Thursday, June 17, 2021
Home News Netray Berikan Layanan Analisa Perbincangan di Media Sosial

Netray Berikan Layanan Analisa Perbincangan di Media Sosial

Must Read

Realme 8 5G Meluncur di Indonesia, Harganya Rp3 Juta

Techbiz.id - Memenuhi janjinya, realme Indonesia menghadirkan ponsel 5G, realme 8 5G secara daring, Rabu (16/6). Dibanderol dengan harga...

11 Ponsel yang Bisa Terkoneksi dengan Jaringan 5G Indosat

Techbiz.id - Menyusul konfirmasi jaringan 5G Indosat, terdapat sejumlah ponsel pintar di Indonesia yang sudah mendukung konektivitas tersebut. Menurut penelusuran...

Garmin Venu 2 Series Tingkatkan Kualitas Hidup

Techbiz.id - Garmin Indonesia meluncurkan Venu 2 dan Venu 2S, jam tangan GPS canggih berukuran 45mm dan 40mm yang...

Penumpang Garuda Bisa Pesan Taksi di Aplikasi Fly Garuda

Techbiz.id - Garuda Indonesia resmi meluncurkan fitur baru pada aplikasi “Fly Garuda” yang menghadirkan kemudahan layanan transportasi terintegrasi khususnya...

Coinomo Dapat Pendanaan dari Vertex Ventures SEAI

Techbiz.id - Setelah mengakuisisi aplikasi dompet kripto asal Taiwan,  Dapp Pocket dan layanan yield aggregator Cappuu, Coinomo mengumumkan putaran pendanaan baru, yang dipimpin...

Techbiz.id – Platform media monitoring Netray menawarkan analisis arus informasi yang terjadi di media sosial yang dapat membantu pengembangan bisnis berbasis pemanfaatan media sosial.

Melalui layanan yang ditawarkannya, Netray mampu memantau empat jaringan media sosial yakni Twitter, Instagram, Facebook, hingga pemberitaan-pemberitaan di portal media online.

- Advertisement -

Seperti diketahui, arus informasi dan perbincangan yang terjadi di media sosial sekarang ini sudah tidak bisa lagi dianggap angin lalu, jika dimanfaatkan dengan benar informasi yang ada tersebut dapat dimanfaatkan untuk banyak hal.

Menurut Banu Antoro, Chief Operating Officer Netray, bukan hanya perusahaan dan institusi berorientasi bisnis saja yang dapat memanfaatkan, Pelajar, mahasiswa, hingga para peneliti pun bisa memanfaatkan layanan yang ditawarkan Netray.

“Kami berharap bisa memberi dan menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat mengenai media monitoring service yang dapat diakses oleh kalangan luas dan user-friendly dan akan terus mengembangkan Netray hingga menjadi media monitoring tools yang paling unggul, terutama di Indonesia,” ujarnya.

Netray menurut Banu dapat memproses jutaan data dan mengonversikannya ke dalam grafis. Melalui statistik dari data yang dikumpulkan, pengguna bisa mendapat gambaran tentang seberapa ramai suatu topik dibicarakan di media sosial dan diberitakan di portal media online.

Dalam analisisnya, Netray menerapkan metode deep learning untuk menganalisis sentimen dan memprediksi gender. Analisis sentimen jadi kata kunci penting dalam keunggulan Netray.

Analisis sentimen adalah muatan emosi (label emosi) dalam sebuah kalimat di media sosial. Netray membagi tiga kategori sentimen: positif, netral, dan negatif sehingga dapat diketahui opini dan arah pembahasan topik pada suatu kalimat.

Netray juga mampu menunjukkan jaringan percakapan yang memperlihatkan akun-akun yang paling banyak ditandai warganet saat membahas suatu topik sebagai instrumen analisis.

Lewat jaringan percakapan ini pengguna Netray dapat mengetahui seberapa luas sebuah topik dibahas sekaligus melihat siapa akun yang paling berpengaruh dalam topik tersebut.

Netray memiliki kemampuan membaca topik secara cepat melalui “Top Words”. Selain itu, Netray juga dapat menunjukkan topic traffic melalui “Peak Time” sehingga dapat mengetahui intensitas perbincangan topik per waktu serta membaca isi topik melalui kicauan dan media populer.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

11 Ponsel yang Bisa Terkoneksi dengan Jaringan 5G Indosat

Techbiz.id - Menyusul konfirmasi jaringan 5G Indosat, terdapat sejumlah ponsel pintar di Indonesia yang sudah mendukung konektivitas tersebut. Menurut penelusuran...

Artikel Terkait