Sunday, April 18, 2021
Home Devices Diduga Curang, AnTuTu Hapus Benchmark Realme GT

Diduga Curang, AnTuTu Hapus Benchmark Realme GT

Must Read

Asus Hadirkan Proyektor LED H1, Lebih Tajam dan Terang

Techbiz.id - ASUS hmenghadirkan proyektor LED H1, dengan sumber cahaya terang - 3000 lumen LED,  yang memungkinkannya memproyeksikan visual...

Asus Mini PC PB62 Hadir dengan Performa Luar Biasa

Techbiz.id - ASUS menghadirkan Mini PC PB62, komputer tahan banting yang menghadirkan performa luar biasa untuk kebutuhan fleksibilitas, perluasan...

Pengiriman PC Global Melonjak 55 Persen di Q1 2021

Techbiz.id - Meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, pengiriman PC global justru dilaporkan berkembang pesat pada kuartal pertama tahun ini. Menurut...

Tips Berolahraga Saat Puasa dengan OPPO Band

Techbiz.id - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bukan alasan bagi kamu untuk malas bergerak, apalagi sampai “puasa berolahraga”....

Ramadan Praktis Pakai DANA Berhadiah Rp150 Juta

Techbiz.id - Guna mendukung aktivitas selama Ramadan, DANA menggelar program “Ramadan Praktis Pakai DANA” yang menghadirkan penawaran-penawaran menarik serta...

Techbiz.id – Platform pengukur kinerja ponsel populer, AnTuTu mengungkap sebuah pernyataan resmi yang terkait kecurangan. Salah satu vendor smartphone, Realme disebut telah melakukan sebuah kecurangan dengan memalsukan hasil Benchmark mereka.

Adapun hasil Benchmark yang dilaporkan merupakan milik Flagship perusahaan, yakni Realme GT. AnTuTu mengklarifikasi bahwa Realme GT mencetak sekitar 750.000 poin di AnTuTu. Ini adalah skor yang bagus di antara smartphone di pasar yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888.

- Advertisement -

Namun, hal berbeda ditemukan ketika AnTuTu melakukan analisisnya sendiri. Selama pengujian, ditemukan bahwa skor yang diperoleh ponsel bukanlah perwujudan dari kekuatan sebenarnya, melainkan ada indikasi kecurangan.

Dalam hal ini, AnTuTu menerangkan Realme GT melakukan kecurangan di bagian multithreaded workload dan JPG decoding dimana perusahaan menggunakan taktik “three delay” untuk menjalankan uji coba multithread pada inti CPU tercepatnya sebanyak mungkin.

Baca juga: Realme Konfirmasi Kehadiran C25 dan C21 di Indonesia

Realme dikatakan juga memodifikasi gambar referensi dalam uji JPG decoding AnTuTu. Alih-alih memproses gambar aslinya sesuai tujuan benchmark, Realme GT menggunakan gambar yang kualitasnya lebih rendah sehingga waktu prosesnya lebih cepat.

Hingga pada akhirnya, AnTuTu mencatat bahwa kedua taktik tersebut bertentangan uji Benchmark. Akibatnya, perusahaan pengujian kinerja tersebut telah menghapus skor Realme GT selama tiga bulan.

AnTuTu juga memperingatkan Realme bahwa ponsel flagship itu akan selamanya tidak tercantum jika caranya menjalankan benchmark tetap tidak berubah.

Menanggapi hal ini, Xu Qi Chase selaku CMO Realme menyampaikan bahwa “Skor benchmark kami adalah data sebenarnya dari hasil pengujian berdasarkan versi (AnTuTu) saat ini,” melalui sebuah posting di Weibo.

Kecurangan Banyak Dilakukan Vendor Smartphone

Dilansir dari Android Authority (17/3), Realme bukanlah perusahaan pertama yang melakukan kecurangan dalam benchmark.

Tahun lalu, beberapa ponsel yang ditenagai MediaTek dilaporkan melakukan kecurangan dalam tes PCMark. Brand lain seperti Samsung, Huawei, OnePlus, dan Meizu juga telah dituduh melakukan hal yang serupa.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Tips Bikin Ramadan yang Menyenangkan dengan HP Sejutaan

Techbiz.id - Ramadan selalu jadi momen berkesan bersama dengan keluarga, teman sekelas dulu maupun sahabat masa kini. Untuk kedua kalinya...

Artikel Terkait