Saturday, July 31, 2021
Home Telco Meski Pandemi, XL Antisipasi Kenaikan Trafik saat Imlek

Meski Pandemi, XL Antisipasi Kenaikan Trafik saat Imlek

Must Read

TMI Pimpin Investasi Pre-Series A di Feedloop

Techbiz.id - Telkomsel melalui unit modal ventura, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) mengumumkan investasi Pre Series A di startup Feedloop. Feedloop merupakan startup...

Resmi, Ini Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G

Techbiz.id - Samsung Indonesia baru saja menghadirkan Galaxy Note 20 Ultra 5G. Perangkat ini melengkapi varian reguler yang sudah...

Zoom Punya Fitur Game, Begini Cara Bermainnya

Techbiz.id - Dari awal hingga pandemi berlangsung saat ini, popularitas Zoom kian meningkat. Selain didorong kebutuhan akan perlunya konferensi...

Twitter Uji Tanda Baru untuk Akun yang Kena Suspen

Techbiz.id - Twitter tengah menguji coba tanda khusus berupa notifikasi baru untuk akun pengguna mereka yang terkena suspen atau...

Huawei Nova 8 SE Life Meluncur, Andalkan Fast Charging 40W

Techbiz.id - Selain Huawei P50 Series, Huawei juga merilis Huawei Nova 8 SE Life di China. Smartphone ini hadir...

Techbiz.id – menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2021, XL Axiata telah mempersiapkan jaringannya untuk mendukung kenyamanan aktifitas masyarakat akibat kenaikan trafik pada momen tersebut.

Meskipun berada dalam situasi pandemi, XL Axiata memperkirakan secara nasional akan ada peningkatan trafik data sekitar 5% dibanding hari biasa pada perayaan Imlek. Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota dengan konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di Indonesia.

“Kami tetap melakukan serangkaian persiapan, meskipun potensi kenaikan trafik yang terjadi relatif tidak terlalu tinggi. Kapasitas jaringan kami siapkan hingga dua kali lipat,” ungkap Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Peningkatan trafik diperkirakan akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara potensi kenaikan trafik layanan percakapan (voice) diperkirakan hanya sekitar 2%.

Baca juga: XL Axiata Implementasikan Platform Zero Touch Operation

Sementara itu dari layanan SMS tidak akan mengalami kenaikan. Dibandingkan dengan perayaan tahun sebelumnya, konsumsi data tahun ini diprediksi lebih besar karena perubahan pola aktivitas masyarakat selama masa pandemi yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Sama seperti tahun sebelumnya, kenaikan trafik tahun ini pun diprediksi akan terjadi di beberapa kota yang menjadi pusat perayaan Imlek terbesar di Indonesia antara lain di Singkawang, Pontianak, Medan, Semarang, Bandung, dan Jakarta. Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum diprediksi mengalami peningkatan sekitar 5-10%.

Selain itu, layanan seperti Video Conference Call, Game Online, Web Browsing, dan Instant Messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas pelanggan dan masyarakat yang memang masih dilakukan dari rumah guna menghindari paparan Covid-19.

Peningkatan trafik pengguna data  diperkirakan akan terjadi di beberapa daerah penyangga di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Jepara, Pati, Kudus, Grobogan, dan Karanganyar. Selain itu, peningkatan yang sama diprediksi akan turut terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai dan Simalungun di Sumatera Utara.

“Selain memastikan layanan terbaik menghadapi Imlek tahun ini, kami pun akan terus memantau dan memberikan perhatian lebih kepada sejumlah daerah rawan bencana di Indonesia”, jelas Gede lebih jauh.

Selama perayaan Imlek nanti, XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman dan pusat perbelanjaan. Selain itu, sejumlah antisipasi guna menghadapi kondisi darurat bencana alam juga telah disiapkan. Langkah antisipasi tersebut antara lain berupa menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lenovo dan Zenius Gelar Kompetisi Video Kreatif untuk Guru

Techbiz.id - Lenovo bersama Zenius mengajak guru-guru di seluruh Indonesia untuk mengikuti kompetisi video materi kreatif. Kompetisi ini diadakan...