Jumat, April 19, 2024

Google Kembangkan Fitur Anti Pelacakan Untuk Android

Techbiz.id – Google tampaknya tengah mengembangkan fitur baru. Mesin pencarian raksasa itu disebut akan menghadirkan fitur penting bagi pengguna Android.

Menurut Bloomberg, Google sedang mengerjakan sesuatu untuk mencegah pelacakan lintas aplikasi pada perangkat Android, tetapi fitur tersebut masih dalam tahap diskusi awal.

Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa perusahaan “selalu mencari cara untuk bekerja dengan pengembang untuk meningkatkan standar privasi sambil mengaktifkan ekosistem aplikasi yang didukung iklan yang sehat.”

Namun, sumber anonim mengungkapkan Mountain View sebenarnya ingin menemukan keseimbangan antara konsumen dan pengembang yang sadar privasi serta kebutuhan keuangan pengiklan.

Dilansir dari GSMarena, Minggu (7/2/2021), Google adalah salah satu perusahaan iklan digital terkaya, meraup lebih dari $ 100 miliar setiap tahun. Kebanyakan pendapatan ini diperoleh dengan menargetkan pemilik perangkat Android – sering kali, jika pengguna mencari item di Chrome, item yang sama akan muncul di spanduk iklan di aplikasi lain, meskipun itu adalah permainan sederhana.

Baca juga: Masih Awal 2021, Google Sudah Down 2 Kali

Berbeda halnya dengan pengguna iOS. Apple telah mengumumkan pembaruan sistem operasi mereka dengan menyertakan alat Transparansi Pelacakan Aplikasi. Fitur itu akan memungkinkan pengguna iOS untuk lebih mengontrol privasi mereka. Dengan begitu, pengguna iOS akan lebih terlindungi privasinya.

Diharapkan ke depannya, Google akan mengambil langkah serupa, jika seluruh fitur yang dikembangkan telah siap dirilis. Sehingga, nantinya pengguna Android akan lebih terjamin privasi mereka, walaupun di sisi lain tampaknya akan berpengaruh terhadap pendapatan iklan Google.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...