Kamis, April 25, 2024

Tokocabang Bantu Tokopedia Hadapi Lonjakan Transaksi

Techbiz.id – Untuk memastikan pelaku usaha di Indonesia tetap bisa menjalankan bisnis walau di tengah pandemi, Tokopedia menyediakan sederet kemudahan, salah satunya dengan menghadirkan TokoCabang

Menurut Head of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment service) TokoCabang yang diluncurkan Tokopedia tahun 2019 ini memungkinkan penjual menitipkan stok di gudang pada wilayah dengan jumlah permintaan tinggi.

“Sejak diluncurkan, TokoCabang tersedia di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Awal tahun 2020 ada penambahan di Makassar dan segera hadir di Medan dan Palembang pada Juli ini,” kata Erwin.

Baca juga: Tokopedia Bisa Diakses Tanpa Kuota Internet Selama Ramadan

Penjual yang memanfaatkan TokoCabang disampaikan Erwin tidak perlu lagi mempertimbangkan isu operasional, mulai dari menerima pesanan, mengemas hingga mengantarnya ke kurir, terutama ketika menghadapi lonjakan permintaan.

“Jumlah pesanan di TokoCabang mengalami peningkatan hingga lebih dari 2,5 kali lipat pada kuartal kedua 2020 jika dibandingkan dengan kuartal pertama pada tahun yang sama.” ungkapnya.

Tokocabang tokopedia

Lebih lanjut Erwin menyampaikan, kehadiran TokoCabang telah menjawab tantangan logistik kepulauan dengan membantu para pelaku usaha di Indonesia memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai wilayah dengan lebih mudah, terutama di masa pandemi saat ini.

Salah satu kisah sukses Tokocabang diantaranya telah menangani pesanan pada bazar buku online Big Bad Wolf di Tokopedia pada 27 April-3 Mei dan 24-30 Juni lalu. Ratusan ribu buku yang terjual dikemas dan didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia dengan lebih cepat lewat layanan TokoCabang.

TokoCabang pun terus melakukan berbagai inovasi untuk leboh memudahkan para penjual. Misalnya, melalui kehadiran lebih banyak fitur hingga pembaruan dasbor menjadi lebih komprehensif, yang dapat mempermudah penjual dalam hal pengelolaan stok produk.

Penjual di Tokopedia saat ini bisa memanfaatkan layanan TokoCabang secara gratis selama 30 hari, lalu cukup membayar biaya jasa layanan Rp3.000 untuk setiap barang yang terjual.

TokoCabang juga menurut Erwin memungkinkan seluruh masyarakat dapat mengakses lebih banyak pilihan produk dengan kualitas dan harga transparan secara lebih cepat dan dengan ongkos kirim yang lebih murah, tidak terkecuali di tengah pandemi seperti ini.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...