Thursday, April 22, 2021
Home Fintech Dana Ikut Kembangkan Ekonomi Kreatif Danau Toba

Dana Ikut Kembangkan Ekonomi Kreatif Danau Toba

Must Read

Update Harga Samsung Galaxy A01 Core, Gak Sampai Sejuta!

Techbiz.id - Dirilis pada setahun lalu, kini harga Samsung Galaxy A01 Core sudah berubah. Tentunya, perubahan harga dapat saja...

Mengatur Rumah Pintar dengan SmartThings

Techbiz.id - Samsung Galaxy S21 Series 5G hadir dengan sederet fitur-fitur yang dapat mempersiapkan setiap penggunanya untuk masa depan....

Inikah Wujud Ponsel Lipat Samsung Berikutnya?

Techbiz.id - Samsung dikabarkan menjadi salah satu vendor smartphone yang bersiap merilis ponsel lipat anyar tahun ini. Bocoran terbaru...

Paket Kuota Happy untuk Silaturahmi selama Ramadan

Techbiz.id - Menghadapi perubahan aktivitas selama Ramadan akibat pandemi, Tri Indonesia menyediakan berbagai pilihan paket kuota yang terjangkau dengan...

vivo X60 Series Mulai Dijual di Pasar Indonesia

Techbiz.id - vivo Indonesia mengumumkan penjualan perdana smartphone terbarunya dalam program Super Selling Day vivo X60 Series 5G Co-engineered with ZEISS...

Techbiz.id – Dompet digital DANA terus melanjutkan komitmennya untuk turut mendorong pengembangan ekonomi kreatif kawasan Danau Toba melalui partisipasi aktifnya di dalam kampanye #BeliKreatifDanauToba yang diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual pada hari Sabtu, 20 Februari 2021.

Komitmen DANA dalam mendukung #BeliKreatifDanauToba diwujudkan melalui solusi teknologi finansial yang dikembangkannya untuk dimanfaatkan sebagai sarana dalam mendorong percepatan transformasi digital UMKM/IKM Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, yang merupakan satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas Indonesia.

- Advertisement -

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA mengatakan, Danau Toba sebagai satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) memiliki potensi yang sangat besar, termasuk dalam hal menghasilkan produk artisan dari UMKM.

“Untuk memajukan dan meningkatkan kapasitas UMKM/IKM di kawasan Danau Toba, perlu upaya digitalisasi agar mampu berdaya saing dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Transformasi digital merupakan solusi, termasuk bagi UMKM/IKM, untuk bisa beradaptasi dengan berbagai dinamika di era disrupsi digital serta sejumlah tantangan baru akibat pandemi, sehingga bisnisnya tetap tumbuh berkelanjutan,” ujarnya.

Agustina menambahkan, sebagai perusahaan teknologi finansial yang berkomitmen menjadi katalisator bagi ekosistem ekonomi digital, DANA menyadari pentingnya partisipasi layanan aplikasi keuangan digital seperti DANA untuk menjadi motor penggerak di dalamnya.

Ekonomi Kreatif Danau Toba Dana

“Sesuai dengan komitmen DANA sebagai sahabat UMKM, kami mendukung inisiasi-inisiasi pemerintah dengan memanfaatkan teknologi yang kami kembangkan. Kami juga akan terus melanjutkan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pelaku industri, pemerintah daerah dan pusat, hingga kalangan pendidikan dan komunitas,” imbuhnya.

Selama sepekan, DANA ikut menyelenggarakan ‘Roadshow UMKM Siap Digital’ yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di tiga daerah, yaitu Toba, Samosir, dan Dairi. 

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 200 partisipan. DANA juga bekerja sama dengan Institut Teknologi Del untuk mendorong percepatan digitalisasi UMKM dan mengajarkan pula pentingnya digitalisasi untuk mahasiswa.

Melalui kegiatan roadshow tersebut, DANA membantu para UMKM yang ingin terhubung dengan ekosistem digital untuk bergabung dalam DANA Bisnis agar dapat memanfaatkan kemudahan, keamanan, kenyamanan dan keunggulan dari fitur khusus untuk pelaku usaha tersebut.  

Saat ini, pengguna DANA Bisnis tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk Pulau Sumatera, jumlah pengguna DANA Bisnis mencapai lebih dari 18.000 dan lebih dari 5.500 di antaranya berada di Sumatera Utara, termasuk UMKM di sekitar Danau Toba.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

10 Perbedaan OPPO A74 5G dan A74 4G

Techbiz.id - OPPO baru saja menghadirkan perangkat A74 5G dan A74 4G. Tak hanya memiliki konektivitas yang berbeda, OPPO...

Artikel Terkait