Jumat, Juli 19, 2024

Blibli Mitra Perkuat Usaha Mikro dengan Adopsi Digital

Techbiz.id – Untuk meningkatkan bisnis, Blibli Mitra membantu pengusaha mikro dan toko kelontong dengan memperluas kanal penjualan melalui adopsi teknologi digital.

Kelancaran aktivitas ritel di tingkat mikro ini diniai menjadi sangat penting untuk mendorong resiliensi ekonomi kerakyatan demi pemulihan perekonomian nasional.

Melalui Blibli Mitra, pengusaha mikro dapat menghubungkan toko offline ke ekosistem online Blibli untuk menyediakan 12 produk digital, termasuk pulsa, paket data, voucher game, token listrik, BPJS dan PDAM. 

Solusi Blibli Mitra pun menjadi aplikasi pertama di pasar yang menyediakan tiket kereta api loop line rute KA Joglosemarkerto.

Blibli Mitra membuka akses ke produk grosir yang memudahkan toko mengisi kembali stok dagangan. Harga bersaing baik dari produk grosir dan digital memungkinkan toko mendapatkan keuntungan lebih, sehingga meningkatkan pendapatan mereka.

Baca juga: Blibli Lakukan Literasi Keuangan Digital

“Blibli Mitra menyediakan solusi teknologi online-to-offline, atau O2O, bagi usaha mikro di seluruh Indonesia agar mereka dapat mengatur usaha mereka secara efisien serta meningkatkan daya saing dengan go digital” kata Vice President Offline-to-Online Blibli, David Michum.

Menurutnya, sebagai platform e-commerce Indonesia, Blibli mendukung percepatan adopsi teknologi digital oleh mitra usaha mikro agar memperkuat resiliensi mereka terhadap pandemi. Terlebih lagi, keberlanjutan usaha mikro dan toko kelontong krusial bagi pemulihan ekonomi Indonesia karena mereka menjaga perputaran ritel di tingkat terkecil,

Genap satu tahun sejak diluncurkan pada November 2019, Blibli Mitra telah mencatat performa positif, di mana jumlah mitra sudah bertumbuh hingga 16.000 toko di 333 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Melalui para mitra toko, Blibli Mitra telah melayani kebutuhan 1 juta pelanggan untuk produk digital dan consumer goods. Melihat peningkatan ini, Blibli Mitra pun menargetkan pertumbuhan mitra toko sebesar 2 kali lipat pada penutupan tahun di Desember 2020, jika dibandingkan dengan posisi saat Oktober 2020.

Pandemi COVID-19 semakin mendorong bisnis toko kelontong karena para pelanggan telah membatasi kunjungan ke pusat perbelanjaan dan memilih untuk berbelanja produk sehari-hari di toko dekat rumah. Perubahan perilaku pelanggan ini memicu pertumbuhan order oleh mitra toko di Blibli Mitra hingga 4 kali lipat jika dibandingkan sebelum pandemi.

Produk digital yang terbanyak dibeli melalui mitra toko adalah pulsa dan token listrik. Sementara, produk grosir yang terbanyak dipesan oleh mitra toko  adalah kopi bubuk, mi instan, dan susu siap minum.

Demi membantu menjaga ketersediaan barang toko dan perputaran bisnis para mitra, Blibli Mitra menawarkan pengiriman cepat yang difasilitasi oleh layanan logistik end-to-end, yaitu Fulfillment By Blibli (FBB) yang didukung oleh 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia. Layanan pengiriman pun disediakan dengan gratis untuk menghemat biaya operasional para mitra.

Blibli Mitra juga menyediakan berbagai fitur pengaturan bisnis, antara lain cash flow management, pemantau keuangan, serta loyalty gamification dan promo dari brand, agar mitra toko bisa menjalankan usaha secara efisien. Selain itu, Blibli Mitra mendorong digital upskilling melalui pendampingan mitra secara intensif serta menyediakan akses ke seller care 24 jam.

“Kedepannya, kami ingin meningkatkan inklusi finansial pengusaha mikro dengan menjalin kemitraan bersama lembaga keuangan, selain mengembangkan opsi pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD),” lanjut David.

Mitra toko juga diharapkan oleh David dapat mengikuti program Affiliate yang dapat meningkatkan pendapatan mereka ke depannya.

Berbagai solusi dan fitur dari Blibli Mitra ini sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First, yang mencakup gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care, #KarenaKamuNo.1. Khusus untuk Blibli Mitra, Blibli memberlakukan layanan 3 hari retur.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...