Techbiz.id – Shopee Indonesia baru memberikan pernyataan resmi mereka terkait kasus dugaan plagiarisme lagu iklan yang saat ini sudah menjadi trending topik di Twitter.
Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, menyampaikan bahwa “, Shopee Indonesia berupaya memproduksi materi promosi yang kreatif. Dalam pembuatan setiap materi promosi, kami pastikan bahwa seluruh komponen yang digunakan tidak melanggar hak cipta.”
Dalam keterangan resmi kepada Techbiz, Handhika juga memaparkan kesamaan lantunan antara iklan Shopee dengan salah satu lagu milik Girl Band KPop bukanlah objek plagiarisme.
“Iklan Shopee menggunakan notasi yang berbeda dari lagi tersebut dan tidak dikategorikan sebagai objek plagiarisme,” jelasnya.
Meski demikian, dirinya memastikan pihak Shopee akan mengganti lagu iklan tersebut demi kenyamanan bersama.
Sebelumnya, polemik iklan ini sempat mengundang kemarahan warganet lewat tagar #Shopeebikinmalu. Saat ini, tagar itu masih menduduki posisi teratas dengan mendapat lebih dari 9.000 cuitan.
Baca juga: Ramai Tagar Shopee Bikin Malu, Ada Apa?
Kasus ini pertama kali justru diungkap oleh pengguna Twitter bernama @wxvxjh.
“Pusat perbelanjaan Indonesia, Shopee tampaknya sudah membuat lagu komersial yang menjiplak lagu Oh My Girl Dolphin dalam sebuah iklan. Beberapa hari lalu, sebuah video diunggah ke akun Twitter, tetapi dikatakan bahwa penyebutan penggemar di luar negeri tentang apakah itu mirip dengan Dolphin awalnya disembunyikan dan kemudian tweet itu sendiri dihapus,” ujarnya.
Cuitan itu juga dibubuhi dengan sebuah video iklan Shopee yang diklaim melanggar. Namun, saat ditelusuri, video itu tampaknya sudah dihapus oleh Shopee Indonesia. Apalagi, kini Shopee sudah memastikan akan mengganti lagu tersebut.