Friday, December 4, 2020
Home Fintech Sistem Keamanan Dompet Digital Dana Mendapat Sertifikasi

Sistem Keamanan Dompet Digital Dana Mendapat Sertifikasi

Must Read

BCA Kembali Gelar SYNRGY Academy

Techbiz.id - Setelah sukses dengan Batch 1 yang melahirkan 36 talenta digital, kini BCA menghadirkan SYNRGY Academy...

Bakal Melantai di Bursa, SURGE Tingkatkan Kualitas Layanan

Techbiz.id - Perusahaan media luar ruang SURGE bakal melakukan penawaran perdana (IPO) sahamnya di Bursa Efek Indonesia...

NEC dan Pemerintah Inggris Uji Coba 5G Open RAN

Techbiz.id - Pemerintah Inggris dan NEC Corporation meluncurkan proyek NEC "NeutrORAN", yang akan menampilkan inovasi terbaru di...

Techbiz.id – Sistem keamanan dompet digital Dana mendapatkan Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard).

Penilaian sertifikasi terhadap sistem keamanan dompet digital Dana tersebut dilakukan pada 16 Oktober 2020 lalu.

- Advertisement -

Lewat sertifikasi ini, Dana mengukuhkan diri sebagai dompet digital yang mampu menjamin transaksi berbasis kartu makin aman dan tepercaya untuk seluruh pengguna dan mitranya.

Baca juga: Dana Kembangkan Budaya Parkir Contactless

Menurut CEO dan Co-Founder DANA, Vince Iswara Sejak awal beroperasi, keamanan selalu dan tetap menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, DANA telah mengelola kualifikasi dan persyaratan untuk standar PCI-DSS sejak 2018 dan secara berkala memperbaruinya.

“Sertifikasi ini penting dalam membangun kepercayaan pengguna dan mitra kami terhadap keamanan aplikasi DANA disamping melindungi pengguna dari tindak kejahatan, seperti pencurian data untuk penipuan,” kata Vince.

Dana harus memenuhi 12 persyaratan untuk memperbarui sertifikasi PCI-DSS terakhir, setelah PCI-DSS versi 3.2.1 menggunakan perusahaan QSA (Qualified Security Assessor) bersertifikat.

Persyaratan yang dimaksud meliputi upaya-upaya membangun dan memelihara jaringan dan sistem yang aman, melindungi data pemegang kartu, menjaga program manajemen kerentanan, menerapkan tindakan kontrol akses yang kuat, memantau dan menguji jaringan secara berkala, serta menjaga kebijakan keamanan informasi.

PCI-DSS adalah standar keamanan informasi untuk organisasi yang menangani bank penerbit kartu dan jaringan kartu bermerek (VISA, MasterCard, Discover, American Express, JCB) dari skema kartu utama.

Sistem kemanan ini dikelola oleh Payment Card Industry Security Standard Council untuk meningkatkan kontrol seputar data pemegang kartu untuk mengurangi penipuan kartu kredit. 

Saat ini, Dana menjadi penyedia layanan Level 1 yang telah memproses, menyimpan, dan mengirimkan lebih dari 6 juta data pemegang kartu VISA/Mastercard/ Discover setiap tahun.

Adanya sertifikasi PCI-DSS menurut Vince juga akan meningkatkan keterikatan dengan pelanggan. Sesuai dengan Quirk’s Marketing Research Review pada 2014, 69% pelanggan cenderung tidak tertarik untuk terlibat dalam perusahaan yang melakukan pelanggaran.

Sementara dari sisi bisnis, memiliki sertifikasi PCI-DSS akan meningkatkan keuntungan, menghindari denda yang mahal akibat timbulnya pelanggaraan, serta mempertahankan dan memperkuat bisnis.

“Sertifikasi PCI-DSS ini juga akan menguatkan tiga pilar Dana, yaitu Trusted, Friendly dan Accessible. Kami meyakini bahwa dengan berkomitmen pada standar dan persyaratan tertentu, pengguna percaya bahwa Dana memiliki komitmen yang kuat untuk melindungi data pemegang kartu mereka,” Vince menambahkan.

Sertifikasi PCI-DSS diaudit secara independen oleh penilai bersertifikat dari Dewan Standar Keamanan PCI. DANA tetap perlu memastikan validasi triwulan dan tahunan memenuhi 12 persyaratan dalam standar PCI-DSS.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Realme Gelar Promo The Best is Coming

Techbiz.id - Di penghujung tahun 2020 realme akan menawarkan promo terbaik secara besar-besaran untuk menyambut 12.12 realme...

Indosat Gelar Pelatihan Coding Buat Penyandang Disabilitas

Techbiz.id – Pandemi tidak menyurutkan semangat para developer penyandang disabilitas untuk mengikuti Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) Virtual Bootcamp untuk Disabilitas 2020...

WowLabs Jadi Platform Kokreasi Smartfren

Techbiz.id - Smartfren meluncurkan WOWLabs, sebuah wadah kokreasi untuk mengumpulkan generasi konten di Indonesia. Melalui wadah ini Smartfren ingin memberikan dukungannya supaya...

Jelang Ahhir Tahun Vivo Tawarkan Smartphone Y51

Techbiz.id - vivo Indonesia kembali menambah daftar varian smartphone terbarunya dari seri Y, yakni vivo Y51 untuk meramaikan pasar smartphone Tanah Air di penghujung tahun...

GREDU Siap Mendukung Sekolah Tatap Muka

Techbiz.id - Terkait rencana pembukaan sekolah tatap muka yang akan diberlakukan pada Januari 2021, penyedia platform pendidikan GREDU mendukung sepenuhnya kebijakan terbaru...
- Advertisement -

Artikel Terkait