Tuesday, August 11, 2020
More
    Home Column Popularitas Perangkat Asisten Suara Terus Meningat

    Popularitas Perangkat Asisten Suara Terus Meningat

    Artikel ini Ditulis Oleh: Dr. Ryan Chen, General Manager of the Computing and Artificial Intelligence Technology Group at MediaTek

    Must Read

    Rilis Besok, Berapa Harga Oppo Reno4?

    Techbiz.id - Oppo dipastikan bakal merilis penerus Reno3 Series di Indonesia pada esok hari (6/8), melalui siaran...

    5 Langkah Mudah Bikin Stiker Cameos Snapchat

    Techbiz.id - Snapchat kini menghadirkan Cameos dalam bentuk stiker yang bisa ditambahkan ke Snap atau story.

    XL Axiata Beri Akses Internet untuk Anak Nelayan

    Techbiz.id - XL Axiata memberikan bantuan akses internet bagi anak-anak nelayan Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang...

    Techbiz.id – Teknologi pengenalan suara adalah salah satu inovasi paling menarik saat ini. Asisten suara pertama kali diintegrasikan ke smartphone beberapa tahun lalu, dan para konsumen semakin mengandalkan teknologi suara untuk memudahkan dan mengotomasi hal-hal di kehidupan sehari-hari seperti membuat janji pertemuan atau melakukan pembelian online.

    Bagi banyak konsumen, suara merupakan antarmuka yang jauh lebih alami dibandingkan teks. Di dunia di mana multitask menjadi sebuah keunggulan kompetitif, teknologi suara memampukan konsumen untuk melakukan lebih banyak hal dalam waktu lebih pendek.

    Selain smartphone, kita melihat kemunculan banyak perangkat asisten suara (VAD – voice assistant device) seperti pengeras suara cerdas dan tablet yang mengintegrasikan teknologi suara.

    Perangkat-perangkat ini merupakan alat canggih yang bisa memudahkan hal-hal yang kita lakukan sehari-hari, dan membuat kita tetap terkini dan membebaskan tangan kita untuk meningkatkan produktivitas kapan saja, di mana saja.

    Seiring dengan semakin populernya komputasi suara, MediaTek melihat munculnya tiga tren penting: dorongan menuju komputasi di edge, timbulnya gelombang-gelombang inovasi baru, dan efek riak di perekonomian.

    Komputasi Edge

    Di tahun-tahun mendatang kami berharap munculnya dorongan lebih kuat menuju komputasi edge di pasar VAD. Banyak perangkat masa kini yang melakukan komputasi ringan dan kemudian mengirim masukan, seperti pertanyaan mengenai ramalan cuaca, ke Cloud.

    Ketika asisten suara telah menjadi sangat sukses dengan pendekatan ini, masih ada beberapa kelemahan sekitar latensi, bandwidth dan kerahasiaan. Selain itu, biaya-biaya untuk menjalankan layanan-layanan cloud semakin meningkat bagi para pembuat perangkat.

    Perangkat-perangkat terkoneksi akan semakin memiliki kemampuan AI terintegrasi untuk pemrosesan di edge, memampukan sebuah pengalaman mulus bagi konsumen untuk mendapatkan informasi bakan lebih cepat dari perangkat berkemampuan suara.

    Pemrosesan lokal juga akan menggunakan bandwidth lebih kecil dan akan menawarkan keamanan yang lebih kokoh untuk melindungi data pengguna, sebuah keuntungan signifikan karena keamanan siber menjadi semakin penting.

    Inovasi Baru

    Asisten suara akan mulai membuka gelombang-gelombang inovasi baru: Sebuah pergeseran dalam desain perangkat terkoneksi, dengan fitur-fitur baru dan form factor menarik. Sebuah pergeseran dalam peran yang dimainkan suara dalam kehidupan kita, mengubah cara kita berinteraksi dengan perangkat-perangkat kita.

    Dan sebuah ekosistem baru untuk perangkat dengan kemampuan suara. Untuk rumah cerdas, teknologi suara sudah berkembang melampaui pengeras suara cerdas dan diintegrasikan ke dalam berbagai form factor seperti oven microwave dan perangkat-perangkat lain.

    Di jalan, kami melihat berbagai aksesori yang mengubah kendaraan menjadi sebuah mobil terkoneksi. Selain di rumah dan mobil, teknologi suara akan mengubah hidup kita dalam cara-cara yang bahkan belum kita bayangkan.

    Kita bahkan mungkin akan melihat perubahan dalam paradigma komputasi utama. Sebagian besar konsumen mengandalkan smartphone dan PC sebagai platform komputasi utama, dan kemudian menggunakan perangkat-perangkat lain seperti pengeras suara cerdas untuk hal-hal lainnya. Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi suara oleh konsumen, ini bisa berubah dalam cara-cara yang bahkan tidak bisa kita antisipasi.

    Dampak Perekonomian

    Kebangkitan baru dalam desain dan perangkat yang sekarang kita alami akan berdampak pada perekonomian. Kita bisa melihat konsumen membeli lebih banyak perangkat untuk terhubung di setiap aspek kehidupan.

    Misalnya, jika seorang konsumen meyukai adanya pengeras suara cerdas di ruang keluarga, mereka mungkin akan membeli lagi untuk ruang-ruang lainnya di rumah. Atau mungkin mereka akan membeli lebih banyak lampu, kamera keamanan, dan perangkat-perangkat terkoneksi lainnya yang bisa diintegrasikan melalui kemampuan suara yang intuitif.

    Kita juga akan melihat konsolidasi. Misalnya, saat ini konsumen bisa membeli aksesori suara untuk mobil, tapi di masa depan kemampuan suara bisa menjadi fitur standar, dan tidak diperlukan perangkat tambahan.

    Apapun yang terjadi, sudah jelas ada peluang besar saat ini bagi perusahaan-perusahaan yang membuat perangkat suara dan teknologi-teknologi suara intuitif.

    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Artikel Terbaru

    Harga dan Spesifikasi Huawei Matepad T8

    Techbiz.id - Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia pada hari ini (10/8) meluncurkan tablet seri terbarunya. Untuk...

    Garena Free Fire Gelar Event Booyah Merdeka

    Techbiz.id - Garena Free Fire kembali menghadirkan event Booyah Merdeka dengan hadiah utama puluhan smartphone untuk para pemain. Sebanyak...

    Telkom Integrasikan Data Perpajakan dengan DJP

    Techbiz.id - Telkom dan Direktorat Jendral Pajak (DJP) menandatangani nota kesepahaman tentang integrasi data perpajakan. Kerjasama ini merupakan kelanjutan...

    Update Harga Realme C11 Agustus 2020, Tetap Rp1 Jutaan

    Techbiz.id - Kenaikan nilai tukar rupiah di tengah pandemi Covid-19, biasanya akan berdampak pada perubahan harga smartphone. Namun, itu tidak terjadi pada...

    Huawei Rilis MatePad T8, Harga Sejutaan

    Techbiz.id - Huawei Indonesia meluncurkan tablet seri terbarunya, yaitu MatePad T8 yang dibanderol dengan harga Sejutaan. Huawei MatePad T8...

    Artikel Terkait