Friday, May 7, 2021
Home Apps Clubhouse Janji Perbaiki Keamanan Usai Adanya Kebocoran Audio

Clubhouse Janji Perbaiki Keamanan Usai Adanya Kebocoran Audio

Must Read

Tips Mengabadikan Momen Ramadan Bersama Keluarga

Techbiz.id - Mengabadikan momen bersama keluarga merupakan hal yang penting dan berharga untuk kita semua, terutama di saat momen...

Harga Sejutaan, Galaxy M12 Cocok Buat Hadiah Lebaran

Techbiz.id - Samsung Electronics Indonesia (SEIN) secara resmi memperkenalkan varian smartphone terbaru yaitu, Samsung Galaxy M12, yang hadir dengan harga sejutaan mengeksplor passion seharian...

LinkAja Tingkatkan Fungsi Masjid untuk Pemberdayaan Ekonomi

Techbiz.id - LinkAja mendukung optimalisasi fungsi masjid sebagai media pemberdayaan ekonomi umat dengan menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Jami'...

Tingkatkan Daya, Dell Kenalkan PowerStore 500

Techbiz.id - Dell Technologies meningkatkan kinerja sistem storage enterprise Dell EMC PowerStore dengan perangkat lunak dan kapabilitas otomatisasi baru. Dell juga memperkenalkan PowerStore 500, model storage baru...

Samsung Ungkap Kehadiran Galaxy S21 FE

Techbiz.id - Samsung dikabarkan tengah menggarap Galaxy S21 FE sebagai penerus Galaxy S20 Fan Edition (FE). Kehadiran dari ponsel...

Techbiz.id – Salah satu pengguna Clubhouse dilaporkan berhasil menyedot audio dari aplikasi obrolan khusus undangan itu, dan membuatnya dapat diakses dari situs web pihak ketiga. Ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi pengguna.

Menanggapi hal ini, Seorang juru bicara Clubhouse mengatakan bahwa “beberapa ruangan” terpengaruh, dan bahwa pengguna di balik pelanggaran tersebut telah “diblokir secara permanen.”

- Advertisement -

Aplikasi berbasis audio itu juga mengatakan pengamanan telah diberlakukan untuk mencegah insiden itu terulang, tetapi Clubhouse tak memberikan rincian mengapa itu bisa terjadi.

Insiden tersebut menjadi pengingat bagi pengguna Clubhouse untuk berhati-hati dalam berbagi informasi sensitif dalam percakapan yang diadakan melalui aplikasi iOS khusus undangan.

Perlu diketahui, insiden terbaru ini terjadi seminggu usai Clubhouse dikritik karena kerentanan dalam infrastrukturnya.

Sebuah laporan dari Stanford Internet Observatory menemukan bahwa nomor ID Clubhouse unik dan ID ruang obrolan pengguna ditransmisikan dalam teks biasa. Dilansir dari The Verge, secara teoritis ini akan memungkinkan pengamat luar untuk mengetahui siapa saja yang berbicara dalam aplikasi.

Clubhouse juga menggunakan Agora Inc yang berbasis di Shanghai, untuk infrastruktur back-endnya. Sebagai perusahaan China, Agora memiliki kewajiban hukum untuk membantu pihak berwenang China menemukan sumber audio jika dianggap menimbulkan risiko keamanan nasional, kata SIO.

Menanggapi laporan itu, Clubhouse mengatakan pihaknya berencana untuk menambahkan enkripsi dan pemblokiran tambahan untuk mencegah layanan melakukan ping ke server yang berbasis di China, dan akan menyewa perusahaan keamanan eksternal untuk meninjau pembaruan.

Baca juga: Melonjak, Clubhouse Catat Unduhan Lebih dari 8 Juta di App Store

Agora mengatakan kepada SIO bahwa itu hanya menyimpan audio atau metadata pengguna bila diperlukan untuk tujuan penagihan dan pemantauan jaringan.

Dalam sebuah pernyataan Agora mengatakan “tidak memiliki akses ke, berbagi, atau menyimpan data pengguna akhir yang dapat diidentifikasi secara pribadi,” dan tidak mengarahkan “lalu lintas suara atau video dari pengguna yang bukan berbasis di China” melalui China.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Canon ImagePROGRAF PRO-300, Printer Foto Profesional dengan Tinta 10 Warna

Techbiz.id - Canon menghadirkan printer imagePROGRAF PRO-300 yang ditujukan khusus untuk kalangan fotografer profesional, pelaku usaha percetakan, serta para...

Artikel Terkait