Kamis, April 25, 2024

Instagram Hadirkan Fitur Baru yang Melindungi Pengguna di Bawah Umur

Techbiz.id – Instagram mencoba menjadikan platform sosial media mereka lebih aman untuk kategori pengguna tertentu, seperti halnya anak di bawah umur. Belakangan ini, Instagram memperkenalkan serangkaian fitur yang membatasi interaksi antara pengguna Instagram untuk melindungi privasi mereka.

Dalam hal ini, perubahan terbaru yang diumumkan oleh Instagram dimaksudkan untuk melindungi pengguna di bawah umur dari orang dewasa yang tidak mengikutinya.

Perubahan baru ini akan mencegah percakapan antara orang dewasa dan remaja yang tidak mengikuti satu sama lain. Saat orang dewasa mencoba mengirim pesan ke remaja di Instagram yang tidak mengikuti mereka, mereka akan menerima pemberitahuan bahwa DM bukanlah pilihan.

Fitur Instagram

Selain perubahan ini, Instagram akan menerapkan petunjuk untuk mendorong remaja agar lebih berhati-hati dalam percakapan dengan orang dewasa yang sudah terhubung dengan mereka. Dilansir dari Engadget (17/3), Instagram juga akan memberi tahu remaja ketika orang dewasa yang telah berinteraksi dengan mereka melalui pesan langsung.

Platform sosial media itu akan mengirimkan notifikasi bahwa “menunjukkan perilaku yang berpotensi mencurigakan”. Adapun pesan ini biasanya dikirim ke remaja jika orang dewasa mengirim banyak teman atau permintaan pesan kepada orang-orang di bawah 18 tahun, dan berisi berbagai opsi seperti memblokir, melaporkan, atau membatasi orang dewasa yang bersangkutan.

Baca juga: Facebook Hadirkan Instagram Lite, Hanya Butuh Ruang 2MB

Tak sampai disitu, Instagram mengumumkan bahwa dalam beberapa minggu mendatang akan semakin mempersulit orang dewasa yang telah “menunjukkan perilaku yang berpotensi mencurigakan” untuk berinteraksi dengan pengguna Instagram di bawah umur. Banyak dari perubahan ini akan diterapkan di beberapa negara bulan ini, tetapi akan tersedia di mana saja pada akhir tahun.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...