Monday, August 2, 2021
Home News Palo Alto Kembangkan Keamanan IoT Industri Kesehatan

Palo Alto Kembangkan Keamanan IoT Industri Kesehatan

Must Read

Tri Indonesia Tawarkan Perdana Happy Unlimited 52 GB untuk Belajar Daring

Techbiz.id - Tri Indonesia menghadirkan solusi kuota besar dengan harga hemat melalui Perdana Happy Unlimited 52 GB untuk memenuhi...

Sharp AQUOS Sense4 Plus Sabet Penghargaan Best Screen di Ajang Selular Awards 2021

Techbiz.id - Setelah peluncurannya di awal tahun 2021 lalu, Sharp AQUOS Sense4 Plus terus menunjukkan performa terbaiknya di pasar...

Harganya Sejutaan, realme C11 2021 Hadirkan Baterai 5000mAh

Techbiz.id - realme kembali mengejutkan para penggemarnya dengan meluncurkan realme C11 2021 di Indonesia. Ponsel pintar ini diposisikan sebagai...

Grab Galang Bantuan Untuk Penanganan Pandemi

Techbiz.id - Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Grab didukung oleh 23 Merek favorit nasional menghadirkan kampanye BERSATU Untuk Indonesia, yang...

Startup E-Commerce SODA Siap Ekspansi ke Pasar Indonesia

Techbiz.id - Startup e-commerce Jepang, SODA, yang mengoperasikan SNKRDUNK, akan melakukan ekspansi pasar ke Indonesia setela menerima pendanaan Seri...

Techbiz.id – Palo Alto Networks meluncurkan solusi keamanan Internet of Things (IoT Security) paling komprehensif bagi industri kesehatan.

Keamanan IoT yang dikembangkan Palo Alto Networks mengurai kompleksitas dalam penerapan keamanan pada Internet of Medical Things (IoMT), berkat serangkaian kapabilitas mutakhir yang diperkuat dengan teknologi machine learning (ML) dalam menghadirkan visibilitas, pencegahan, dan enforcement.

Solusi ini mampu menyuguhkan insight yang mendalam pada perangkat-perangkat kesehatan, maupun celah-celah kerentanan (vulnerabilities). Solusi ini diharapkan akan makin meningkatkan keamanan data dan pasien, seperti yang diharapkan oleh tim IT maupun biomedis teknis di rumah-rumah sakit.

Kehadiran IoT membuka beragam peluang baru bagi hadirnya layanan-layanan inovatif nan mutakhir di beragam industri. Namun, tak dipungkiri pula bahwa kehadirannya juga mengundang risiko keamanan. Hal ini berlaku pula di industri layanan medis.

Baca juga: Palo Alto Networks Prediksi Keamanan Siber di 2021

Menurut laporan riset yang disusun oleh Unit 42, terdapat 83 persen peralatan pencitraan medis menggunakan sistem operasi yang sudah usang, padahal 51 persen ancaman keamanan (threats) berkaitan erat dengan jenis peralatan tersebut. Ini tidak saja akan berdampak pada terganggunya kualitas layanan kesehatan, bahkan data pasien juga rentan dicuri.

IoT Security Palo Alto

Palo Alto Networks IoT Security merupakan satu-satunya solusi di industri yang memanfaatkan ML dan telemetri dari hasil urun daya bersama (crowd-sourced telemetry) yang mampu memprofilkan seluruh perangkat yang ada di jaringan dengan cepat dan akurat, bahkan untuk perangkat yang belum dikenali sebelumnya. Solusi ini juga memberi rekomendasi penerapan kebijakan (policy) yang diperkuat oleh teknologi ML, sehingga tak perlu lagi dilakukan secara manual.

Solusi Palo Alto Networks IoT Security dapat memanfaatkan layanan-layanan keamanan terintegrasi yang dihadirkan oleh Palo Alto Network, seperti pencegahan intrusi untuk memblokir exploitsandboxing untuk mendeteksi dan mencegah malware IoT; dan keamanan URL dan DNS untuk menangkal serangan IoT yang dilancarkan melalui web.

Menurut Anand Oswal, senior vice president and general manager, Firewall as a Platform, Palo Alto Networks, pemanfaatan Internet of Medical Things (IoMT) secara optimal pada akhirnya dapat turut meningkatkan kualitas layanan kesehatan, menyelamatkan banyak pasien, serta mendukung upaya penghematan biaya secara signifikan.

Namun di sisi lain, lanjut dijelaskan Anand, jika penerapan sistem keamanannya tidak memadahi, peralatan-peralatan tersebut dapat membawa potensi ancaman yang tidak kecil.

“Kami berkomitmen untuk dapat menghadirkan visibilitas yang menyeluruh, analisis risiko secara mendalam, dan upaya pencegahan yang terintegrasi kepada industri layanan kesehatan, sehingga pengguna dapat mengoptimalkan seluruh manfaat dari teknologi revolusioner ini, sekaligus memangkas munculnya risiko terhadap keamanan pasien maupun data mereka,” pungkasnya.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Grab Galang Bantuan Untuk Penanganan Pandemi

Techbiz.id - Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Grab didukung oleh 23 Merek favorit nasional menghadirkan kampanye BERSATU Untuk Indonesia, yang...