Thursday, April 22, 2021
Home Fintech DANA Ungkap Karakteristik Penggunanya Selama Pandemi

DANA Ungkap Karakteristik Penggunanya Selama Pandemi

Must Read

Redmi K40 Gaming Edition Jadi Ponsel Gaming Berikutnya

Techbiz.id - Kelangkaan stock chip prosesor ternyata tidak mengurungkan niat Xiaomi untuk merilis ponsel gaming mereka yakni Redmi K40...

XL Axiata Operasikan BTS USO di Sumatera Selatan

Techbiz.id - XL Axiata melanjutkan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data dengan mengoperasikan BTS yang dibangun melalui skema Universal Service...

Lalamove Antisipasi Lonjakan Kiriman saat Ramadan

Techbiz.id - Menyambut Ramadan tahun 2021 ini, Lalamove kembali siap menghadapi lonjakan pengiriman yang diprediksi akan lebih meningkat dikarenakan...

Tips Berolahraga Saat Puasa dengan OPPO Band

Techbiz.id - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bukan alasan bagi kamu untuk malas bergerak, apalagi sampai “puasa berolahraga”....

Dunia Games League Kembali Digelar Telkomsel

Techbiz.id - Telkomsel menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games League (DGL) 2021. Pendaftaran dari kompetisi tersebut...

Techbiz.id – Selama masa pandemi, DANA memantau adanya peningkatan pada geliat pelaku usaha di berbagai bidang. Hal ini direfleksikan dalam catatan DANA pada setahun terakhir ini.

Catatan tersebut dijelaskan CEO dan Co-Fouder DANA, Vince Iswara, menunjukkan pertumbuhan hingga 125% pada mitra usaha yang menggunakan DANA Bisnis dan memanfaatkan QRIS dalam setahun terakhir.

- Advertisement -

“Menariknya, pertumbuhan ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar di Indonesia. DANA juga mencatat bahwa pertumbuhan terjadi cukup merata di wilayah lainnya dan dengan persentase pertumbuhan yang tak kalah mengagumkan,” ungkap Vince.

Lima provinsi yang mengalami pertumbuhan DANA Bisnis diantaranya adalah Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Kelimanya menduduki posisi lima teratas untuk provinsi dengan penyerapan DANA Bisnis yang pesat dengan kenaikan tertinggi mencapai lebih dari 700%.

Baca juga: DANA Mudahkan Milenial Rencanakan Keuangannya

Di samping jumlahnya yang melesat, tren bisnis selama pandemi juga terbilang unik. Berdasarkan data yang dimiliki DANA, jenis usaha yang banyak didaftarkan melalui DANA Bisnis tidak hanya terbatas pada bisnis kuliner dan artisan. DANA justru menangkap tren baru di mana mitra DANA Bisnis yang paling banyak bermunculan berkisar pada jenis usaha hobi, seperti toko hobi dan gim, tanaman, hingga jasa.

Lonjakan pertumbuhan yang terjadi dalam DANA Bisnis didukung oleh sinergi yang tepat antara DANA dan pemerintah serta kepercayaan masyarakat terhadap transaksi digital yang kian menguat.

Meski pembatasan kontak fisik masih diterapkan, DANA tetap memaksimalkan upaya-upaya edukasi secara daring untuk UMKM melalui berbagai program. Salah satunya Kelas DANA Bisnis yang merupakan pelatihan berkelanjutan bagi mitra DANA Bisnis untuk memajukan usahanya.

Upaya DANA untuk ikut menggerakkan roda perekonomian selama pandemi pun tidak berhenti sampai di sana. Sejumlah inisiasi lain juga sempat dihadirkan untuk membantu pengguna dalam beraktivitas.

Misalnya, DANA menghadirkan DANA Siaga Covid-19 yang bertujuan untuk memudahkan akses pengguna dalam memperoleh beragam informasi edukatif terkait COVID-19, melakukan diagnosis kesehatan secara mandiri, hingga melakukan donasi digital guna membantu penyediaan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan, serta pembiayaan pengobatan masyarakat yang terdampak COVID-19.

Lewat miniprogram ini, DANA bekerjasama dengan Kitabisa.com juga berhasil menghimpun donasi digital sebesar Rp580 juta untuk penyediaan APD. Selain itu, melalui kolaborasi dengan Habitat for Humanity, Kitabisa dan Benihbaik, DANA Siap Siaga Covid-19 berhasil mengumpulkan donasi Rp250 juta untuk membantu penyediaan tempat singgah layak bagi tenaga kesehatan yang berjuang di garda depan penanggulangan Covid-19. 

Sepanjang 2020, DANA meluncurkan sedikitnya 20 fitur untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan yang muncul serta ikut mendorong perekonomian nasional, khususnya UMKM yang sangat terdampak pandemi.

DANA menyediakan fitur Pendataan Warung  yang mendukung kampanye #BelanjadiWarungTetangga yang diinisiasi Kementerian Koperasi dan UKM yang memungkinkan pengguna DANA untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggalnya yang mengalami kesulitan akibat pandemi.

Selain itu, ada juga fitur DANA Delivery yang memudahkan masyarakat maupun UMKM melakukan pengiriman barang. DANA juga dipercaya menjadi salah satu platform digital untuk penyaluran dana insentif Program Kartu Prakerja.

“DANA berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi yang tepercaya, ramah dan mudah digunakan serta bisa diakses oleh siapapun, juga bersinergi dengan mata rantai ekosistem perekonomian digital guna meningkatkan kontribusi terhadap masyarakat maupun perekonomian Indonesia,” tandas Vince.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

10 Perbedaan OPPO A74 5G dan A74 4G

Techbiz.id - OPPO baru saja menghadirkan perangkat A74 5G dan A74 4G. Tak hanya memiliki konektivitas yang berbeda, OPPO...

Artikel Terkait