Thursday, April 22, 2021
Home News 6 Fitur Baru Google yang Tersedia Bagi Pengguna Android

6 Fitur Baru Google yang Tersedia Bagi Pengguna Android

Must Read

Tri Beri Akses Film Sampai Jadi Debu untuk Rayakan Ramadan

Techbiz.id - Masih dalam rangkaian program #TriBerkahBerlipat, pelanggan Tri dapat menyaksikan film “Sampai Jadi Debu” secara eksklusif melalui aplikasi...

Tayangan Vision+ Bisa Diakses lewat MAXstream

Techbiz.id - Pelanggan MAXstream kini mulai 16 April 2021 dapat mencoba konten-konten pilihan dari Vision+ yang memberikan ragam tayangan...

Laptop Predator Kolaborasi Bareng Never Too Lavish

Techbiz.id - Setelah sukses menggandeng seniman Darbotz, laptop Predator kembali hadir dengan terobosan dan inovasi terbaru untuk mendukung para...

Ponsel Gaming Redmi Muncul dengan Pengisian Cepat 67W

Techbiz.id - Menyusul rumor yang mengatakan Redmi bakal merilis ponsel gaming, kini kemunculannya telah membuktikan hal itu. Ponsel gaming...

Mengatur Rumah Pintar dengan SmartThings

Techbiz.id - Samsung Galaxy S21 Series 5G hadir dengan sederet fitur-fitur yang dapat mempersiapkan setiap penggunanya untuk masa depan....

Techbiz.id – Google belum lama ini memperkenalkan beberapa fitur Android baru seperti Emoji Kitchen dan buku audio yang dinarasikan secara otomatis. Kini, perusahaan kembali menambahkan 6 fitur baru kepada seluruh pengguna Android.

Salah satu diantara keenam fitur yang paling familiar adalah mode gelap, yang kali ini hadir pada aplikasi Google Maps. Selain itu, Google juga menggulirkan fitur Pemeriksa Kata Sandi baru untuk pengguna Android, kemampuan untuk menjadwalkan pesan di Google Messages, perintah Asisten baru yang dapat digunakan secara handsfree, TalkBack versi baru, dan beberapa penyesuaian lainnya untuk Android Auto.

- Advertisement -

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak ulasan 6 fitur terbaru Google berikut ini:

Fitur Baru Google

Mode Gelap Google Maps

Fitur Baru Google

Mode Gelap telah diperkenalkan di hampir semua aplikasi Google dan sekarang perusahaan ini akhirnya menghadirkannya ke Google Maps. Fitur tersebut diharapkan akan tersedia sekitar September 2020 tetapi telah ditunda hingga akhirnya hadir.

Untuk mengaktifkan Mode Gelap di Google Maps, pengguna perlu membuka Setelan di aplikasi dan kemudian mencari “Tema”. Kemudian, akan alihkan opsi untuk “Selalu dalam Tema Gelap”.

Alat Pemeriksa Kata Sandi

Fitur Baru Google

Alat pemeriksa sandi dari Google sangat membantu karena memeriksa kredensial login pengguna yang disimpan terhadap “sandi yang diketahui telah disusupi”. Fitur tersebut telah tersedia untuk pengguna Desktop dan sekarang hadir di Android.

Jika pengguna telah mengaktifkan Isi Otomatis pada ponsel cerdas untuk menyimpan kredensial, layanan akan memeriksa informasi yang disusupi dan kemudian Google akan merekomendasikan perubahan yang harus dilakukan, jika diperlukan.

Penjadwalan Pesan

Fitur Baru Google

Aplikasi Google Messages dari perusahaan dipastikan mendapatkan kemampuan untuk menjadwalkan pesan. Fitur tersebut ditemukan oleh beberapa pengguna pada September tahun lalu tetapi tidak secara resmi dikonfirmasi oleh perusahaan.

Pengguna saat ini dapat menjadwalkan pesan hanya dengan membuka aplikasi, mengetik pesan ke kontak dan kemudian menekan lama tombol kirim untuk mendapatkan opsi penjadwalan. Aplikasi ini juga akan menampilkan waktu yang disarankan tetapi pengguna dapat mengatur tanggal dan waktu mereka sendiri.

Perintah Asisten Google Hands-Free

Fitur Baru Google

Sebenarnya, ini bukanlah fitur baru karena perintah handsfree untuk Asisten Google telah tersedia selama beberapa waktu. Namun, perusahaan sekarang memperluas daftar perintah untuk membuatnya lebih mudah digunakan.

Sesuai pengumuman tersebut, pengguna sekarang dapat menyetel alarm, memutar musik, mengirim pesan teks atau melakukan panggilan, semuanya tanpa membuka kunci ponsel. Ada juga satu set kartu baru yang dapat dilihat yang menampilkan info dasar di layar kunci.

TalkBack diperbarui

Android memiliki pembaca layar bernama TalkBack yang ditujukan bagi mereka yang tunanetra atau dengan gangguan penglihatan. Sekarang diperbarui dengan gerakan yang lebih intuitif, menu terpadu, menu kontrol membaca baru, dan banyak lagi.

Baca juga: Gak Perlu Kuota, Google Classroom Akan Bisa Diakses Offline

Perusahaan mengklaim telah menambahkan beberapa gerakan multi-jari baru yang mudah dipelajari untuk perangkat Pixel dan Samsung Galaxy untuk memudahkan interaksi dengan aplikasi. Itu juga menambahkan kontrol membaca baru yang disesuaikan dengan gesekan 3 jari. Ada juga perintah suara baru, dukungan untuk dua bahasa baru di keyboard braille TalkBack, dan banyak lagi.

Kustomisasi Android Auto

Pembaruan baru untuk layanan Android Auto akan menjadi dukungan untuk wallpaper khusus serta game yang diaktifkan dengan suara. Perusahaan juga berencana menawarkan pintasan layar beranda untuk hal-hal seperti kontak dan tugas seperti memeriksa cuaca melalui Asisten Google.

Ini juga akan meluncurkan tampilan layar terbagi baru ketika mobil memiliki tampilan yang lebih lebar dan layar privasi ketika ada orang lain bersama dengan pengguna di dalam mobil.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Fintech Berpotensi Salurkan Pendanaan Produktif UMKM

Techbiz.id - Indonesia Fintech Society (IFSoc), Mirza Adityaswara, mengapresiasi pemerintah dan regulator yang terus mendorong peningkatan penyaluran kredit pendanaan...

Artikel Terkait