Sunday, March 7, 2021
Home Telco Begini Perkiraan Kekuatan Layanan Gabungan Tri dan Indosat

Begini Perkiraan Kekuatan Layanan Gabungan Tri dan Indosat

Must Read

5 Smartphone RAM 8GB, Mulai Rp2 Jutaan

Techbiz.id - Kapasitas RAM biasanya menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli sebuah smartphone. Tak heran jika dalam hal ini...

Kantongi TKDN, Xiaomi Mi 11 Ultra Siap Menyapa Indonesia

Techbiz.id - Belum lama merilis Resmi 9T, Xiaomi agaknya siap menghadirkan perangkat baru di Indonesia. Perangkat itu tak lain...

Seagate Sediakan IronWolf untuk Penyimpanan Profesional Kreatif

Techbiz.id - Seagate Technology mengumumkan pembaruan terhadap lini perangkat IronWolf dan IronWolf Pro Network Attached Storage (NAS) untuk penggunaan di...

Selain Kamera 108MP, Ini Fitur Fotografi yang Akan Hadir di Realme 8 Pro

Techbiz.id - Bersamaan dengan peluncuran inovasi kamera, Realme juga menggoda kehadiran Realme 8 Series. Penerus Realme 7 itu akan...

XL Axiata Tawarkan myPRIO X Unlimited Terbaru

Techbiz.id - XL Axiata meluncurkan penawaran terbaru myPRIO X Unlimited terbaru yang memberikan banyak pilihan dengan harga mulai Rp80.000/bulan. Penawaran terbaru...

Techbiz.id – Menyusul pemberitaan bakal merger-nya Indosat dan Tri Indonesia, Opensignal melakukan analisa seperti apa pengalaman mobile bagi pengguna jika kedua operator tersebut bersatu.

Analisa yang dilakukan tersebut menggunakan data periode waktu yang sama seperti analisis laporan pengalaman mobile terakhir Opensignal untuk Indonesia.

- Advertisement -

Analisis kami menggabungkan pengalaman pengguna operator Indosat dan 3 dengan hasil skor yang jatuh antara skor masing-masing kedua operator tersebut,” sebut Opensignal dalam laporannya.

Baca juga: Pengalaman Video Indosat Ooredoo Mengalami Peningkatan

Meskipun Indosat mencetak kecepatan unduh dan unggah rata-rata yang lebih cepat dibandingkan dengan operator Tri, namun operator Tri menunjukkan pengalaman yang lebih baik pada metrik kami yang mengukur pengalaman streaming video dan gaming online.

Hal ini menunjukkan jika kedua operator bergabung, tidak hanya pengguna smartphone dari satu operator saja yang akan melihat pengalaman rata-rata yang meningkat, tetapi pengguna kedua operator tersebut akan melihat peningkatan di sejumlah kategori pengalaman mobile, sementara, juga mengalami penurunan di kategori lain. Hal ini menunjukkan bagaimana dua operator tersebut bersinar pada kategori pengalaman mobile yang berbeda.

pengalaman mobile tri indosat

Dari empat kategori pengalaman mobile yang dianalisis, hanya Pengalaman Mobile Gaming dan Pengalaman Kecepatan Unggah yang menunjukkan gabungan skor yang lebih tinggi dari rata-rata nasional apabila Indosat dan Tri bergabung. Sementara, Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Video berada di bawah rata-rata nasional.

Hal ini karena Telkomsel memiliki pangsa pelanggan mobile terbesar di Indonesia. Artinya, skor Telkomsel memiliki bobot yang lebih besar dalam rata-rata nasional. Akibat Telkomsel memiliki keunggulan besar dalam Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Video, maka akan lebih menantang bagi perusahaan gabungan Indosat-Tri untuk mengejar rata-rata nasional pada dua kategori tersebut.

OpenSignal kemudian menganalisis variasi skor perusahaan gabungan Indosat-Tri secara regional. Pertama, kami melihat skor Pengalaman Video di wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, dan menemukan bahwa Indosat mendapat skor lebih rendah dari operator Tri di ke-empat wilayah tersebut.

Walau skor masing-masing Indosat dan Tri sangat mirip di Jawa dengan selisih hanya 1,4 poin antara kedua operator, namun perbedaannya jauh lebih besar di Sulawesi, Sumatera dan Kalimantan – masing-masing 4,5 poin, 4,7 poin dan 17,6 poin.

Menariknya, hasil skor penggabungan Indosat-3 lebih rendah dua poin dari rata-rata regional di Jawa, Kalimantan dan Sulawesi, namun melebihi rata-rata regional di Sumatera.

Meskipun Indosat mendapatkan Skor Pengalaman Video yang Fair (40-55) di semua wilayah kecuali Jawa, namun skor gabungan tersebut melebihi ambang batas 55 di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, sehingga menghasilkan skor Good (55-65).

Opensignal juga melihat skor Pengalaman Kecepatan Unduh pada empat wilayah yang sama – Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi – dan menemukan bahwa Indosat menunjukkan skor rata-rata yang lebih tinggi di semua wilayah dibandingkan dengan operator Tri, kecuali di Kalimantan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Berbahaya, Ternyata Ada Ribuan Aplikasi yang Bocorkan Data Pengguna

Techbiz.id - Keamanan data pribadi menjadi sangat penting bagi pengguna. Pasalnya, data itu berisikan informasi penting seperti halnya kata...

Artikel Terkait