Sabtu, April 20, 2024

Analis: Investasi Telkom Ke Perusahaan Digital Sudah Tepat

Techbiz.id – Langkah Telkom yang akan mengembangkan bisnis digitalnya dengan melakukan investasi ke perusahaan digital dinilai akan membuat value BUMN Teekomunikasi tersebut makin kinclong.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu dalam pertemuan dengan para analis, Telkom memastikan akan melakukan investasi di perusahaan digital yang memiliki big data besar. Termasuk rencana Telkom yang akan berinvestasi di salah satu perusahaan digital platform yang telah menjadi decacorn, GoJek.

Chief Marketing Officer Jarvis Asset Management, Kartika Sutandi, menilai positif jika benar Telkom Group akan investasi di perusahaan digital seperti GoJek. Ini disebabkan ke depannya, bisnis telekomunikasi tidak sekadar connectivity, tetapi sudah merambah ke bisnis digital.

Baca juga: Telkom Ungkap Rencana Investasinya di Bisnis Digital

Menurutnya soal bisnis connectivity, Telkom beserta Telkomsel sudah sangat mamahami bisnisnya. Ini dibuktikan dengan kehadiran Telkom dan Telkomsel di seluruh pelosok Indonesia. Dari daerah yang menguntungkan hingga daerah tertinggal, terluar, dan terpencil.

“Soal bisnis connectivity kita tak perlu ngajarin Telkom Group. Mereka sudah yang terbaik. Namun sekarang setelah bisnis connectivity, apa lagi yang harus didapatkan oleh perseroan. Saat ini bisnis connectivity pertumbuhannya hanya single digit. Padahal CAPEX industri telekomunikasi tidak pernah kenal kata berhenti. Dengan pertumbuhan industri single digit dan CAPEX yang besar membuat value perusahaan telekomunikasi sangat rendah,” terang Kartika.

Jika tak mulai memasuki bisnis digital, menurut Kartika, Telkom akan tidak menarik lagi. Dengan mereka berinvestasi di perusahaan digital, menurut Kartika, membuat value Telkom menjadi kembali menarik. Investor melihat Telkom tak sekadar sebagai perusahaan penyedia infrastruktur telekomunikasi semata, tetapi sudah menjadi one stop digital telecommunication provider.

Karakter perusahaan infrastruktur dijelaskan Kartika valuasinya rendah. Enterprise Value (EV) EBITDA Telkom hanya 5.5 kali. Ini karena old economic, sudah tidak ada pertumbuhan lagi. Namun berbeda dengan perusahaan digital atau yang mengembangkan new economic.

Valuenya besar. EV EBITDA Amazon di tahun 2021 bisa lebih dari 29 kali. TESLA bisa mencapai 57 kali. Sementara Alibaba bisa mencapai 24 kali. Jadi kalau Telkom mau tumbuh lagi, maka sudah jadi keniscayaan jika mereka harus berinvestasi di perusahaan digital, terang Kartika.

Sebenarnya Telkom bukan satu-satunya perusahaan telekomunikasi yang berinvestasi di perusahaan digital. Beberapa waktu lalu, menurut Kartika, perusahaan telekomunikasi Reliance Jio juga berinvestasi di perusahaan digital. Dengan mengusung Jio Platforms, perusahaan telekomunikasi asal Negeri Hindustan ini mengembangkan bisnis digitalnya.

Jadi menurutnya wajar jika saat ini Telkom juga berinvestasi di perusahaan digital. Karena perusahaan digital memiliki value yang tinggi. Telkom berinvestasi di perusahaan digital bukan karena mereka tak mau membuat perusahaan digital. Namun perusahaan digital yang dibuatnya selama ini tidak sukses.

“Menurut saya lebih baik Telkom investasi di perusahaan yang sudah kelihatan prospek bisnisnya daripada mereka investasi dengan membuat perusahaan baru yang prospeknya belum jelas,” ujar Kartika.

Mengenai harga atau nilai investasi yang terlalu tinggi pada perusahaan decacorn atau yang sudah terlihat prospek bisnisnya, menurut Kartika semua itu relatif. Jika membuat perusahaan digital baru, mungkin investasi yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Namun risiko kegagalan dalam membuat perusahaan digital baru sangat tinggi.

“Coba liat aja perusahaan telekomunikasi Indonesia yang sudah membuat perusahaan digital. Mana yang tumbuh? Bahkan ada perusahaan digital besutan perusahaan telco yang ditutup. Kalau ditutup value-nya nol. Daripada tidak ada hasilnya, mending operator telekomunikasi yang ada di Indonesia investasi saja di perusahaan digital yang sudah kelihatan bisnisnya,” tegasnya.

Lebh lanjut dijelaskan, di seluruh dunia secara statistik perusahaan digital yang dapat bertahan hanya yang berada di peringat peringkat 1 dan 2. Selebihnya mati. Jadi buat apa investasi baru dengan membuat perusahaan? Lebih baik investasi di perusahaan digital yang sudah pasti survive saja.

Investor atau pemegang saham di perusahaan digital terdiri dari beberapa kelompok. Kelompok pertama biasanya memegang seri A. Diakui Kartika, investor yang masuk di seri awal mengeluarkan investasi yang lebih sedikit dibandingkan yang seri terakhir. Namun risiko investasi di stage awal dinilai pengamat ekonomi ini juga besar. Ada investor yang mau menanggung risiko tinggi dan ada yang tidak.

Contohnya adalah ketika salah satu perusahaan group konglomerasi terbesar di Indonesia berinvestasi di GoJek. Menurut Kartika ketika GoJek masih memiliki value USD200 juta, mereka enggan untuk masuk. Namun ketika Google sudah masuk ke GoJek dan valuenya sudah USD3 miliar, perusahaan milik group konglomerasi tersebut baru masuk, sehingga menurut Kartika mahal atau murah ketika berinvestasi di perusahaan digital menjadi sangat subjektif. Sekarang GoJek valuenya sudah lebih dari USD10 miliar.

Baca juga: Investasi di Perusahaan Rintisan yang Mature Masih Layak

Jadi selama masih terus mengembangkan bisnisnya, value GoJek masih akan terus meningkat. Jika Telkom tak segera memutuskan investasi di GoJek, maka ketika GoJek IPO, mereka akan kehilangan peluang, papar Kartika.

Hingga saat ini GoJek masih fokus menggarap bisnis transportasi dan makanan. Menurut Kartika, GoJek sampai saat ini belum menggarap pasar finansialnya. Kartika meyakini cepat atau lambat GoJek akan masuk ke pasar finansial. Nantinya bisnis GoJek akan mirip dengan Alibaba yang memiliki Ali Pay atau yang sekarang menjadi Ant Financial.

GoPay dinilai Kartika nantinya akan sama dengan Ant Financial yang baru IPO USD35 miliar. Meski size-nya tidak sebesar Ant Financial, namun bisnis GoPay nantinya akan menyerupai Ant Financial.

“Jika GoPay mengikuti jejak Ant Financial dengan menjual produk finansial, maka value GoJek masih bisa tumbuh lagi. Sehingga investor yang memegang saham di seri akhir masih dapat memiliki potensi keuntungan ketika GoJek IPO. Sehingga ketika Telkom investasi di GoJek maka akan ada sinergi. Ini sangat bagus ketika Telkom Group memiliki akses terhadap big data yang dimiliki GoJek,” pungkas Kartika.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...