Jumat, April 19, 2024

Black Shark 4 Series Tiba dengan Chipset Andalan dan Layar 144Hz

Techbiz.id – Usai banyak rumor beredar, Black Shark 4 Series secara resmi diperkenalkan. Bukan di Indonesia, ponsel gaming itu pertama kali debut di China. Xiaomi kali ini memperkenalkan dua perangkat sekaligus, meliputi Black Shark 4 dan 4 Pro.

Keduanya memiliki spesifikasi yang hampir identik. Perbedaan hanya terlihat pada chipset, RAM dan kamera yang dibawa pada setiap ponsel gaming generasi keempat, seperti dilansir dari GSMarena, Rabu (24/3).

Black Shark 4

Soal chipset, Black Shark 4 Pro ditopang dengan Snapdragon 888 yang sudah dibekali sistem pendingin cair dua lapis. Lapisan pertama berada tepat di bawah layar, mengapit chipset dan bagian dalam berharga lainnya dengan lapisan kedua.

Xiaomi mengatakan ini akan meningkatkan pembuangan panas hingga 30% dan menurunkan suhu CPU hingga 18 derajat Celcius. Sementara versi reguler dari ponsel gaming ini mengandalkan chipset Snapdragon 870.

Adapun perbedaan besar lainnya, terlihat pada versi andalan yang hadir dengan fitur Xiaomi RAMDISK yang menggunakan RAM sebagai penyimpanan disk untuk meningkatkan kinerja aplikasi tertentu.

Black Shark 4 Pro

Lebih lanjut, departemen fotografi Black Shark 4 Pro mengusung tiga kamera yang tersusun atas kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera 5MP. Sedangkan, versi reguler yang juga mengemas tiga kamera membawa lensa utama 48MP dengan dua lensa yang serupa versi Pro (ultrawide 8MP + kamera 5MP).

Selain itu, kedua ponsel gaming terbaru menawarkan kamera 20MP di bagian depan untuk mendukung kebutuhan selfie. Lensa itu tersemat pada lubang di layar AMOLED dengan bentang seluas 6,67 inci.

Layar smartphone itu memiliki kemampuan refresh rate 144Hz dan touch sampling rate 720Hz untuk mendukung pengalaman gaming yang semakin intens. Xiaomi juga melengkapinya dengan baterai 4.500mAh bersama pengisian cepat 120W.

Dalam peluncurannya, teknologi super cepat itu berhasil mempercepat pengisian daya dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 14 menit 50 detik. Kedua ponsel gaming ini menjalankan JOYUI 12.5 berbasis Android 11.

Sistem antarmuka itu memiliki banyak fitur yang dirancang untuk mengalokasikan sumber daya sebanyak mungkin untuk bermain game dan mencegah pemberitahuan yang mengganggu.

Perangkat gaming ini juga dilengkapi dengan tombol bahu tekanan yang mengenali ketukan ringan dan tekanan kuat, memungkinkan Anda melakukan hal yang berbeda dengan masing-masing perangkat. Ada juga dua tombol daya serta pemindai sidik jari. Tersedia tiga varian warna, yakni magic black, plain black, dan plain silver.

Baca juga: Black Shark 4 Pro Catat Hasil Terbaik dalam Uji Audio

Black Shark 4 dibanderol dengan harga mulai dari 2.449 yuan (Rp 5,5 juta). Perangkat tersedia dalam tiga opsi RAM (6GB, 8GB, 12GB) dengan satu opsi penyimpanan internal (128GB).

Sedangkan, untuk versi Pro dijual mulai 3.999 yuan (Rp 8,8 juta). Adapun tersedia dalam tiga opsi RAM (8GB, 12GB dan 16GB) dengan dua opsi penyimpanan internal (256GB dan 512GB).

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...