Saturday, July 24, 2021
Home News Jaringan Telekomunikasi Mulai Pulih Akibat Mati Listrik

Jaringan Telekomunikasi Mulai Pulih Akibat Mati Listrik

Must Read

Rekomendasi Hp realme Harga Rp 3 jutaan Terbaru 2021

Techbiz.id - realme menghadirkan handphone (hp) di berbagai rentang harga, termasuk Rp 3 jutaan. Terdapat beragam pilihan yang tersedia bagi...

Samsung Galaxy M21 2021 Edition Meluncur dengan 48MP Triple Camera

Techbiz.id - Usai setahun sejak dirilis pada Maret 2020 lalu, Samsung memperkenalkan varian baru dari Galaxy M21 di 2021....

Alibaba Punya Teknologi Kurangi Resiko Heatstroke

Techbiz.id - Untuk mengurangi resiko terkena heatstroke atau sengatan panas selama musim panas di Tokyo, Alibaba Group mengumumkan solusi berbasis teknologi cloud baru...

Twitter Hadirkan Caption Otomatis di Voice Tweet

Techbiz.id - Twitter kini menghadirkan fitur caption atau teks otomatis untuk voice tweet atau cuitan berupa audio. "Kami meluncurkan teks...

RedmiBook 15 Perdana Xiaomi Hadir di Indonesia, Harganya Rp 6 Jutaan

Techbiz.id - Bersamaan dengan peluncuran Redmi Note 10 5G, Xiaomi juga menghadirkan RedmiBook 15. Selain hadir untuk pertama kalinya...

Techbiz.id – Operator seluler menyatakan kondsi jaringan telekomunikasi dan layanannya berangsur pulih akibat terjadinya gangguan yang menyebabkan mati listrik di wilayah Jabodetabek.

Seperti diketahui hujan deras dan petir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya serta sebagian wilayah Jawa Barat menyeabkan sejumlah Saluran Udara Tekanan Tinggi (SUTET) 500KV mengalami gangguan pada pukul 12.58 WIB.

Hal tersebut menyebabkan terjadi kendala pasokan listrik (mati listrik) dari PLN di sebagian wilayah Jakarta, Depok, dan Bekasi yang berdampak pada turunnya kualitas jaringan telekomunikasi seluler yang mencakup wilayah tersebut.

Baca juga: Omnibus Law Jadi Katalis Positif Industri Telekomunikasi

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin menyampaikan bahwa, sejak pukul 15.00 WIB, kondisi jaringan dan layanan Telkomsel mulai berangsur pulih seiring dengan sudah tersolusinya pasokan listrik di sebagian besar lokasi.

“Kami juga senantiasa akan terus memastikan back up power/ pasokan listrik cadangan berfungsi di perangkat jaringan kami,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Denny, Telkomsel akan melakukan monitor secara berkala untuk kondisi perangkat jaringannya dan memastikan layanan tetap berjalan normal untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi.

Hal senada juga disampaikan VP Head of Strategic Communications Indosat Ooredoo, Adrian Prasanto. Menurutnya beberapa BTS Indosat di sekitar wilayah Jabodetabek yang terkena imbas gangguan pasokan listrik saat ini kondisi sudah berangsur pulih dan BTS yang terdampak sudah kembali normal.

“Kami terus melakukan pemantauan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan layanan telekomunikasi kami,” kata Adrian.

Sementara itu, VP Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih menyampaikan, pihaknya langsung melaksanakan langkah-langkah penanganan secara darurat, termasuk mengerahkan getset guna tetap menjaga operasional BTS di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan, serta rekayasa jaringan untuk backup jaringan yang terdampak.

“Alhamdulillah hasilnya, saat ini semua jaringan, 2G/3G/4G, sebagian besar telah berangsur pulih. Pengecekan jaringan masih terus kami lakukan, dan tim kami tetap bersiapa mengantisipasi perkembangan situasi dan kondisi berikutnya,” tegasnya.

Padamnya listrik di sejumlah wilayah di Jabodetabek siang hari ini disampaikan Tri Wahyningsih memang telah berdampak pada kualitas sinyal XL Axiata khususnya di wilayah DKI Jakarta.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Pengguna Vivo Sudah Bisa Nikmati 5G, Begini Caranya

Techbiz.id - Pengguna smartphone Vivo yang telah mendukung jaringan 5G, yaitu vivo V21 5G, vivo X60, dan vivo X60...