Kamis, April 25, 2024

Tampilan Android 12 Ungkap Desain dan Widget Baru

Techbiz.id – Sistem operasi Android milik Google berikutnya diperkirakan segera hadir. OS bernama Android 12 itu kini terungkap bawa desain serta widget baru.

Itu merupakan pertama kalinya sistem operasi penerus Android 11 hadir. Melalui gambar yang beredar, terlihat bahwa user interface (UI) Android 12 tampil lebih sederhana dengan perpaduan warna solid.

Adapun widget baru sendiri menampilkan isi obrolan dan notifikasi lain dari lawan bicara di aplikasi perpesanan. Widget baru ini tak hanya hadir di menu pull-down notifikasi, tetapi juga pada home screen perangkat.

Selain itu, untuk area notifikasi kini punya ciri khas tersendiri, yakni tak lagi transparan. Google tampaknya menambahkan ornamen warna beige solid.

Sementara, di sisi lain, warna status bar yang memuat jam, indikator sinyal, dan baterai tampak lebih sederhana. Letak masing-masing ikon juga diubah, meliputi posisi jam kini berada di sisi pojok kiri atas, bukan di kanan atas seperti sebelumnya.

Tampaknya widget baru juga hadir dengan versi Android yang lebih baru. Ada widget Percakapan baru, menyoroti pesan terbaru, panggilan tak terjawab, serta status aktivitas. Ukuran widget kecil dan hanya satu item yang muncul dalam satu waktu. Area akses cepat sekarang menampung lebih sedikit ikon, membuatnya lebih mudah diakses.

Lebih lanjut, tampaknya OS baru Google ini juga akan hadir dengan indikator privasi baru berupa ikon kamera dan mikrofon. Ikon kecil yang berada di pojok kanan atas, akan memberitahukan jika kamera atau mikrofon sedang digunakan.

Mengetuk ikon itu akan mengungkapkan aplikasi mana yang sedang mengakses mikrofon atau kamera, serta akan ada cara cepat untuk menonaktifkan akses, seperti dilansir dari Gizmochina, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Google Kembangkan Fitur Anti Pelacakan Untuk Android

Serangkaian bocoran gambar di atas diduga berasal dari dokumen internal Google untuk mendemonstrasikan Android 12 ke para vendor rekanan. Meski demikian, bisa saja tampilan akhirnya akan berbeda.

Kabarnya, Google akan merilis Android 12 tahap awal versi beta dan Developer Preview pada akhir bulan ini. Dengan begitu, diharapkan tampilan dan fitur-fitur baru dari OS Google itu bakal diketahui dengan lebih detil dalam waktu dekat.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...