Saturday, March 6, 2021
Home News Qlue Bantu Pertamina Terapkan Prokes Berbasis AI dan IoT

Qlue Bantu Pertamina Terapkan Prokes Berbasis AI dan IoT

Must Read

Oppo Find X3 Pro Jadi Smartphone dengan Satu Miliar Warna

Techbiz.id - Oppo Find X3 Pro yang akan diluncurkan pada Kamis 11 Maret 2021 mendatang diyakini akan menjadi smartphone...

Whatsapp Hadirkan Panggilan Desktop yang Aman

Techbiz.id - Pengguna WhatsApp kini bisa melakukan panggilan suara dan video individual yang selalu privat dan aman melalui aplikasi...

Samsung Pamer Jajaran TV 2021

Techbiz.id - Samsung Electronics memamerkan jajaran produknya di tahun 2021, yaitu lini MICRO LED, Samsung Neo QLED, Lifestyle TV, monitor,...

Hampir Sama, Ini Perbedaan Realme Narzo 30A dan Narzo 20

Techbiz.id - Realme baru saja menghadirkan anggota baru dari Narzo. Dibandrol dengan harga sejutaan, Realme Narzo 30A hampir serupa...

Terungkap, Inikah Harga Redmi Note 10 Pro?

Techbiz.id - Rumor mengenai Redmi Note 10 Series terus beredar. Kali ini giliran harga yang dibandrol Redmi Note 10...

Techbiz.id – Qlue berkolaborasi dengan Pertamina Patra Niaga untuk menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker otomatis, QlueThermal, di sejumlah Pertashop milik Pertamina Retail sepanjang Pulau Jawa.

Kerjasama tersebut dilakukan dalam upaya menekan persebaran Covid-19 dari orang-orang yang melakukan perjalanan terutama saat libur natal dan tahun baru 2021.

- Advertisement -

Penggunaan QlueThermal merupakan salah satu langkah Pertamina Retail dalam memberikan fasilitas pengisian BBM sekaligus membantu mengurangi penyebaran virus corona.

Baca juga: Kawasan JIEP Gunakan Qlue Thermal untuk Prokes Covid-19

Founder dan CEO Qlue, Rama Raditya mengatakan, pada periode libur panjang Oktober dan November lalu, kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Kita semua tentu tidak ingin hal ini terulang kembali. Melalui kolaborasi ini, kami berharap untuk membantu pemerintah dalam menurunkan kurva penyebaran Covid-19.

QlueThermal digunakan untuk menegakkan protokol kesehatan dengan mendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker pengunjung Pertashop. Dengan kata lain, QlueThermal memastikan para pemudik aman dari gejala Covid-19 dan tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

qlue pertamina

Jika ada pemudik yang kedapatan memiliki suhu tubuh tinggi, pemudik tersebut tidak akan diizinkan untuk melanjutkan transaksi pengisian bahan bakar. Guna memastikan hal tersebut, sebanyak 22 perangkat QlueThermal dipasang di rute Jakarta – Cipali – Solo – Semarang – Pejagan – Probolinggo – Malang – Surabaya dan Jakarta – Cibalong – Pangandaran – Garut – Cianjur.

Sejak diimplementasi pada tanggal 19 Desember 2020, perangkat QlueThermal yang terpasang telah berhasil membantu melakukan screening secara otomatis ke lebih dari 16,000 pelanggan Pertashop.

Dari data tersebut, sekitar 18% pelanggan yang mengisi Bahan Bakar pada gerai Pertashop kedapatan tidak disiplin mengenakan masker selama perjalanan. Sementara rata-rata suhu tubuh pelanggan yang terdeteksi adalah 36,4 derajat celcius. 

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial and Trading, Putut Andriatno mengatakan, kolaborasi dengan Qlue merupakan komitmen perusahaan dalam menegakkan protokol kesehatan dan membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19 terutama di Pulau Jawa.

“Kami mempercayai Qlue karena Qlue merupakan karya anak bangsa yang memiliki rekam jejak yang baik di industri smart city dan sudah memberikan dampak sosial yang besar terhadap pembangunan kota-kota di Indonesia.” tambah Putut Andriatno. 

Selain itu, QlueThermal juga membantu memetakan jumlah kendaraan yang melakukan pengisian BBM lewat Pertashop. Dari seluruh perangkat QlueThermal yang terpasang, didapat 3 gerai Pertashop dengan jumlah kendaraan terbanyak yaitu sejumlah 7,7% melakukan pengisian BBM di Pertashop tol Cikampek KM 52B, 7,5% melakukan pengisian di tol Semarang – Solo KM 456A, dan sebanyak 6,4% terdeteksi dari Rest Area Tol Cipali KM 86B.

Dari data yang terkumpul, gerai Pertashop yang berada di Rest Area Tol Pasuruan – Probolinggo KM 819A telah mencatat jumlah terbanyak untuk pelanggan dengan suhu tubuh di atas ambang wajar yaitu sebanyak 70 orang. 

Implementasi QlueThermal menjawab berbagai kesulitan sektor retail dalam menegakkan protokol kesehatan, pasalnya penggunaan thermogun masih rawan dengan kontak langsung dan human error. Ditambah lagi, pengumpulan data pada gerai fisik masih melewati proses perhitungan secara manual.

“QlueThermal membantu kami untuk meminimalisir kontak langsung antara petugas kami di lapangan dan pengunjung, serta membantu kami dalam mendapatkan data terkait penegakkan protokol kesehatan secara real-time dan akurat meski ditempatkan di berbagai lokasi yang berbeda,” tambah Putut Andrianto.

QlueThermal dilengkapi dengan kamera thermal untuk memindai suhu tubuh. Teknologi kecerdasan buatan (AI) memungkinkan perangkat tersebut mengenali lebih dari 100 jenis masker secara otomatis dengan tingkat akurasi sebesar 98,5%.

Data-data tersebut terekam lalu diintegrasikan ke sebuah dashboard yang memiliki kemampuan untuk menganalisis seluruh data seiring berjalannya waktu dan memberikan rekomendasi secara efektif dan akurat.

Dengan demikian, pengguna QlueThermal di berbagai sektor dapat lebih mudah mengambil keputusan yang tepat berkat rangkuman dan visualisasi data yang disediakan oleh dashboard tersebut.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Berbahaya, Ternyata Ada Ribuan Aplikasi yang Bocorkan Data Pengguna

Techbiz.id - Keamanan data pribadi menjadi sangat penting bagi pengguna. Pasalnya, data itu berisikan informasi penting seperti halnya kata...

Artikel Terkait