Friday, May 7, 2021
Home Telco Smartfren Bangun Desa Pintar di Kulon Progo

Smartfren Bangun Desa Pintar di Kulon Progo

Must Read

Unggah Foto di Twitter Tidak Lagi Kena Crop

Techbiz.id - Twitter kembali menghadirkan pembaruan fitur dalam platform sosial media mereka. Kini, pengguna dapat mengunggah gambar di Twitter...

Peluncuran Clubhouse versi Android Kian Dekat

Techbiz.id - Clubhouse versi Android dikabarkan segera meluncur usai cukup lama tersedia hanya bagi pengguna iOS. Hal ini lantaran...

Sederet Bocoran iPhone Lipat: Dari Desain Hingga Jumlah Unit

Techbiz.id - Apple dikabarkan tengah mengembangkan iPhone lipat pertamanya. Seorang analis populer, Ming-Chi Kuo mengatakan ponsel lipat Apple akan...

Sony Hadirkan Kamera Terbaru FX3 di Jajaran Cinema Line

Techbiz.id - Sony Indonesia resmi meluncurkan kamera FX3 (model ILME-FX3) di Indonesia. Kamera paling ringan dan ringkas dari rangkaian...

Erajaya Buka Tiga Gerai Erafone Cloud Retail Partner

Techbiz.id - Erajaya Group resmi membuka tiga gerai Erafone Cloud Retail Partner yang berlokasi di Banjarnegara - Jawa Tengah,...

Techbiz.id – Smartfren Business berhasil mewujudkan pengembangan konsep Smart Village (desa pintar) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pengembangan desa pintar ini untuk membantu menjadikan internet sebagai sarana membuka peluang baru serta memudahkan aktivitas digital bagi seluruh masyarakat Indonesia.

- Advertisement -

Perwujudan Smart Village tersebut dilakukan dengan memanfaatkan One Touch Unified Conferencing (OneTouch UC), sebuah layanan hasil kerjasama Smartfren Business dengan Zoom.

Melalui OneTouch UC, aktivitas pertemuan antar operasi perangkat desa (OPD), kepala desa, dan pengawasan perkembangan desa dapat diselenggarakan secara virtual.

Baca juga: Smartfren Tawarkan Extra Unlimited Malam Buat Begadang

Selain itu, OneTouch UC juga membantu terwujudnya penyuluhan pelaku UMKM yang ada di berbagai desa di Kulon Progo. Koordinasi dan penyuluhan UMKM secara virtual seperti ini juga turut membantu terlaksananya kegiatan produktif masyarakat, sambil tetap memastikan protokol kesehatan. Sepanjang tahun 2020 lalu, total sudah ada 29 desa yang saling terhubung secara digital, dan sebanyak 45 lainnya akan menyusul pada 2021 ini.

Menurut Ari Wibowo, Dewan Pengurus Sinergi Karangsari Mandiri, Kabupaten Kulon Progo, berangkat dari tuntutan protokol kesehatan dan kesulitan melakukan koordinasi dari jarak jauh, Smartfren berhasil membuka peluang baru dengan mengimplementasikan konsep Smart Village di Kulon Progo.

“Kami memilih video teleconference dari OneTouch UC dari Smartfren Business karena terkesan dengan kecepatan layanan serta kemudahan yang diperoleh. Terutama ketika mengadakan teleconference antar OPD di seluruh wilayah Kulon Progo,” ucapnya.

Rangga, CEO Smartfren Business menambahkan, OneTouch UC merupakan salah satu layanan kebanggaan yang menawarkan pertemuan virtual, sehingga seluruh pihak dapat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik walau sambil tetap berada di rumah masing-masing.

Kabupaten Kulon Progo hanyalah salah satu dari sejumlah manfaat positif layanan OneTouch UC untuk masyarakat. Sepanjang 2020 lalu, Smartfren Business juga telah berhasil menerapkannya dalam digitalisasi kampus Universitas Airlangga, Surabaya, guna melancarkan jalannya proses pendidikan.

Adapun proses pendidikan yang dilaksanakan secara virtual meliputi kegiatan tes laboratorium bahasa secara online, lembaga penerimaan mahasiswa baru secara online, hingga pertemuan/koordinasi virtual oleh rektorat. Keberhasilan implementasi ini juga membuat Universitas Airlangga menjadi panutan bagi institusi pendidikan lain di Jawa Timur.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Canon ImagePROGRAF PRO-300, Printer Foto Profesional dengan Tinta 10 Warna

Techbiz.id - Canon menghadirkan printer imagePROGRAF PRO-300 yang ditujukan khusus untuk kalangan fotografer profesional, pelaku usaha percetakan, serta para...

Artikel Terkait