Thursday, June 17, 2021
Home DigiBiz Asuransi dan Platform Digital Berpotensi untuk Kolaborasi

Asuransi dan Platform Digital Berpotensi untuk Kolaborasi

Must Read

Bakal ‘Hapus’ Password, Apple Janjikan Keamanan Tingkat Tinggi

Techbiz.id - Peran password sangatlah penting. Tak heran jika para hacker yang mencoba meretas demi menemukan akses kata sandi...

Realme 8 5G Meluncur di Indonesia, Harganya Rp3 Juta

Techbiz.id - Memenuhi janjinya, realme Indonesia menghadirkan ponsel 5G, realme 8 5G secara daring, Rabu (16/6). Dibanderol dengan harga...

XL Axiata Permudah Nasabah BCA Beli Paket Data

Techbiz.id - XL Axiata menjalin kerjasama strategis dengan Bank Central Asia (BCA) guna mempermudah pelanggan yang sekaligus nasabah masing-masing pihak untuk mendapatkan...

Ngeri! 8,4 Miliar Password Bocor di Forum Hacker

Techbiz.id - Kebocoran data menjadi masalah yang sangat krusial di era digital. Kini, laporan terbaru bahkan menemukan sebanyak 8,4...

Harga Samsung Galaxy M32 Terungkap Jelang Peluncuran

Techbiz.id - Samsung Galaxy M32 diketahui akan memulai debutnya dalam waktu dekat. Kini jelang peluncuran perdananya, harga Samsung Galaxy...

Techbiz.id – Dalam survei yang dilakukan oleh Swiss Re, perusahaan asuransi dan platform digital memiliki peluang potensi kolaborasi yang akan menguntungkan.

Menjalin kemitraan dan kolaborasi dengan platform dan ekosistem digital akan memberi akses bagi perusahaan asuransi untuk menjangkau jutaan calon nasabah.

- Advertisement -

Menurut Head Client Markets, Life & Health Asia Tenggara Swiss Re, Jolene Loh, perusahaan asuransi dapat memanfaatkan data yang dikumpulkan dari platform, misalnya aplikasi pelacak kesehatan, untuk menghasilkan program kesehatan yang dipersonalisasi dan penilaian risiko yang lebih holistik dengan menggabungkan faktor gaya hidup.

“Dengan demikian, asuransi jiwa dan kesehatan bisa berperan penting saat resiko kesehatan berkembang seiring waktu dan perilaku individu,” ucapnya.

Baca juga: Platform Digital Ubah Lanskap Industri Asuransi

Sementara itu, platform digital dapat memperoleh keuntungan dari diversifikasi bisnis dan loyalitas nasabah yang lebih tinggi dengan menawarkan layanan keuangan online. Kemitraan lintas industri juga dapat menawarkan pengalaman dan keahlian platform digital dalam berbagai domain dengan resiko yang kecil dan anggaran yang lebih hemat untuk biaya pemasaran.

Digitalisasi dikatakan Jolene membuka lebih banyak peluang bagi perusahaan asuransi untuk terus meningkatkan pengalaman nasabah, mulai dari distribusi digital dan penjaminan emisi prediktif hingga manajemen klaim yang efisien. Pada saat yang sama, perusahaan asuransi harus mempersonalisasi penawaran digital mereka untuk meningkatkan jumlah nasabah.

Ketika para responden ditanyai tentang perasaan mereka terhadap perusahaan asuransi yang menggunakan data pribadi mereka untuk menyediakan produk yang dipersonalisasi, 45% responden di Indonesia berpikir bahwa hal ini dapat menguntungkan.

Menurut survei “Going Digital – Insights to Optimise Consumer Appetite for Online Insurance”, konsumen di Indonesia lebih bersedia untuk berbagi informasi umum seperti umur dan pekerjaan, serta informasi kesehatan, seperti tinggi dan berat badan, dengan perusahaan asuransi. Selain itu, terdapat lonjakan hingga 18% responden yang bersedia berbagi lebih banyak informasi jika ada diskon premi.

“Pada tahun 2021, perusahaan asuransi akan memprioritaskan kalibrasi strategi digital mereka dengan hati-hati untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh platform digital. Dengan memanfaatkan keahlian penjaminan emisi dan pengalaman manajemen resiko yang dimiliki Swiss Re, mitra perusahaan asuransi dan platform Indonesia tidak hanya dapat belajar tetapi juga menerapkan wawasan nasabah mereka untuk menjangkau lebih banyak nasabah sehingga mengurangi kesenjangan perlindungan.” ujar Jolene.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Dari Smartwatch Hingga Aksesori Gaming, Realme Ramaikan Pasar AIoT Indonesia

Techbiz.id - Tak hanya sebuah smartphone 5G, realme Indonesia juga turut menghadirkan serangkaian produk AIoT. Jajaran produk AIoT ini...

Artikel Terkait