Sunday, September 20, 2020
Home News Workday Ungkap Perilaku Digital Perusahaan saat Pandemi

Workday Ungkap Perilaku Digital Perusahaan saat Pandemi

Must Read

Ludes 25 Ribu Unit, Xiaomi Siapkan Lagi Redmi 9C

Techbiz.id - Xiaomi memastikan bahwa lebih dari 25.000 unit Redmi 9C ludes terjual pada penjualan perdana yang dilakukan...

Film Mulan Akan Tayang di Disney+ Hotstar Indonesia

Techbiz.id - Mulai 4 Desember 2020, pelanggan Disney+Hotstar di Indonesia dapat menikmati film live action Mulan tanpa biaya tambahan....

TikTok Rayakan 3 Tahun Kehadiran di Indonesia

Techbiz.id - Merayakan 3 tahun kehadirannya di Indonesia, TikTok menggelar kampanye #SamaSamaDariTikTok sebagai bentuk penghargaan terhadap kreator,...

Techbiz.id – Berdasarkan hasil study yang dilakukan oleh Workday ditemukan bahwa 50% perusahaan Indonesia menjadikan transformasi digital prioritas utama selama masa pandemi.

Hasil studi independennya yang mengeksplorasi dampak pandemi COVID-19 terhadap proses transformasi digital perusahaan di Indonesia. juga mengungkap bahwa 31% perusahaan justru memperlambat transformasi digital mereka.

- Advertisement -

Studi yang berjudul Workday Digital Agility Index ini dilakukan bersama perusahaan market intelligence IDC, dan surveinya mencakup hampir 900 pemimpin bisnis di bidang sumber daya manusia, keuangan, dan teknologi informasi dari sembilan negara di Asia Pasifik.

Sebagai akibat dari kurangnya ketangkasan digital, empat dari lima (80%) perusahaan mengalami kesulitan dalam mengubah rencana keuangan tahun ini.

Selain itu, 69% perusahaan juga menghadapi kesulitan dalam mengubah struktur organisasinya. Jumlah yang sama juga mengakui bahwa mereka tidak memiliki catatan atas keahlian karyawan.

Hal ini mengakibatkan perusahaan-perusahaan tersebut tidak dapat menyusun gugus tugas khusus untuk menangani perubahan drastis yang dibawa oleh pandemi COVID-19.

Masalah juga muncul pada pengelolaan bisnis sehari-hari dengan 41% perusahaan kesulitan mengelola cara-cara baru dalam merunut rantai perizinan (approval) dan kegiatan operasional lainnya.

Ketika ditanya bagian mana yang paling terpengaruh oleh pandemi, perusahaan Indonesia menjawab penjualan (54%), pelayanan konsumen (50%), dan keuangan (46%).

Kurangnya kemampuan dalam memanfaatkan sarana digital merupakan salah satu tantangan terbesar perusahaan dalam mewujudkan transformasi digital selama pandemi.

Sekitar 61% perusahaan di Indonesia tidak memiliki budaya kerja yang memberi penekanan pada ketangkasan dalam beradaptasi.

Sementara itu, 63% perusahaan menilai kurang dari setengah karyawan mereka memiliki kemampuan yang mumpuni dalam memanfaatkan sarana digital.

Kemudian, hingga 6% perusahaan bahkan menilai karyawannya tidak ada yang memiliki kemampuan digital sama sekali.

Baca juga: XL Axiata Gandeng Google untuk Transformasi Digitalnya

Kurangnya keahlian karyawan dalam memanfaatkan sarana digital dapat disebabkan pola pikir lama perusahaan Indonesia yang cenderung tidak melihat keahlian karyawan sebagai keunggulan dalam berkompetisi, sehingga tidak banyak perusahaan yang secara strategis berinvestasi dalam mencari dan mengembangkan keahlian karyawan.

78% perusahaan Indonesia tidak menganggap keahlian karyawan sebagai aset strategis dan tidak memiliki sarana serta proses yang mumpuni untuk mengelola potensi karyawan.

Pola pikir ini juga memengaruhi pengalaman karyawan dalam bekerja (employee experience). Hanya 31% perusahaan menganggap pengalaman karyawan sebagai salah satu pertimbangan penting dalam mengambil keputusan.

93% dari perusahaan yang disurvei menjadikan transformasi digital salah satu prioritas usaha, dan 85% di antaranya menggunakan teknologi digital untuk terus dapat menjalankan rencana bisnis selama pandemi COVID-19.

Di 12-18 bulan ke depan, fokus utama transformasi digital perusahaan akan berada di sektor pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti pelayanan pelanggan lini terdepan (67%), sistem back-end keuangan (65%), dan sistem front-end pemasukan (56%). 

Sementara itu, bagian yang dinilai belum perlu transformasi digital adalah sistem back-end  administrasi (44%) dan sistem back-end sumber daya manusia (37%).

transformasi digital perusahaan
Presiden Workday Asia, Rob Wells

Menurut Presiden Workday Asia, Rob Wells, pandemi global yang telah berjalan beberapa bulan ini semakin membuktikan pentingnya ketangkasan digital perusahaan.

Tanpa dukungan teknologi yang tepat, perusahaan tidak bisa beradaptasi dengan perubahan yang datang kian cepat.

“Tahun ini, banyak perusahaan yang harus memperbarui sistem bisnis mereka secara signifikan dalam waktu yang singkat, dan studi kami membuktikan bahwa proses bisnis yang masih luring adalah salah satu rintangan terbesar,” kata Wells.

Hasil studi ini diharapkan Wells dapat membantu pemimpin perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam menyusun rencana transformasi digital dan berinvestasi untuk menjamin kesehatan bisnis serta tenaga kerja dalam jangka panjang.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Cara Menghindari Komen Haters di Twitter

Techbiz.id - Pengguna Twitter bisa mengatur percakapan atau pun menghindari komen yang tidak diinginkan di cuitannya dari...

Peta Persaingan E-commerce Indonesia, Siapa Juaranya?

Tecbiz.id - Dari tahun ke tahun, terjadi perkembangan yang cukup signifikan pada industri e-commerce di Indonesia. Hal ini sejalan dengan perubahan perilaku...

Mi TV Stick Mengubah TV Biasa jadi Pintar

Techbiz.id - Xiaomi menghadirkan Mi TV Stick yang bisa dengan mengubah layar biasa menjadi TV pintar Dengan menggunakan...

Update Harga Redmi Note 9, Ada Harga Khusus

Techbiz.id - Xiaomi mengumumkan harga baru untuk smartphone Jawara Kamera 48MP yakni Redmi Note 9. Hal ini diharapkan bisa membuat seri Jawara makin...

Tren Memadukan Gawai dengan Warna Pakaian

Techbiz.id - Anak muda saat ini menyenangi mix and match pakaian guna menyesuaikan warna sepatu, tas, bahkan perangkat genggam (gawai) miliknya.
- Advertisement -

Artikel Terkait