Techbiz.id – Zebra meluncurkan solusi sensor jarak yang diberi nama Zebra MotionWorks Proximity. Solusi ini untuk membantu para pengusaha menjaga kesehatan karyawan saat bekerja dengan cara memberi alert/peringatan dan contact tracing (melacak riwayat kontak).
Seperti diketahui, Pemerintah di seluruh dunia telah mengeluarkan pedoman yang mewajibkan para pengusaha untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan yang sesuai dengan kondisi saat ini, seperti social distancing, contact tracing, dan desinfeksi fasilitas usaha mereka.
Solusi Zebra MotionWorks Proximity dapat memenuhi berbagai persyaratan yang diuraikan dalam pedoman itu dan saat ini ada banyak perusahaan yang membutuhkan opsi-opsi yang tersedia untuk menentukan strategi pembukaan kembali bisnis mereka.
Baca juga: Mobile Banking Permudah Transaksi saat Social Distancing
“Untuk melindungi para pekerja kami di garis depan dan mereka yang kembali bekerja dari kantor, kami telah memprioritaskan masalah kesehatan dan keselamatan karyawan,” kata Fang-How, Lim, Regional Director Asia Tenggara, Zebra Technologies Asia Pasifik.

Solusi ini teah diterapkan salah satu fasilitas distribusi terbesar milik Zebra dan sekarang solusi ini tersedia bagi para pelanggan dan karyawan mereka untuk melindungi diri mereka yang berada di lingkungan manufaktur dan pergudangan.
Solusi Zebra ini memberikan informasi mengenai proximity dan contact tracing, dashboard, dan laporan untuk perusahaan, termasuk juga proximity alert untuk karyawan mereka. Data tersebut akan terhubung dengan ID karyawan atau ID pengguna anonim, sehingga perusahaan punya informasi untuk ditindaklanjuti, tanpa mengorbankan privasi individu, tidak seperti solusi contact tracing lainnya.
Contact tracing secara otomatis dan akurat dapat membantu perusahaan mengidentifikasi karyawan yang terpapar dengan cepat dan segera melakukan tes, agar perusahaan tak perlu melakukan penutupan fasilitas secara besar-besaran.
Solusi ini memanfaatkan Bluetooth Low-Energy (BLE) dan WiFi, solusi software yang hosting di cloud, dan diimplementasikan dengan cepat dan dikelola dari jarak jauh oleh Zebra, sehingga tak perlu lagi melakukan layanan profesional on-site (di tempat). Solusi ini juga tidak memerlukan infrastruktur baru dan dapat digunakan pada perangkat Zebra berbasis Android yang sudah dimiliki atau perangkat baru dalam berbagai bentuk dan harga.
“Keuntungan dari pelacakan kontak kami adalah solusi ini menggunakan perangkat yang saat ini sudah digunakan oleh pekerja di garis depan, sehingga meminimalkan biaya tambahan dan bisa digunakan dengan cepat oleh karyawan,” kata Lim.