Thursday, October 22, 2020
Home DigiBiz Investasi Telkom di Gojek Perkuat Portfolio Bisnis Digital

Investasi Telkom di Gojek Perkuat Portfolio Bisnis Digital

Must Read

Telkomsel Gelar Kompetisi Video Berhadiah Ratusan Juta

Techbiz.id - Telkomsel mengajak content creators Indonesia untuk menciptakan kreasi positif bagi masyarakat lewat URVideo Competition 2020.

GrabAssistant Bantu Jutaan Pedagang Tradisional

Techbiz.id - Layanan GrabAssistant yang diluncurkan pada bulan Juni 2020 lalu kini telah hadir di 105 kota...

WD Tawarkan SanDisk Portable SSD Baru yang 2x Lebih Cepat

Techbiz.id - Western Digital merilis dua SanDisk Portable SSD baru yang menawarkan kecepatan hampir 2x lipat dibandingkan...

Techbiz.id – Rencana Telkom untuk melakukan investasi di perusahaan digital ride hailing seperti GoJek dinilai banyak pihak sebagai kebijakan korporasi yang sangat tepat dan memperkokoh portfolio bisnis digital Telkom

Pasalnya, perusahaan digital seperti Gojek mempunyai big data (data agregat) yang bisa membuka peluang bagi BUMN telekomunikasi tersebut untuk dapat mengolah big data yang dimiliki.

- Advertisement -

“Akan banyak potensi ekonomi yang nantinya bisa didapat oleh kedua belah pihak dengan mengolah big data yang dimiliki Telkom maupun GoJek. Jadi jika benar Telkom akan berinvestasi di GoJek, maka itu menjadi sangat strategis bagi kedua belah pihak untuk dapat memanfaatkan data agregat tersebut,” ujar Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB, Ridwan Effendi.

Baca juga: Telkom Ungkap Rencana Investasinya di Bisnis Digital

Ridwan menduga jika kolaborasi strategis antara Telkom dan GoJek ini terjadi maka yang akan diolah mereka adalah profiling masyarakat Indonesia. Pengguna layanan telekomunikasi Telkom Group dan GoJek tersebar hampir di seluruh Indonesia. Segmen pengguna layanan Tellkom maupun GoJek juga merata di semua kelas, baik itu kelas atas maupun bawah.

“Memang Telkom memiliki profiling lengkap mengenai kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi. Namun Telkom sulit untuk menggetahui kebiasaan konsumen Indonesia dalam berbelanja atau memesan makanan. Yang memiliki profiling lengkap mengenai itu ada di GoJek, sehingga kolaborasi data agregat ini yang akan sangat berharga di kemudian hari. Kedua belah pihak memiliki nilai tawar masing-masing,” kata Ridwan.

Seperti diketahui Bersama, Telkom dan Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesa. Dengan jaringan yang terbesar dan tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia membuat nilai Telkom sangat tinggi. Sebab aset utama dari ekonomi digital adalah jaringan telekomunikasi yang handal dan tersebar di seluruh wilayah.

Sementara itu GoJek merupakan perusahaan digital yang menyediakan one stop solution bagi seluruh kebutuhan masyarakat. Dari layanan transportasi serta logistik, pengiriman makanan, penjualan pulsa, hingga layanan finansial.

Dengan memiliki keunggulan masing-masing di bidangnya membuat investasi Telkom di GoJek nantinya sangat strategis. Saat ini menurut Ridwan waktunya bagi Telkom untuk masuk ke industri digital dan memperkuat portfolio digitalnya.

Hal ini juga menurutnya salah satu bukti Telkom tak setuju dengan net neutrality dan menjadikan operator telekomunikasi sebagai dump pipe.

“Justru dengan Telkom berinvestasi di perusahaan digital merupakan ikhtiar mereka untuk memonitisasi potensi ekonomi digital di Indonesia, dan itu akan sangat menjanjikan keuntungan,” pungkas Ridwan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Oppo Tawarkan A92 Varian RAM 6GB

Techbiz.id - Oppo menghadirkan perangkat A92 yang kini hadir degan RAM yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan...

Cara Dapetin Diskon Rp500 Ribu Realme 7 Pro Buat Pelajar

Techbiz.id - realme kembali menggelar program realme 7 pro untuk Pelajar agar para pelajar semakin mudah dalam mengakses berbagai produk tech trendsetter...

Masuk Era 5G, Oppo Ubah Strategi Perusahaan

Techbiz.id - Memasuki era internet cepat seluler generasi ke-5 (5G) dan berkembangnya teknologi artificial intelligence (AI), Oppo melakuan strategi dengan mengubah fokus...

Bisnis Proyektor LED ViewSonic Tumbuh 30%

Techbiz.id - Viewsonic melaporkan berhasil mencapai pertumbuhan penjualan dari unit bisnis proyektor LED di semester pertama 2020. Selama semester...

Besok, Xiaomi Bakal Jual Perdana Poco X3 NFC

Techbiz.id - Penjualan perdana Poco X3 NFC akan dibuka Xiaomi pada tanggal 22 Oktober 2020 melalui saluran penjualan offline dan online. Smartphone ini...
- Advertisement -

Artikel Terkait