Saturday, October 31, 2020
Home Market Update Daya Beli Menurun, Permintaan Smartphone Low-End Meningkat

Daya Beli Menurun, Permintaan Smartphone Low-End Meningkat

Must Read

Dell Tawarkan Dua Laptop Seri XPS Generasi Terbaru

Techbiz.id - Dell Technologies menghadirkan portofolio laptop Dell XPS terbaru, XPS 15 dan XPS 17 yang menawarkan...

Huawei dan BSSN Tingatkan Kompetensi Personel BSSN

Techbiz.id - Huawei Indonesia bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar workshop keamanan siber untuk meningkatkan capacity...

realme Konfirmasi Kehadiran narzo 20 series

Techbiz.id - realme mengkonfirmasi kehadiran narzo 20 series di Indonesia yang akan diluncurkan pada awal November sekaligus...

Techbiz.id – Lembaga riset IDC mencatat bahwa pasar smartphone Indonesia sepanang 2020 masih terdampak oleh pandemi covid-19 yang menyebabkan menururnnya daya beli masyarakat.

Disebutkan IDC, dampak ekonomi dan karantina selama pandemi Covid-19 mengakibatkan pengiriman smartphone perkuartal di Indonesia mencatatkan rekor terendah sejak 2016.

- Advertisement -

Menurut laporan IDC, pasar smartphone Indonesia mulai pulih sejak bulan Juni ketika karantina ketat diberhentikan, dengan total 7.1 juta smartphone dikirimkan di 2Q20, atau turun 26 persen secara year-on-year (YoY) dan 3 persen quarter-on-quarter (QoQ).

Baca juga: Pasar Smartphone di Asia jadi Korban Pandemi Covid-19

Namun demikian, angka kasus baru Covid-19 yang terus meningkat menciptakan ketidakpastian di pasar, dan diperkirakan pemulihan terhadap pasar smartphone akan lebih lambat sebagaimana pemerintah yang kembali menerapkan kebijakan karantina di daerah dengan tingkat penularan virus yang tinggi.

Smartphone low-end

Pemberlakuan pembatasan sosial yang mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah telah mendorong pangsa pasar smartphone kelas low-end (USD100 < USD200) mencapai lebih dari 75 persen.

Angka tersebut meningkat dari pangsa 48 persen pada tahun lalu. Berbagai model smartphone baru pun diluncurkan oleh semua merek ternama yang ada di segmen ini.

Di segmen low-end ini Vivo memegang pangsa pasar terbesar dengan mengandalkan distribusi ke unorganized retail channel untuk penjualan pada 2Q20 karena toko-toko ini masih beroperasi selama karantina.

Sementara itu, Oppo mempertahankan eksistensinya yang kuat di kategori mid-range (USD$200<US$400) karena model terbarunya, A52, A92, dan A91 yang populer di pasar.

Samsung mengubah strateginya dengan menjadikan M-series ekslusif untuk pasar online pada 2Q20. Namun, jajaran produk lain tampak kesulitan untuk bersaing dengan merek berbasis China di segmen midrange, hingga low-end.

Sedangkan Xiaomi diuntungkan dari permintaan besar terhadap smartphone dengan harga terjangkau, karena produk Redmi 8A Pro-nya yang populer di pasar, sehingga menempatkan Xiaomi sebagai pemimpin pangsa di segmen ultra low-end (<USD100).

Terbatsnya pasokan membuat pengiriman Realme menurun pada dua kuartal berturut-turut.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Samsung Kembangkan Aplikasi Pantau Covid-19

Techbiz.id - Samsung Electronics Indonesia menghadirkan aplikasi Samsung C-Safe, yang akan membantu masyarakat mengetahui da memantau perkembangan...

Polytron Hadirkan Kotak Sterilisasi Serba Guna Basmi Virus

Techbiz.id - Polytron menghadirkan Multipurpose Sterilizer Box PUV 122W untuk mensterilkan berbagai barang dan perlengkapan rumah tangga dari virus dan bakteri.

Review Freebuds Studio: Langsung Beli Aja

Techbiz.id - Untuk pertama kalinya Huawei menghadirkan perangkat audio berupa headphone nirkabel dalam rangkaian produk IoTnya. Perangkat yang diberi...

Dell Tawarkan Dua Laptop Seri XPS Generasi Terbaru

Techbiz.id - Dell Technologies menghadirkan portofolio laptop Dell XPS terbaru, XPS 15 dan XPS 17 yang menawarkan kinerja mumpuni dan ringkas.

Oracle Tambah Fitur Dukung Dunia Kerja Baru

Techbiz.id - Oracle telah memperbaharui Fusion Cloud ERP mereka untuk membantu perusahaan dalam mengantisipasi kebutuhan operasional terkait supply chain yang dipengaruhi oleh...
- Advertisement -

Artikel Terkait