Jumat, April 19, 2024

Gak Perlu Kuota, Google Classroom Akan Bisa Diakses Offline

Techbiz.id – Jika biasanya mengakses Google Classroom memerlukan kuota data, dalam waktu dekat kemungkinan pengguna tak perlu repot-repot membeli paket internet. Hal ini lantaran dalam pembaruan fiturnya mendatang, Google mengatakan Classroom akan bisa diakses secara offline.

“Kami memperbarui aplikasi Google Classroom di Android agar berfungsi secara offline atau bekerja dengan koneksi yang berulang,” ujar Google dalam keterangan resminya.

Dengan mode itu, tenaga pengajar dan murid akan dapat mengakses data-data di Classroom tanpa menggunakan internet.

Lebih lanjut, Google menyampaikan pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari mengerjakan dan meninjau tugas, membuka lampiran dari Drive, hingga menulis tugas di Google Docs.

Namun tampaknya Anda harus lebih sabar menunggu, mode offline dalam Classroom rencananya baru akan digulirkan Google pada akhir tahun 2021 ini.

Lebih lanjut, dalam blog resminya, Google juga akan menghadirkan fitur-fitur lain yang membantu pelajar untuk terus belajar. Salah satunya, fitur yang memudahkan pelajar dalam mengirim tugas mereka. Diantaranya, dapat menggabungkan dokumen berupa foto, hingga mengedit gambar seperti memotong atau memutar serta mengatur pencahayaan.

Selain itu, platform Google ini juga memberikan layanan bagi pengajar untuk mengetahui keterlibatan pelajar. Dalam hal ini, pengajar dapat melihat statistik yang relevan tentang cara pelajar berinteraksi dengan kelas, seperti pelajar mana yang mengirimkan tugas atau mengomentari postingan pada hari tertentu.

Baca juga: Google Kembangkan Fitur Anti Pelacakan Untuk Android

Tak hanya itu, pemformatan teks juga akan diperluas dengan menambahkan opsi teks tebal (bold), miring (italic), garis bawah (underline), dan poin (bullet). Fitur ini akan segera hadir pada Google Classroom di semua platform, mulai dari web, iOS, dan Android. Kita tunggu saja.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...