Saturday, July 24, 2021
Home Telco XL Axiata Akan Fiberisasi 9000 Sites untuk Persiapkan 5G

XL Axiata Akan Fiberisasi 9000 Sites untuk Persiapkan 5G

Must Read

Tampilkan Desain Menawan, realme GT Master Edition Resmi Meluncur

Techbiz.id - realme telah memperkenalkan realme GT Master Edition di Tiongkok pada 23 Juli 2021. Smartphone edisi khusus ini...

Mengintip Spesifikasi Redmi Note 10 5G yang Tiba Pekan Ini

Techbiz.id - Xiaomi memastikan Redmi Note 10 5G akan meluncur pada 22 Juli mendatang. Lantas bagaimana spesifikasi Redmi Note...

Alibaba Punya Teknologi Kurangi Resiko Heatstroke

Techbiz.id - Untuk mengurangi resiko terkena heatstroke atau sengatan panas selama musim panas di Tokyo, Alibaba Group mengumumkan solusi berbasis teknologi cloud baru...

Huawei Sediakan Layanan Belanja Dari Rumah, Ada Promo

Techbiz.id - Huawei meningkatkan layanannya dalam rangka mendukung penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dengan memperkenalkan inisiatif terbarunya,...

Rekomendasi Hp Oppo Harga Rp 1 Jutaan Terbaru 2021

Techbiz.id - Oppo termasuk brand teknologi yang cukup aktif meramaikan pasar handphone (hp) di Indonesia. Hp yang dirilis Oppo...

Techbiz.id – PT XL Axiata (EXCL) menyampaikan akan tetap melakukan fiberisasi jaringan di 2021. Langkah ini diambil operator tersebut sebagai bagian dari persiapan 5G.

Setidaknya di tahun ini, XL mengatakan akan memfiberisasi 9000 menara jaringan (sites). Seperti yang disampaikan oleh I Gede Darmayusa, Group Head Technology Strategy and Architecture EXCL, per akhir tahun 2020, XL Axiata telah melakukan fiberisasi pada 10.500 sites yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Jadi, secara total akan ada sekitar 19.000 sites yang telah terfiberisasi pada tahun 2021,” ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (16/2/2021).

Dirinya memaparkan fiberisasi jaringan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas data terkait kesiapan adanya jaringan 5G nanti. Dalam hal ini, perusahaan mengaku telah mengganti peralatan dan perlengkapannya yang siap untuk 5G.

Di samping itu, jaringan inti XL Axiata dikatakan juga telah mengggunakan teknologi terbaru. Hal ini juga berlaku dengan jaringan backbone dan upstream dinilai telah memiliki kapasitas cukup.

Dengan begitu, I Gede menilai XL Axiata sudah siap apabila adanya lonjakan permintaan data saat teknologi jaringan 5G sudah diimplementasikan. XL sendiri memprediksi 5G tak akan hadir di tahun ini.

Baca juga: XL Axiata Akui Siap Merger dengan Operator Lain

Seperti yang disampaikan oleh Budi Pramantika, Direktur & Chief Financial Officer XL Axiata, menyebutkan jika penerapan 5G di Indonesia baru akan terjadi 3-5 tahun kedepan. Hal ini lantaran masih terbentur dengan kesiapan infrastruktur dan ketersediaan handset 5G yang belum ramah dikantong.

Meski begitu, XL Axiata mengaku tetap membangun jaringan. Tercatat akhir 2020, XL Axiata memiliki total lebih dari 144 ribu BTS. Jumlah ini meningkat sekitar 11% YoY, dimana sebanyak 54.297 merupakan BTS 4G.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Pengguna Vivo Sudah Bisa Nikmati 5G, Begini Caranya

Techbiz.id - Pengguna smartphone Vivo yang telah mendukung jaringan 5G, yaitu vivo V21 5G, vivo X60, dan vivo X60...