Jumat, April 19, 2024

Lewat Live Rooms, Instagram Kini Bisa Siaran Langsung Bareng 4 Orang

Techbiz.id – Instagram mulai menggulirkan fitur baru Live Rooms. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung bersama dengan beberapa orang sekaligus.

Sebelumnya, fitur Live Rooms sudah diperkenalkan sejak Desember 2020 lalu, tetapi kini sudah hadir bagi semua pengguna Instagram versi terbaru.

“Hari ini, kami meluncurkan Live Rooms yang memberikan Anda ruang untuk melakukan Live Streaming bersama tiga orang lainnya,” tulis Instagram dalam blog resminya, dikutip Selasa (2/3).

Seperti yang sudah disebutkan, melalui Live Rooms pengguna bisa mengajak tiga teman lainnya untuk melalukan siaran langsung. Ini sebuah peningkatan yang cukup baik, mengingat sebelumnya hanya bisa mengajak satu pengguna saja.

Fitur ini pun dihadirkan sejalan dengan meningkatnya tren live streaming selama pandemi Covid-19. Apalagi, saat ini platform digital menjadi solusi selama melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Seperti halnya, melakukan obrolan serta wawancara secara virtual. 

“Sejak awal pandemi Covid-19, kami melihat banyak orang di Instagram memanfaatkan fitur Instagram Live untuk berbagai hal seperti obrolan mengenai kesehatan, pedoman Covid-19, wawancara dengan selebritas, atau challenge tertentu,” tulis Instagram.

Tambahkan Monetisasi ‘Badges

Selain menambah kapasitas live streaming, Instagram juga menghadirkan fitur Badges di dalam Live Rooms. Fitur ini merupakan bendjk dukungan Instagram kepada para konten kreator untuk membuka monetisasi baru.

Dalam laman resminya, Instagram mengatakan fitur ini akan membantu kreator untuk memperoleh pendapatan dari penjualan lencana saat melakukan siaran live streaming.

Adapun lencana bisa dibeli saat influencer atau konten kreator melakukan live streaming sebagai cara bagi followers mereka untuk menunjukkan dukungannya. Fitur ini sebenarnya serupa dengan Tip yang ada di Twitch dan YouTube.

Bagi Kalian yang ingin mendapatkan fitur terbaru Instagram, pastikan mengunduh versi update dari aplikasi baik melalui App Store maupun Play Store.

Baca juga: Instagram Akan Blokir Akun yang Mengirim Pesan Rasis

Perlu diketahui juga, saat ini Instagram sudah meningkatkan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna dapat menyembunyikan komentar negatif saat siaran berlangsung.

Dengan begitu, penonton yang melanggar Pedoman Komunitas Instagram nantinya tidak akan diizinkan untuk bergabung dalam Live Rooms.

Apalagi, kini pengguna Instagram yang berperan sebagai host memiliki wewenang untuk memblokir penonton tertentu agar tidak bergabung dalam siaran tersebut.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...