Sabtu, April 20, 2024

8 Hal yang Terjadi Jika Tak Setuju dengan Kebijakan Baru WhatsApp

Techbiz.id – WhatsApp belum lama ini kembali mengingatkan pengguna soal kebijakan baru mereka. Hal ini dilakukan usai banyaknya pengguna yang salah paham dengan kebijakan tersebut.

Bahkan, tak sedikit juga yang mencari aplikasi pengganti sejenis. Kebijakan baru itu akan berlaku mulai 15 Mei 2021. Sejak saat itu, pengguna harus sudah memutuskan apakah akan menyetujui atau tidak.

Namun, tahukah Kamu apa dampaknya jika tidak menyetujui kebijakan baru WhatsApp? Tak perlu khawatir karena Techbiz sudah menyiapkan ulasannya berikut ini.

1. WhatsApp tidak akan segera menghapus akun Anda, tetapi membatasi akses

WhatsApp mengatakan mereka tak akan langsung menghapus akun pengguna, tetapi dalam hal ini akses pengguna terhadap WhatsApp akan terbatas.

“Untuk memberi Anda cukup waktu untuk meninjau perubahan dengan kecepatan dan kenyamanan Anda sendiri, kami telah memperpanjang tanggal efektif menjadi 15 Mei. Jika Anda belum menerimanya hingga saat itu, WhatsApp tidak akan menghapus akun Anda. Namun, Anda tidak akan memiliki fungsionalitas penuh WhatsApp hingga Anda menerimanya,” ujar WhatsApp dalam halaman FAQ-nya.

2. Pengguna akan dapat menerima panggilan dan pemberitahuan, tetapi tidak akan dapat membaca atau mengirim pesan

Meski akunnya tidak dihapus, pengguna tidak dapat mengirim atau membaca pesan dari pengguna lain di WhatsApp.

“Untuk waktu yang singkat, Anda akan dapat menerima panggilan dan pemberitahuan, tetapi tidak akan dapat membaca atau mengirim pesan dari aplikasi,” ujar perusahaan.

3.Setelah akun dihapus, pengguna tidak bisa mendapatkannya kembali

Sesuai WhatsApp, penghapusan akun akan permanen dan sesuatu yang tidak akan dibatalkan. “Ini adalah sesuatu yang tidak dapat kami ubah,” ungkap WhatsApp.

4. Riwayat pesan pengguna akan dihapus

Jika akun WhatsApp sudah dihapus oleh perusahaan, maka seluruh riwayat pesan pengguna juga akan dihapus secara permanen.

5. Pengguna akan dihapus dari semua grup WhatsApp

Dengan dihapusnya akun, maka pengguna yang tidak menyetujui kebijakan tersebut akan secara otomatis dihapus dari semua grup WhatsApp yang mereka ikuti.

Baca juga: WhatsApp Akan Kembali Jelaskan Kebijakan Privasi Baru

6. Seluruh cadangan WhatsApp akan dihapus

Pengguna akan kehilangan seluruh cadangan WhatsApp mereka. Namun, perusahaan memberi pengguna opsi untuk membuat cadangan akun mereka sebelum 15 Mei mendatang, seperti dikutip dari Gadgetsnow, Senin (22/2).

7. Pengguna dapat mengekspor riwayat obrolan

Pengguna masih bisa mengekspor riwayat obrolan mereka. Seperti yang disampaikan oleh WhatsApp, “Sebelum 15 Mei, Anda dapat mengekspor riwayat obrolan Anda di Android atau iPhone, dan mengunduh laporan akun Anda,”.

8. Kebijakan terkait pengguna tidak aktif akan berlaku setelah 15 Mei

Pengguna masih dapat menerima pembaruan setelah 15 Mei. Namun, setelah itu, WhatsApp menyampaikan bahwa kebijakan terkait pengguna tidak aktif akan berlaku.

Sesuai dengan kebijakan pengguna yang tidak aktif, “Konten yang disimpan secara lokal di perangkat pengguna sebelum akun dihapus akan tetap ada hingga WhatsApp dihapus dari perangkat.”

Lalu, saat pengguna mendaftar ulang untuk WhatsApp di perangkat yang sama, konten yang disimpan secara lokal akan muncul kembali.

Jadi setelah mengetahui 8 hal jika tidak menyetujui kebijakan WhatsApp, apakah Kamu akan berubah pikiran?

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...