Saturday, July 24, 2021
Home News 5 Startup Lulus Program Grab Ventures Velocity Angkatan 3

5 Startup Lulus Program Grab Ventures Velocity Angkatan 3

Must Read

Cari Talenta Baru, Resso Ajak Musisi Independen Pahami Proses Talent Scouting

Techbiz.id - Ada banyak cara untuk sukses dan menjadi bintang di dunia musik. Kompetisi menyanyi atau band, audisi terbuka,...

Twitter Hadirkan Caption Otomatis di Voice Tweet

Techbiz.id - Twitter kini menghadirkan fitur caption atau teks otomatis untuk voice tweet atau cuitan berupa audio. "Kami meluncurkan teks...

Metrodata Siap Dukung Kebutuhan Super App Perbankan

Techbiz.id - PT Mitra Integrasi Informatika (MII) — salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics siap menjadi mitra bagi industri perbankan...

Realme C21Y dan C25s Resmi Hadir, Harganya Mulai Sejutaan

Techbiz.id - Memperkuat segmen entry-level, realme menghadirkan dua perangkat barunya di Indonesia, yakni realme C21Y dan C25s. Keduanya diluncurkan...

Mengintip Spesifikasi Redmi Note 10 5G yang Tiba Pekan Ini

Techbiz.id - Xiaomi memastikan Redmi Note 10 5G akan meluncur pada 22 Juli mendatang. Lantas bagaimana spesifikasi Redmi Note...

Techbiz.id – Grab Indonesia mengumumkan kelulusan lima finalis Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan 3 yang meluluskan 5 startup.

GVV menilai kelima startup yang terdiri dari LunaPOS, Printerous, KliknClean, GetCraft, dan Workmate telah mampu memperkuat strategi bisnisnya serta menunjukkan ketahanan bisnis di tengah pandemi.

Kelima startup telah mendapat kesempatan untuk meningkatkan kapabilitasnya melalui workshops, bimbingan 1:1, dan menumbuhkan bisnisnya berkat akses kepada basis merchant Grab.

Baca juga: Grab Punya Teknologi Cegah Pengemudi Berkerumun

Dengan fokus untuk menyediakan solusi digital bagi UMKM di sektor kuliner, GVV juga mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan membantu UMKM untuk berkembang.

Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto yang hadir pada acara kelulusan tersebut berharap 5 startup lulusan GVV Angkatan 3 dapat terus memberikan dampak positif bagi UMKM untuk terus bertahan di tengah pandemi COVID-19 ini serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital.

“Untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, kami yakin bahwa digitalisasi dapat membantu UMKM untuk tumbuh dalam era new normal. UMKM memahami pentingnya digitalisasi dan kami membutuhkan lebih banyak mitra bagi UMKM untuk menyadari potensi teknologi dalam mengembangkan bisnisnya,” ungkap Menteri Erlangga.

Menurut Country Managing Director, Grab Indonesia, Neneng Goenadi, program ini dirancang untuk membangun ekosistem startup yang lebih kuat di Asia Tenggara khususnya Indonesia.

“Grab memahami kebutuhan utama dari para startup ini dan melalui pendampingan, kami membantu memperkuat bisnis mereka serta memaksimalkan potensi solusi digital mereka untuk lebih memberikan dampak positif bagi UMKM,” ungkap Neneng.

“Lulusan GVV Angkatan 3 dan bersama dengan inovasinya diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk mendukung UMKM bertahan dari situasi ini dan mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Dengan 99% dari bisnis di Indonesia merupakan UMKM serta agenda pemerintah untuk mengakselerasi transformasi digital UMKM, hal ini menjadi peluang bagi startup untuk bisa berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Memahami kebutuhan tersebut, kelima startup dibimbing melalui beberapa rangkaian program yang berfokus untuk memperkuat model bisnis dan layanan mereka untuk UMKM.Workshop peningkatan kapabilitas dilakukan bersama pemimpin Grab dan para ahli di komunitas startup.

Workshop ini mencakup berbagai topik termasuk pendanaan, perencanaan dan pengelolaan keuangan, serta manajemen perubahan dan sumber daya manusia. Startup juga mendapat sesi bimbingan tentang strategi pengembangan bisnis dari eksekutif Grab.

Anthony Tan, Group CEO & Co-Founder Grab hadir dalam sesi fireside chat bersama para pendiri GVV dan berbagi pengalaman dalam menembangkan Grab di Asia Tenggara. Lebih lanjut, Grab Ventures juga telah menandatangani MOU kemitraan strategis dengan BRI Ventures untuk menciptakan inisiatif baru dalam rangka mendukung komunitas startup. 

Lulusan GVV Angkatan 3 juga telah melakukan uji coba layanan mereka selama delapan minggu untuk mempercepat pertumbuhan pasar mereka dengan cara menawarkan layanan dan solusi mereka ke beberapa merchant GrabFood. Program uji coba layanan ini juga sejalan dengan program #TerusUsaha yang bertujuan untuk mendukung digitalisasi usaha tradisional dan UMKM. 

Setelah lulus dari program GVV, LunaPOS, Printerous, dan KliknClean akan terus memberdayakan UMKM dengan bergabung dalam ekosistem Grab sebagai mitra bisnis resmi.

Baca juga: Warung Pintar Gandeng GrabMart Perluas Pasar

Sebelumnya, salah satu startup finalis telah mengalami peningkatan pendapatan hampir 40% saat melakukan uji coba di platform Grab. Mereka akan berkontribusi dalam digitalisasi UMKM di “Solusi Mitra GrabMerchant”, marketplace terbaru GrabMerchant bagi mitra resmi Grab yang menyediakan berbagai layanan tambahan untuk merchant GrabFood mulai dari sistem POS, jasa kebersihan, dan solusi percetakan digital dan terjangkau.

Grab juga terus mengembangkanmarketplaceini, dengan menggandeng lebih banyak mitra bisnis yang dapat memberikan kemudahan bagi operasional dan bisnis UMKM. MitramerchantGrab dapat mengakses marketplace “Solusi Mitra GrabMerchant”melalui widget di aplikasi GrabMerchant dan juga Merchant Blog. 

“Dengan dukungan dari para startup ini dan ekosistem yang kuat, kami sangat bersyukur dapat terus mendukung program #TerusUsaha dengan mendukung berbagai kebutuhan merchant GrabFood melalui marketplace Solusi Mitra GrabMerchant. Mereka memiliki potensi yang tidak terbatas untuk melakukancross-sellinglayanannya kepada merchant di ekosistem Grab dan mengakselerasi ekonomi digital melalui digitalisasi UMKM,” tutup Neneng. 

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Pengguna Vivo Sudah Bisa Nikmati 5G, Begini Caranya

Techbiz.id - Pengguna smartphone Vivo yang telah mendukung jaringan 5G, yaitu vivo V21 5G, vivo X60, dan vivo X60...