Sabtu, April 20, 2024

Facebook Hadirkan Instagram Lite, Hanya Butuh Ruang 2MB

Techbiz.id – Facebook akhirnya menghadirkan Instagram Lite. Aplikasi yang serupa Instagram itu kini memiliki versi yang lebih ringan untuk dijalankan dalam smartphone.

Singkatnya, Instagram Lite merupakan aplikasi yang hanya memerlukan ruang penyimpanan sebesar 2MB untuk diunduh. Ini jauh lebih minim dibandingkan dengan Instagram reguler yang memakan sampai 30MB.

Meski hanya memerlukan kapasitas yang minim, versi Lite tetap menghadirkan fitur penting untuk pengalaman pengguna seperti mode gelap, GIF, dan Reels, seperti dilansir dari Phonearena (11/3).

Sementara, untuk menekan kapasitas tersebut beberapa fitur disesuaikan oleh Facebook. Seperti halnya, animasi, termasuk filter AR. Tak heran, pasalnya fitur tersebut mengonsumsi banyak data. Fitur Instagram Shop juga tidak dapat ditemukan.

Tak ketinggalan, Facebook juga menyesuaikan beberapa ikon, transisi yang tampil jadi lebih sederhana dari biasanya. Diantaranya ikon tempat sampah untuk menghapus foto atau video juga diganti dengan ikon “X”.

Baca juga: Ikuti Tren, Instagram Garap Aplikasi Serupa Clubhouse

Sejauh ini, Facebook mengumumkan kehadiran Instagram Lite secara resmi akan meluncur di 170 negara. Namun, pemilik Instagram itu tak merinci negara mana saja yang akan kebagian aplikasi versi Lite, termasuk Indonesia.

Setidaknya, perusahaan menyebut India dan Brasil sebagai dua dari negara target yang dituju. Namun, Facebook menjanjikan aplikasi segera memulai debutnya di global. “Kami akan merilisnya secara global segera,” tulis Instagram.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...