Monday, September 21, 2020
Home E-Commerce Exabytes: Jumlah E-Commerce Naik 38,3%

Exabytes: Jumlah E-Commerce Naik 38,3%

Must Read

Lenovo ThinkBook Plus, Laptop Bisnis Premium

Techbiz.id - Lenovo meluncurkan ThinkBook Plus, sebuah laptop bisnis premium dari lini ThinkBook terbaru yang dirancang untuk...

Red Hat Sediakan Platform Cloud Native untuk Transformasi Digital

Techbiz.id - Red Hat mengumumkan ketersediaan Red Hat OpenShift 4.5, versi terbaru dari platform Kubernetes untuk mendobrak...

Benyamin Biang Kerok 2 Perdana di Disney+ Hotstar

Techbiz.id - Film Benyamin Biang Kerok 2 tayang perdana dan tersedia di Disney + Hotstar.

Techbiz.id – Perusahaan penyedia layanan hosting Exabytes Indonesia juga melaporkan jumlah pelanggan di segmen E-Commerce terjadi peningkatan sebesar 38.3% di 7 bulan pertama tahun 2020 (Januari-Juli) dibandingkan dengan tahun 2019.

Peningktan ini menurut Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku bisnis yang mulai bergerak untuk go digital dengan membangun platform online sendiri untuk bisnis mereka.

- Advertisement -

“Ada kenaikan pelanggan yang mendaftarkan websitenya untuk keperluan berwirausaha. Hal ini dilihat dari kenaikan jumlah pelanggan yang berbentuk PT atau CV dengan rata-rata sebesar 38.3% dibandingkan tahun lalu,” kata Indra.

Baca juga: Transaksi E-Commerce Meningkat 22% di Akhir 2019

Kenaikan tersebut terutama di bulan Februari naik 120% dibandingkan Februari 2019 lalu. Hal ini menurutnya membuktikan bahwa banyak orang atau perbisnis yang aware untuk membangun bisnis online dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan jumlah e-commerce ini dikatakan Indra sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Bank Indonesia (BI). Menurut Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta mengatakan bahwa transaksi e-commerce naik sebesar 26 persen selama pandemi.

Tidak hanya itu, peningkatan transaksi harian juga meningkat hingga 4,8 juta dan persentase konsumen baru hingga 51 persen selama masa pandemi.

Pertumbuhan E-Commerce naik pesat disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen yang memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbelanja online terutama di masa PSBB.

Selain itu, peningkatan ini juga didorong oleh pelaku UMKM yang berlomba-lomba untuk beralih online dengan bergabung di marketplace atau membangun toko online nya sendiri.

Perubahan ini dibuktikan dengan data survey yang dikutip dari Sea Insights menemukan bahwa 45% pelaku usaha bisnis lebih aktif berjualan di E-commerce pada saat pandemi.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Erajaya Mulai Tawarkan Iphone SE 2020

Techbiz.id - Distributor smartphone Erajaya mulai menawarkan produk Apple, New iPhone SE yang akan ditawarkan dengan harga...

Trump Setujui Pembelian Saham TikTok oleh Oracle

Techbiz.id - Presiden AS Donald Trump akhirnya menyetujui kesepakatan antara Oracle dan Walmart untuk membeli saham TikTok yang menjadi aplikasi video populer...

Telkom Digitalisasi PDAM Seluruh Indonesia

Techbiz.id - Telkom bekerjasama dengan PDAM Kabupaten Bandung mengimplementasikan digitalisasi melalui sistem billing terintegrasi, basis data yang terpusat, dan dashboard pengelolaan air. Uji...

Cara Menghindari Komen Haters di Twitter

Techbiz.id - Pengguna Twitter bisa mengatur percakapan atau pun menghindari komen yang tidak diinginkan di cuitannya dari para haters lho.

Peta Persaingan E-commerce Indonesia, Siapa Juaranya?

Tecbiz.id - Dari tahun ke tahun, terjadi perkembangan yang cukup signifikan pada industri e-commerce di Indonesia. Hal ini sejalan dengan perubahan perilaku...
- Advertisement -

Artikel Terkait