Jumat, April 19, 2024

Qualcomm Kenalkan Pengisian Daya Tercepat untuk Android

Techbiz.id – Qualcomm Technologies mengumumkan Qualcomm Quick Charge 5, teknologi pengisian daya komersial tercepat untuk perangkat Android.

Quick Charge 5 memiliki kecepatan pengisian daya ponsel dari yang belum pernah ada dan peningkatan efisiensi dibanding versi sebelumnya, di saat yang sama memungkinkan fitur-fitur teknologi baterai, aksesoris, dan keamanan yang terbaru.

Teknologi ini menjadi pengisian daya cepat komersial pertama di dunia yang mendukung pengisian dengan daya lebih dari 100W pada smartphone yang memungkinkan pengguna mengisi daya perangkatnya dari 0 hingga 50% hanya dalam waktu lima menit.

Baca juga: Menkominfo Bahas Kerja Sama Pengembangan Teknologi 5G dengan Qualcomm

Quick Charge 5 juga menggunakan Qualcomm Battery Saver dan teknologi baru Qualcomm Smart Identification of Adapter Capabilities untuk mendukung efisiensi yang tidak tertandingi dan membantu meningkatkan siklus umur baterai pada perangkat pengguna.

“Solusi pengisian daya ini memungkinkan pengguna untuk menikmati perangkat mereka lebih lama, tanpa harus mengkhawatirkan waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang daya,” sebut Ev Roach, VP Product Management dari Qualcomm Technologies, Inc.

Menurut Roach pihaknya bekerja sama dengan para manufaktur untuk menciptakan perangkat unggulan di industri dan menjawab kebutuhan konsumen untuk pengalaman mobile yang lebih imersif dan mudah diakses.

Quick Charge 5 ini lebih efisien sebesar 70% dibanding Quick Charge 4 dan membawa 10 kali peningkatan penghantaran daya dari Quick Charge. Solusi ini mendukung baterai 2S dan penghantaran daya 20 Volt.

Saat Quick Charge 5 mengisi daya perangkat dengan sangat cepat, teknologi tersebut juga menjaga tingkat keamanan yang tinggi; Quick Charge 5 terdiri dari 12 voltase yang terpisah, proteksi arus listrik dan temperatur, termasuk perlindungan voltase input USB berlebih pada 25V dan kontrol daya eksternal melebihi 30V.

Teknologi ini juga bekerja dengan suhu 10 derajat Celsius lebih dingin dibanding dengan Quick Charge 4.

Quick Charge 5 memungkinkan teknologi Dual/Triple Charge, input voltase adaptif, INOV4, Qualcomm Battery Saver dan teknologi baru Qualcomm Smart Identification of Adapter Capabilities.

Semuanya itu bekerja bersama untuk memaksimalkan efisiensi perpindahan daya, meningkatkan keamanan dan membantu meningkatkan siklus umur baterai pada perangkat pengguna.

Untuk performa Quick Charge 5 yang optimal, Qualcomm Technologies memperkenalkan power management integrated circuit (PMIC) tingkat premium generasi selanjutnya, Qualcomm SMB1396 dan Qualcomm SMB1398.

Mendukung baterai 1SnP dan 2SnP, jalur input dengan kabel dan nirkabel, operasi adaptif berbasis sumber daya listrik (3 level buck dan DIV/2), dan skalabilitas (primer dan sekunder untuk menyediakan daya yang lebih tinggi), Qualcomm SMB1396 dan Qualcomm SMB1398 didesain untuk memberikan efisiensi maksimum di atas 98 persen.

Dan terakhir, rangkaian tersebut dapat mendukung input voltase lebih dari 20V untuk mengakomodasi tingkat daya paling tinggi dari daya nirkabel dan dengan kabel. Qualcomm SMB1396/SMB1398 kini sudah tersedia.

Teknologi Quick Charge adalah metode pengisian daya cepat yang terdepan di industri, tersedia di lebih dari 1.200 perangkat mobile, aksesoris, dan controller – mulai dari adapter mobil hingga docking stations – dan menggabungkan ekosistem pengisian daya ponsel dan laptop.

Quick Charge 5 dioptimalkan untuk mendapatkan manfaat dari teknologi USB-PD dan Type-C, yang menjawab kebutuhan Android di masa depan.

Kompatibilitas dengan protokol standar industri seperti USB Type-C juga membantu pengguna untuk mendapatkan manfaat dari Quick Charge 5 yang dapat ditingkatkan dan perluasan pada perangkat – perangkat tambahan.

Quick Charge 5 saat ini sedang diuji coba dengan konsumen dan diharapkan untuk hadir pada perangkat komersil pada Q3 2020. Quick Charge 5 mendukung Snapdragon 865, 865 Plus, dan Snapdragon mobile platforms premium dan tingkat atas lainnya di masa depan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...