Thursday, February 25, 2021
Home News Huawei dan Kemendikbud Kerjasama Kembangkan SDM Bidang TIK

Huawei dan Kemendikbud Kerjasama Kembangkan SDM Bidang TIK

Must Read

Simak 7 Fitur Terbaik dari MediaTek Helio G95

Techbiz.id - MediaTek Helio G95 dirancang untuk smartphone gaming 4G premium. Dengan serangkaian fitur tweak di ujung jari, G95...

Pekan Depan, Realme Narzo 30A Siap Hadir di Indonesia

Techbiz.id - Setelah sempat merilis desain kotak penjualan terbaru Realme narzo 30A beberapa hari lalu, Realme kali ini mengonfirmasi...

Begini Perkiraan Kekuatan Layanan Gabungan Tri dan Indosat

Techbiz.id - Menyusul pemberitaan bakal merger-nya Indosat dan Tri Indonesia, Opensignal melakukan analisa seperti apa pengalaman mobile bagi pengguna...

WhatsApp Akan Kembali Jelaskan Kebijakan Privasi Baru

Techbiz.id - Kebijakan privasi baru WhatsApp sempat menjadi buah bibir. Bahkan tak sedikit pengguna yang mengaku akan beralih usai...

Mirip iPhone, Inikah Wujud Oppo Find X3?

Techbiz.id - Bocoran mengenai Oppo Find X3 terus beredar. Kali ini, giliran wujud asli dari smartphone penerus Find X2...

Techbiz.id – Huawei dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkomitmen mendukung dunia pendidikan di Indonesia, khususnya dalam membangun dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di bidang TIK.

Komitmen tersebut dituangkan dalam kerjasama penerapan platform e-learning, pelatihan TIK, kompetisi TIK, program magang siswa, dan pengembangan ekosistem cloud dan AI melalui penelitian bersama dengan Huawei.

- Advertisement -

Kerjasama Huawei dan Kemendikbud tersebut akan berlangsung selama dua tahun sesuai dengan Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Prof Nizam mengatakan, dukungan teknologi dan keahlian Huawei akan sangat membantu proses transformasi digital di perguruan tinggi sekaligus meningkatan daya saing global pendidikan tinggi di Indonesia.

Baca juga: Huawei Sediakan Perangkat untuk Hadapi New Normal

Ketersediaan tenaga kerja profesional yang kompeten di bidang TIK saat ini menurut Nizam sangat dibutuhkan oleh industri dan berperan dalam membentuk daya saing serta kesiapan suatu negara untuk memulai era digital di persaingan pasar terbuka.

“Di dunia nyata transformasi digital saat ini, ada kebutuhan mendesak untuk mengisi kesenjangan antara dunia akademik dan kebutuhan industri,” ungkapnya.

Menurut Vice President of Public Affairs and Communications Huawei Indonesia, Qijian Ken, kerjasama Huawei dan Kemendikbud menegaskan komitmen Huawei dalam mendukung dunia pendidikan di Indonesia, khususnya dalam membangun dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di bidang TIK.

kerjasama huawei dan kemendikbud

Dukungan teknologi maupun program-program transfer pengetahuan yang disediakan Huawei diharapkan Ken mampu menghasilkan SDM TIK berdaya saing global yang mampu menjawab tuntutan industri.

“Selama 20 tahun hadir di Indonesia, Huawei telah berkontribusi melalui teknologi dan solusi TIK guna mendukung pembangunan di semua sektor, termasuk pendidikan.

“MoU ini sejalan dengan kampanye global Huawei #TECH4ALL yang bertujuan mendukung keberlangsungan proses pendidikan termasuk di saat pandemi serta untukmeningkatkan inklusi teknologi digital. Huawei juga terus berupaya menjaga keberlangsungan pendidikan di tengah dinamika situasi global melalui pendayagunaan teknologi,” ujar Qijian Ken.

Ken menambahkan, Huawei telah mengembangkan solusi untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi dunia pendidikan.

Tidak hanya tantangan yang muncul akibat adanya bencana seperti pandemi Covid-19, namun juga tantangan-tantangan terkait tuntutan kompetensi global di era digital.

“Kami berharap, solusi yang kami hadirkan serta program-program pelatihan maupun pembinaan yang kami berikan mampu menghasilkan SDM TIK Indonesia yang mampu bersaing secara global,” pungkasnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Lawan OTT Amerika, Kita Bisa

Techbiz.id - Bulan Februari setahun yang lalu, Menteri BUMN Erick Thohir keceplosan sindir Telkom kurang inovatif dan terlalu tergantung...

Artikel Terkait