Friday, February 26, 2021
Home Telco VMware dan Samsung Tawarkan Solusi 5G untuk Provider

VMware dan Samsung Tawarkan Solusi 5G untuk Provider

Must Read

Tambah Investasi, Line dan Mizuho Garap Perbankan Digital

Techbiz.id - LINE dan Mizuho Financial Group mengumumkan bahwa anak perusahaan mereka, LINE Financial dan Mizuho Bank, telah setuju...

Tips Memilih Mesin Cuci dengan Tepat

Techbiz.id - Salah satu upaya menerapkan protokol kesehatan setelah beraktivitas di luar rumah adalah segera mencuci baju yang dikenakan...

Solusi Massive MIMO Ericsson Percepat 5G di Pita Sedang

Techbiz.id - Ericsson telah meluncurkan tiga radio baru dalam portofolio Massive MIMO serta mengembangkan portofolio RAN Compute dengan enam...

Bermasalah dengan Produk Samsung? Ini Solusinya

Techbiz.id - Untuk memberikan kenyamanan bagi konsumennya, Samsung pun lantas berinovasi memastikan bahwa pengguna setia Samsung tetap dapat menggunakan...

XL Axiata dan BAKTI Sediakan Layanan Internet Bagi BUMDes

Techbiz.id - XL Axiata dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO) menjalin kerja sama...

Techbiz.id – VMware menjalin kemitraan dengan Samsung Electronics Co., Ltd. dalam rangka mengembangkan layanan 5G.

Melalui kemitraan ini, kedua perusahaan berkomitmen untuk mendukung para Penyedia Layanan Komunikasi atau Communication Service Providers (CSPs) dalam memenuhi tuntutan kebutuhan akan jaringan 5G dan mempercepat peluncuran 5G.

- Advertisement -

Setvice providers dapat mengoptimalkan seluruh portofolio yang ditawarkan oleh Samsung selama ini, dari Core ke Edge ke RAN, baik di lingkup containerized network functions (CNFs) maupun virtualized network functions (VNFs), melalui VMware Telco Cloud Platform.

Di tengah semarak geliat 5G saat ini, jaringan cloud native menjadi penting bagi CSP agar mereka kian fleksibel dan efisien dalam menggelar layanan bagi industri-industri vertikal masa kini dengan cepat.

Baca juga: Spectrum Sharing 5G Jadi Milestone Pertama Menkominfo

Hal ini bisa terwujud hanya dengan dukungan jaringan cloud-first yang telah terotomasikan, sehingga manajemen dan operasionalnya bisa menjadi lebih simpel serta biaya operasionalnyapun bisa ditekan sedemikian rupa.

Kemitraan antara Samsung dengan VMware ditujukan untuk mempercepat siklus inovasi berkat desain jaringan end-to-end yang lebih baik, serta mendukung kegesitan seperti yang dibutuhkan oleh sebuah jaringan 5G. 

VMware Telco Cloud Platform mendukung CSP dalam menggelar jaringan software-defined 5G yang bersifat cloud native, sehingga proses delivery layanan dan aplikasi bisa dilaksanakan secara lebih cepat ke seluruh telco cloud yang tersebar lokasinya.

Seluruhnya bisa terlaksana dalam koridor operasional yang konsisten, manajemen lifecycle yang terintegrasi, serta dilengkapi dengan automasi berlapis, namun mampu menjaga tingkat performa, skalabilitas, dan keandalan tetap tinggi, sekelas perusahaan carrier pada umumnya.

Saat ini, keduanya tengah serius bergiat bersama-sama di laboratorium milik Samsung untuk mengoptimalkan dan mempercepat kesiapan beragam layanan Samsung VNFs dan CNFs, seperti vRAN, 5G Core, MEC, Management, hingga Analytics, dengan dukungan VMware Telco Cloud Platform.

Samsung VNFs dan CNFs telah dan selanjutnya akan terus dapat terintegrasikan dengan program VMware Ready for Telco Cloud. Program ini akan mendukung Samsung dalam turut mempercepat proses onboarding dan penggelaran layanan-layanan siap 5G milik mereka di atas VMware Telco Cloud Platform.

Program ini diharapkan akan dapat mendukung CSP dalam mempersingkat waktu sampai ia siap diluncurkan maupun waktu di mana ia mulai menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Menurut Senior Vice President and Head of Product Strategy, Networks Business Samsung Electronics, Wonil Roh, Samsung bersama VMware melihat peluang serta tingginya nilai yang bisa diraup dari menyuguhkan solusi berkelas carrier.

“Solusi ini memudahkan CSP dalam menggeluti teknologi cloud native serta dalam menghadirkan fungsi maupun layanan jaringan di jaringan 5G milik mereka dengan efisien, tentu dengan dukungan automasi,” ujarnya. 

Sementara itu, Shekar Ayyar, executive vice president and general manager, Telco and Edge Cloud Business Unit, VMware mneyampaikan, infrastruktur yang mendukung 5G nantinya akan bergantung pada solusi virtualized network functions (VNFs) dan containerized network functions (CNFs) yang dihantarkan dari platform-platform mutakhir, seperti software-defined telco and edge cloud platform.

“Kami sangat antusias dapat berkolaborasi bersama Samsung dalam menghadirkan solusi-solusi berkelas carrier melalui pendayagunaan portofolio VMware Telco Cloud secara optimal, sehingga CSP dapat meraih setiap momentum 5G yang hadir, sekaligus mampu mendukung mereka dalam bertransformasi menjadi inovator-inovator teknologi terkemuka,” imbuhnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Sony Garap Perangkat VR Baru untuk PS 5

Techbiz.id - Usai cukup lama dirilis, Sony mulai mengembangkan perangkat VR generasi baru untuk PS 5. Informasi ini disampaikan...

Artikel Terkait