Saturday, July 24, 2021
Home News Tampilan Android 12 Ungkap Desain dan Widget Baru

Tampilan Android 12 Ungkap Desain dan Widget Baru

Must Read

Rilis Besok, Inikah Harga Redmi Note 10 5G di Indonesia?

Techbiz.id - Redmi Note 10 5G dipastikan akan meluncur pada esok hari (22/7). Namun, tahukah kamu berapa harga yang...

Rekomendasi Hp Oppo Harga Rp 1 Jutaan Terbaru 2021

Techbiz.id - Oppo termasuk brand teknologi yang cukup aktif meramaikan pasar handphone (hp) di Indonesia. Hp yang dirilis Oppo...

Alibaba Sediakan Cloud Pin Olimpiade Tokyo 2020 untuk Pekerja Media

Techbiz.id - Alibaba Group menghadirkan Alibaba Cloud Pin, sebuah digital pin berbasis teknologi awan, untuk para pekerja media di...

Rilis Besok, Ini Spesifikasi realme C21Y di Indonesia

Techbiz.id - Realme memastikan perangkat realme C21Y akan hadir pada 19 Juli mendatang. Lantas, Bagaimana dengan spesifikasi realme C21Y? Spesifikasi...

WhatsApp Uji Fitur Cadangkan Pesan di Cloud dengan Enkripsi

Techbiz.id - WhatsApp dikabarkan tengah melakukan uji coba fitur untuk mencadangkan pesan lewat cloud yang terenkripsi. Fitur itu akan tersedia...

Techbiz.id – Sistem operasi Android milik Google berikutnya diperkirakan segera hadir. OS bernama Android 12 itu kini terungkap bawa desain serta widget baru.

Itu merupakan pertama kalinya sistem operasi penerus Android 11 hadir. Melalui gambar yang beredar, terlihat bahwa user interface (UI) Android 12 tampil lebih sederhana dengan perpaduan warna solid.

Adapun widget baru sendiri menampilkan isi obrolan dan notifikasi lain dari lawan bicara di aplikasi perpesanan. Widget baru ini tak hanya hadir di menu pull-down notifikasi, tetapi juga pada home screen perangkat.

Selain itu, untuk area notifikasi kini punya ciri khas tersendiri, yakni tak lagi transparan. Google tampaknya menambahkan ornamen warna beige solid.

Sementara, di sisi lain, warna status bar yang memuat jam, indikator sinyal, dan baterai tampak lebih sederhana. Letak masing-masing ikon juga diubah, meliputi posisi jam kini berada di sisi pojok kiri atas, bukan di kanan atas seperti sebelumnya.

Tampaknya widget baru juga hadir dengan versi Android yang lebih baru. Ada widget Percakapan baru, menyoroti pesan terbaru, panggilan tak terjawab, serta status aktivitas. Ukuran widget kecil dan hanya satu item yang muncul dalam satu waktu. Area akses cepat sekarang menampung lebih sedikit ikon, membuatnya lebih mudah diakses.

Lebih lanjut, tampaknya OS baru Google ini juga akan hadir dengan indikator privasi baru berupa ikon kamera dan mikrofon. Ikon kecil yang berada di pojok kanan atas, akan memberitahukan jika kamera atau mikrofon sedang digunakan.

Mengetuk ikon itu akan mengungkapkan aplikasi mana yang sedang mengakses mikrofon atau kamera, serta akan ada cara cepat untuk menonaktifkan akses, seperti dilansir dari Gizmochina, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Google Kembangkan Fitur Anti Pelacakan Untuk Android

Serangkaian bocoran gambar di atas diduga berasal dari dokumen internal Google untuk mendemonstrasikan Android 12 ke para vendor rekanan. Meski demikian, bisa saja tampilan akhirnya akan berbeda.

Kabarnya, Google akan merilis Android 12 tahap awal versi beta dan Developer Preview pada akhir bulan ini. Dengan begitu, diharapkan tampilan dan fitur-fitur baru dari OS Google itu bakal diketahui dengan lebih detil dalam waktu dekat.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Pengguna Vivo Sudah Bisa Nikmati 5G, Begini Caranya

Techbiz.id - Pengguna smartphone Vivo yang telah mendukung jaringan 5G, yaitu vivo V21 5G, vivo X60, dan vivo X60...