknologi yang akan mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Selama ini, Telkom merupakan mitra strategis bagi Huawei di Indonesia. Keduanya telah menjalin kerja sama di bidang TIK bersama dalam 15 tahun jalinan kemitraan yang erat di antara keduanya.

Related posts

Latest posts

Beli Smartphone OPPO bisa Via Whatsapp

Techbiz.id - Menandai awal kampanye #BetterAtHome, OPPO Indonesia sediakan layanan khusus untuk membantu konsumen dalam mendapatkan informasi dan produk terbaru smartphone OPPO...

Line Edukasi Covid-19 Lewat Stiker

Techbiz.id - LINE Indonesia mengembangkan inisiatif edukasi COVID-19 dengan meluncurkan Set Stiker Siaga COVID-19 guna terus memberikan informasi berguna, kali ini lewat...

Modalku Lakukan Mitigasi hadapi Covid-19

Techbiz.id - Modalku menerapkan prinsip responsible lending sebagai langkah mitigasi risiko untuk antisipasi dampak dari virus COVID-19. Prinsip...

Want to stay up to date with the latest news?

We would love to hear from you! Please fill in your details and we will stay in touch. It's that simple!