Monday, May 17, 2021
Home Fintech DANA Dukung UMKM Toba Beranjak Digital

DANA Dukung UMKM Toba Beranjak Digital

Must Read

Canon Salurkan Donasi Lelang Foto “Selembar Kebaikan”

Techbiz.id - Program lelang foto Canon yang sudah berlangsung dari tanggal 15-30 April 2021 telah berhasil mengumpulkan dana sebesar...

Layanan Data Telkomsel Tumbuh 49% Selama Ramadan

Techbiz.id - Selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB),...

Indosat Ooredoo Salurkan Donasi Ramadan di 10 Kota

Techbiz.id – Indosat Ooredoo menyalurkan ribuan paket bantuan program donasi Ramadan yang terkumpul dari para pelanggan dan karyawan kepada...

ASUS Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip Resmi Debut, Ini Spesifikasinya

Techbiz.id - ASUS secara resmi telah merilis Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip. Bukan di Indonesia, perangkat penerus Zenfone...

Gegara Elon Musk juga Harga Bitcoin Anjlok

Techbiz.id - Elon Musk kembali membuat dunia mata uang kripto geger. Akibat kebijakan baru yang dikeluarkan Tesla terkait penangguhan...

Techbiz.id – Melalui teknologi yang terus dikembangkannya, Dompet digital Indonesia DANA mendukung percepatan transformasi digital UMKM/IKM di wilayah Toba Samosir, Sumatera Utara.

Menurut Chief People & Corporate Strategy Office DANA, Agustina Samara, dukungan tersebut juga menegaskan keseriusan DANA dalam turut mendorong laju pertumbuhan ekonomi kreatif digital di kawasan Toba yang telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas Indonesia.

- Advertisement -

Penegasan komitmen dan dukungan tersebut disampaikan bersamaan dengan partisipasi DANA di kegiatan ‘Roadshow UMKM Siap Digital’ yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang kali ini digelar di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Baca juga: Begini Cara menjaga Keamanan Transaksi di Dana

Roadshow UMKM Siap Digital’ sendiri merupakan serangkaian kegiatan di beberapa provinsi dan menjadi bagian dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang bertujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian nasional melalui pemberdayaan UMKM.

Sebagai bentuk dukungannya untuk mendorong perekonomian kreatif Toba melalui digitalisasi UMKM/IKM, DANA mengadakan pelatihan ‘DANA Bisnis’ dan edukasi bertema ‘UMKM Siap Digital’ di tiga lokasi, yaitu Samosir, Toba, dan Dairi. DANA juga menandatangani nota kesepahaman dengan Institut Teknologi Del (IT Del) sebagai akselerator terselenggaranya digitalisasi UMKM/IKM di wilayah Toba.

DANA Dukung UMKM Toba

Untuk mendukung keberadaan IT Del sebagai akselerator, DANA berkomitmen untuk menyelenggarakan program alih pengetahuan yang bertujuan membangun pemahaman mahasiswa terhadap dunia kerja serta peluang dan potensi industri digital.

Nota kesepahaman antara DANA dan IT Del juga terkait kerja sama kedua belah pihak dalam pengembangan e-retribusi yang menarget delapan kabupaten di sekitar Danau Toba di mana DANA akan memberikan dukungan dari sisi pengembangan teknologi dan implementasinya.

“Teknologi dompet digital DANA yang terus kami kembangkan siap membantu mengakselerasi berlangsungnya digitalisasi UMKM/IKM secara efisien.

UMKM/IKM yang berkomitmen menjadi mitra DANA Bisnis dapat mengoptimalkan penggunaan fitur-fitur DANA Bisnis, bergabung ke dalam ekosistem DANA yang akan terus berkembang dan sinergis.

Selain itu mereka juga bisa memanfaatkan pendampingan dari tim DANA untuk peningkatan kompetensi bisnis mereka di era yang serba terkoneksi dan digital ini, serta mendapatkan dukungan pengurusan izin usaha.

Saat ini, pengguna DANA Bisnis tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk Pulau Sumatera, jumlah pengguna DANA Bisnis mencapai lebih dari 18.000 dan lebih dari 5.500 di antaranya berada di Sumatera Utara, termasuk UMKM di sekitar Danau Toba.

“DANA melihat besarnya potensi ekonomi kreatif kawasan Toba untuk dikembangkan. Dengan dukungan para pemangku kepentingan dan ekosistem ekonomi digital secara keseluruhan, kami optimistis mereka akan mampu meningkatkan kualitas produk dan layanannya, menciptakan kebutuhan pasar yang baru, memperluas jangkauan usaha, serta mempercepat respon pasar yang semuanya merupakan fondasi penting bagi keberlanjutan sebuah bisnis,” kata Agustina.

Untuk itulah DANA sangat mendukung sinergi multiple-helix antara pemerintah pusat dan daerah, dunia pendidikan, pelaku industri serta komunitas seperti yang saat ini terbangun melalui gerakan gotong royong nasional #BanggaBuatanIndonesia.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Gojek-Tokopedia Merger Jadi GoTo, Pengamat: KPPU Harus Mengawasi

Techbiz.id - Gojek dan Tokopedia secara resmi telah mengumumkan merger mereka menjadi GoTo Group. Kolaborasi terbesar di Indonesia ini...

Artikel Terkait