Sabtu, April 20, 2024

Netray Berikan Layanan Analisa Perbincangan di Media Sosial

Techbiz.id – Platform media monitoring Netray menawarkan analisis arus informasi yang terjadi di media sosial yang dapat membantu pengembangan bisnis berbasis pemanfaatan media sosial.

Melalui layanan yang ditawarkannya, Netray mampu memantau empat jaringan media sosial yakni Twitter, Instagram, Facebook, hingga pemberitaan-pemberitaan di portal media online.

Seperti diketahui, arus informasi dan perbincangan yang terjadi di media sosial sekarang ini sudah tidak bisa lagi dianggap angin lalu, jika dimanfaatkan dengan benar informasi yang ada tersebut dapat dimanfaatkan untuk banyak hal.

Menurut Banu Antoro, Chief Operating Officer Netray, bukan hanya perusahaan dan institusi berorientasi bisnis saja yang dapat memanfaatkan, Pelajar, mahasiswa, hingga para peneliti pun bisa memanfaatkan layanan yang ditawarkan Netray.

“Kami berharap bisa memberi dan menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat mengenai media monitoring service yang dapat diakses oleh kalangan luas dan user-friendly dan akan terus mengembangkan Netray hingga menjadi media monitoring tools yang paling unggul, terutama di Indonesia,” ujarnya.

Netray menurut Banu dapat memproses jutaan data dan mengonversikannya ke dalam grafis. Melalui statistik dari data yang dikumpulkan, pengguna bisa mendapat gambaran tentang seberapa ramai suatu topik dibicarakan di media sosial dan diberitakan di portal media online.

Dalam analisisnya, Netray menerapkan metode deep learning untuk menganalisis sentimen dan memprediksi gender. Analisis sentimen jadi kata kunci penting dalam keunggulan Netray.

Analisis sentimen adalah muatan emosi (label emosi) dalam sebuah kalimat di media sosial. Netray membagi tiga kategori sentimen: positif, netral, dan negatif sehingga dapat diketahui opini dan arah pembahasan topik pada suatu kalimat.

Netray juga mampu menunjukkan jaringan percakapan yang memperlihatkan akun-akun yang paling banyak ditandai warganet saat membahas suatu topik sebagai instrumen analisis.

Lewat jaringan percakapan ini pengguna Netray dapat mengetahui seberapa luas sebuah topik dibahas sekaligus melihat siapa akun yang paling berpengaruh dalam topik tersebut.

Netray memiliki kemampuan membaca topik secara cepat melalui “Top Words”. Selain itu, Netray juga dapat menunjukkan topic traffic melalui “Peak Time” sehingga dapat mengetahui intensitas perbincangan topik per waktu serta membaca isi topik melalui kicauan dan media populer.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...