Sunday, October 25, 2020
Home News Trump Setujui Pembelian Saham TikTok oleh Oracle

Trump Setujui Pembelian Saham TikTok oleh Oracle

Must Read

PermataBank Syariah Hadirkan Model Branch

Techbiz.id - PermataBank Syariah menghadirkan Model Branch pertama di Indonesia yang bertempat di Gedung Universitas Al-Azhar, Jakarta...

LinkAja Sediakan Pembayaran Digital di Banyuwangitourism

Techbiz.id - Mendukung sektor pariwisata Banyuwangi, LinkAja menghadirkan solusi pembayaran elektronik pada aplikasi Banyuwangitourism. Banyuwangi...

Omnibus Law Jadi Katalis Positif Industri Telekomunikasi

Techbiz.id - Diaturnya pasif dan aktif dengan skema kerjasama dalam Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law) dinilai akan...

Techbiz.id – Presiden AS Donald Trump akhirnya menyetujui kesepakatan antara Oracle dan Walmart untuk membeli saham TikTok yang menjadi aplikasi video populer di AS.

Oracle akan mengambil 12,5% saham di perusahaan baru, TikTok Global, sementara Walmart akan memiliki 7,5%. Perusahaan ini akan berkantor pusat di AS dan memberikan layanan kepada pengguna Amerika dan sebagian besar pengguna di “seluruh dunia”.

- Advertisement -

Dlam kesepakatan tersebut nantinya, empat dari lima anggota dewan perusahaan adalah orang Amerika. Oracle akan menyediakan layanan cloud yang memenuhi masalah keamanan nasional tentang aplikasi milik China.

Baca juga: TikTok Rayakan 3 Tahun Kehadiran di Indonesia

“Kedua perusahaan akan mengambil bagian dalam putaran pendanaan pra-IPO TikTok Global di mana mereka dapat mengambil hingga 20% saham kumulatif di perusahaan,” kata TikTok dalam sebuah pernyataan seperti dlansir Techbiz dari Cnet (20/9/2020).

TikTok juga akan mempertahankan dan memperluas kantor pusat TikTok Global di AS, sekaligus menghadirkan 25.000 pekerjaan di seluruh negeri.”

Oracle dan Walmart mengonfirmasi kesepakatan itu dalam pernyataan terpisah. Pernyataan Walmart mengatakan penawaran umum perdana TikTok Global akan berlangsung “dalam waktu kurang dari 12 bulan” dan bahwa perusahaan tersebut akan terdaftar di bursa AS. Para mitra juga berjanji untuk mengembangkan prakarsa pendidikan online.

Kesepakatan tersebut, yang masih membutuhkan persetujuan dari pemerintah China, datang hanya beberapa jam sebelum larangan download baru TIkTok diberlakukan. Sekretaris Perdagangan AS, Wilbur Ross mengatakan pada hari Sabtu bahwa larangan tersebut akan dibatalkan hingga 27 September pukul 11:59 malam.

Perjanjian tersebut mengikuti periode penuh gejolak untuk TikTok, yang disebut Trump sebagai ancaman keamanan nasional karena dimiliki oleh ByteDance, sebuah perusahaan teknologi China.

Pemerintah AS menuduh bahwa pemerintah China dapat menggunakan data yang dikumpulkan oleh aplikasi TikTok untuk “melacak lokasi karyawan dan kontraktor Federal, membuat berkas informasi pribadi untuk pemerasan, dan melakukan spionase perusahaan.”

TikTok telah berulang kali membantah pernyataan tersebut dan menyatakan bahwa tidak akan menyerahkan data penggunanya kepada pemerintah China bahkan jika diminta.

Diberitakan Bloomberg, persetujuan dari Donald Trump disampaikan dalam perjalanan kampanyenya di North Carolina. Trump mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah memberikan persetujuan kesepakatan TikTok-Oracle.

Bloomberg juga melaporkan bahwa Oracle akan memiliki “akses penuh” ke kode sumber TikTok dan memperbaruinya dapat ditinjau untuk memastikan tidak ada celah “backdoor”.

Pejabat China disebutkan Bloomber telah mengindikasikan bahwa pemerintah bersedia untuk menyetujui perjanjian selama ByteDance tidak harus menyerahkan algoritma kecerdasan buatan di balik aplikasi tersebut.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi

Techbiz.id - Masyarakat saat ini harus bijak menggunakan kuota internet agar hemat. Hal ini mengingat konsumsi akses...

LinkAja Digitalisasi Produk Halal UMKM

Techbiz.id - Layanan Syariah LinkAja kembali menunjukkan komitmennya memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menjadi penyelenggara Pelatihan Digitalisasi Pemasaran dan...

Kamera Sony ZV-1 Ada Varian Warna Putih

Techbiz.id - Sony Indonesia menambah varian Kamera Digital ZV-1 yang kini hadir dalam warna putih, dan dilengkapi dengan wind screen yang serasi....

Telkomsel Memperkuat Potensi Santri

Techbiz.id - Telkomsel melanjutkan kolaborasi bersama Santri Milenial Center (SiMaC) untuk memperkuat potensi santri dalam membangun ekonomi kerakyatan berbasis keumatan.

Investree Distribusikan Rp30 Miliar untuk Pembudidaya Ikan

Techbiz.id - Investree menandatangani perjanjian kerja sama dengan eFishery untuk mendistribusikan pembiayaan kepada para pembudidaya ikan di Indonesia. Kerja...
- Advertisement -

Artikel Terkait