Sunday, November 29, 2020
Home DigiBiz Blibli Mitra Perkuat Usaha Mikro dengan Adopsi Digital

Blibli Mitra Perkuat Usaha Mikro dengan Adopsi Digital

Must Read

Rambah Indonesia, NIU Tawarkan Motor Listrik dengan IoT

Techbiz.id - NIU Kini merambah pasar Indonesia dengn menghadirkan sepeda motor listrik terbaru yang nyaman dan ramah...

Galaxy A21s Ada Varian baru, Cocok untuk Bikin Konten

Techbiz.id - Dalam sebuah acara Galaxy Creator Workshop bertajuk “Create Awesome Content for Your Business, Samsung meluncurkan varian...

Oolean Games Rilis Game PvP Battle, Arena Master 2

Techbiz.id - Meerkatgames dan Oolean games merilis Arena Master 2, salah satu game PvP (Player vs Player) battle terbaru di...

Techbiz.id – Untuk meningkatkan bisnis, Blibli Mitra membantu pengusaha mikro dan toko kelontong dengan memperluas kanal penjualan melalui adopsi teknologi digital.

Kelancaran aktivitas ritel di tingkat mikro ini diniai menjadi sangat penting untuk mendorong resiliensi ekonomi kerakyatan demi pemulihan perekonomian nasional.

- Advertisement -

Melalui Blibli Mitra, pengusaha mikro dapat menghubungkan toko offline ke ekosistem online Blibli untuk menyediakan 12 produk digital, termasuk pulsa, paket data, voucher game, token listrik, BPJS dan PDAM. 

Solusi Blibli Mitra pun menjadi aplikasi pertama di pasar yang menyediakan tiket kereta api loop line rute KA Joglosemarkerto.

Blibli Mitra membuka akses ke produk grosir yang memudahkan toko mengisi kembali stok dagangan. Harga bersaing baik dari produk grosir dan digital memungkinkan toko mendapatkan keuntungan lebih, sehingga meningkatkan pendapatan mereka.

Baca juga: Blibli Lakukan Literasi Keuangan Digital

“Blibli Mitra menyediakan solusi teknologi online-to-offline, atau O2O, bagi usaha mikro di seluruh Indonesia agar mereka dapat mengatur usaha mereka secara efisien serta meningkatkan daya saing dengan go digital” kata Vice President Offline-to-Online Blibli, David Michum.

Menurutnya, sebagai platform e-commerce Indonesia, Blibli mendukung percepatan adopsi teknologi digital oleh mitra usaha mikro agar memperkuat resiliensi mereka terhadap pandemi. Terlebih lagi, keberlanjutan usaha mikro dan toko kelontong krusial bagi pemulihan ekonomi Indonesia karena mereka menjaga perputaran ritel di tingkat terkecil,

Genap satu tahun sejak diluncurkan pada November 2019, Blibli Mitra telah mencatat performa positif, di mana jumlah mitra sudah bertumbuh hingga 16.000 toko di 333 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Melalui para mitra toko, Blibli Mitra telah melayani kebutuhan 1 juta pelanggan untuk produk digital dan consumer goods. Melihat peningkatan ini, Blibli Mitra pun menargetkan pertumbuhan mitra toko sebesar 2 kali lipat pada penutupan tahun di Desember 2020, jika dibandingkan dengan posisi saat Oktober 2020.

Pandemi COVID-19 semakin mendorong bisnis toko kelontong karena para pelanggan telah membatasi kunjungan ke pusat perbelanjaan dan memilih untuk berbelanja produk sehari-hari di toko dekat rumah. Perubahan perilaku pelanggan ini memicu pertumbuhan order oleh mitra toko di Blibli Mitra hingga 4 kali lipat jika dibandingkan sebelum pandemi.

Produk digital yang terbanyak dibeli melalui mitra toko adalah pulsa dan token listrik. Sementara, produk grosir yang terbanyak dipesan oleh mitra toko  adalah kopi bubuk, mi instan, dan susu siap minum.

Demi membantu menjaga ketersediaan barang toko dan perputaran bisnis para mitra, Blibli Mitra menawarkan pengiriman cepat yang difasilitasi oleh layanan logistik end-to-end, yaitu Fulfillment By Blibli (FBB) yang didukung oleh 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia. Layanan pengiriman pun disediakan dengan gratis untuk menghemat biaya operasional para mitra.

Blibli Mitra juga menyediakan berbagai fitur pengaturan bisnis, antara lain cash flow management, pemantau keuangan, serta loyalty gamification dan promo dari brand, agar mitra toko bisa menjalankan usaha secara efisien. Selain itu, Blibli Mitra mendorong digital upskilling melalui pendampingan mitra secara intensif serta menyediakan akses ke seller care 24 jam.

“Kedepannya, kami ingin meningkatkan inklusi finansial pengusaha mikro dengan menjalin kemitraan bersama lembaga keuangan, selain mengembangkan opsi pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD),” lanjut David.

Mitra toko juga diharapkan oleh David dapat mengikuti program Affiliate yang dapat meningkatkan pendapatan mereka ke depannya.

Berbagai solusi dan fitur dari Blibli Mitra ini sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First, yang mencakup gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care, #KarenaKamuNo.1. Khusus untuk Blibli Mitra, Blibli memberlakukan layanan 3 hari retur.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Ombudsman: Harus Ada Pengganti BRTI

Techbiz.id - Menyusul dibubarkannya Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) oleh Presiden Joko Widodo, Ombudsman RI menlai harus...

Pengamat: BRTI Bubar, Indonesia Balik Ke Masa Monopoli

Techbiz.id - Pembubaran Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) oleh Presiden Joko Widodo dinilai pengamat telekomunikasi sebagai sebuah langkah mundur.

Jokowi Diminta Batalkan Pembubaran BRTI

Techbiz.id - Presiden RI, Joko Widodo diminta untuk membatalkan pembubaran Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Dalam Peraturan Presiden...

Fitur Populer di Oppo Reno Series

Techbiz.id - Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen saat akan membeli perangkat smartphone. Selain dari spesifikasi, desain, dan komposisi kamera, fitur yang tersemat...

SURGE Siapkan Internet Gratis di Ruang Publik

Techbiz.id - Untuk mengurangi kesenjangan akses internet berkualitas dan terjangkau, SURGE sedang mengembangkan jaringan internet gratis untuk publik dan akan selesai dalam...
- Advertisement -

Artikel Terkait