Rabu, April 24, 2024

Kominfo Minta Klarifikasi Kebocoran Data Pengguna KreditPlus

Techbiz.id – Menyusul terjadinya dugaan kebocoran data pelanggan KreditPlus, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah meminta klarifikasi  dan laporan dari pengelola platform digital KreditPlus.

Selain meminta klarifikasi Kominfo juga meminta agar KreditPlus mengambil langkah yang diperlukan untuk menjamin keamanan data pengguna atas dugaan data breach yang mengakibatkan kebocoran data tersebut.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan telah mengirimkan surat ke KreditPlus.

Baca juga: Kominfo Keluarkan 3 Instruksi untuk Tokopedia

“Kami sudah bersurat ke Kreditplus untuk mengklarifikasi hal itu sekaligus  melaporkan ke Kominfo terkait isu kebocoran ini,” katanya di Jakarta, Selasa (04/08/2020).

Menurut Dirjen Aptika, sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), KreditPlus memiliki kewajiban memenuhi Standar Pelindungan Data Pribadi yang dimuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik. 

Kementerian Kominfo, menurut Dirjen Semuel juga mengimbau masyarakat tetap menjaga keamanan akun masing-masing.

“Masyarakat sebaiknya rutin mengganti password dan tidak mudah percaya dengan pihak lain yang meminta password maupun kode OTP,” tandasnya. 

Seperti diketahui, data nasabah fintech Kreditplus diduga bocor dan dijual bebas di internet.

Berdasarkan laporan terbaru dari firma keamanan siber asal Amerika Serikat, Cyble, ada sekitar 890.000 data nasabah Kreditplus yang diduga bocor.

Ratusan data tersebut kabarnya diperdagangkan di sebuah forum jual-beli database. Forum tersebut sebelumnya juga mempromosikan database pengguna Tokopedia, yang bocor beberapa bulan lalu.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...