Jumat, Juli 12, 2024

XL Axiata Terapkan Single Sign On untuk Akses Aplikasinya

Techbiz.id – Untuk mempermudah pelanggan untuk melakukan akses terhadap produknya, XL Axiata menerapkan single sign on di aplikasinya.

Penerapan single sign on XL Axiata menggunakan teknologi Customer Identity and Access Management (CIAM) yang memudahkan pelanggan mengakses myXL.

Pelanggan bisa menggunakan ID media sosial yang dimiliki untuk masuk ke aplikasi myXL. Peningkatan kemudahan ini tentu juga mempertimbangkan sisi keamanan dan perlindungan atas data pelanggan.

Baca juga: Naik Peringkat, XL Axiata Masuk 10 Besar ACGS 2019

Director & Chief Information – Digital Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, Single sign on menjadi bagian dari berbagai kemudahan yang akan dihadirkan dalam waktu dekat, selaras dengan visi sebagai perusahaan digital.

“Seiring dengan upaya kami untuk mempercepat inisitif transformasi digital, kami juga berharap bisa meningkatkan kemudahan akses ke berbagai layanan XL Axiata tanpa mengabaikan keamanan data pelanggan,” ucapnya.

Untuk membangun kemudahan ini, XL Axiata menggandeng ForgeRock, perusahaan asal Amerika Serikat yang menyediakan jasa untuk Customer Identity and Access Management (CIAM). Teknologi CIAM inilah yang memungkinkan single sign on bisa dibangun.

Selain itu, dengan teknologi berbasis cloud ini, XL Axiata bisa menyatukan semua sistem yang diterapkan untuk pelanggan akses ke berbagai layanan XL Axiata. Perlindungan terhadap akses ke data-data pelanggan dengan metode multi factor authentication.

Yessie menambahkan, dunia digital sudah demikian majunya. XL Axiata harus bisa beradaptasi dengan kemajuan yang ada untuk mampu menjawab tuntutan pelanggan atas layanan yang memiliki performa maksimal.

“Single sign on” semakin jamak diterapkan di berbagai jenis layanan digital, yang terbukti mampu mempermudah setiap orang untuk mengakses berbagai platform layanan data dan aplikasi dengan identitas yang sama.

Identitas untuk akun media sosial adalah yang paling banyak dipakai untuk single sign on.

Menurut Yessie, di era serba digital yang juga sarat dengan kompetisi antarpenyedia layanan yang sama, suatu solusi yang bisa menghadirkan kemudahan bagi pelanggan akan bisa membawa dampak besar.

Apalagi, masyarakat Indonesia juga semakin terbiasa dengan berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh dunia digital. Karena itu, sebisa mungkin XL Axiata akan terus menyesuaikan diri dengan tingkat adaptasi masyarakat pada teknologi digital terkini.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...