Thursday, April 22, 2021
Home Fintech Naik Andong di Yogyakarta Bayar Pakai DANA

Naik Andong di Yogyakarta Bayar Pakai DANA

Must Read

Laptop Predator Kolaborasi Bareng Never Too Lavish

Techbiz.id - Setelah sukses menggandeng seniman Darbotz, laptop Predator kembali hadir dengan terobosan dan inovasi terbaru untuk mendukung para...

Mengatur Rumah Pintar dengan SmartThings

Techbiz.id - Samsung Galaxy S21 Series 5G hadir dengan sederet fitur-fitur yang dapat mempersiapkan setiap penggunanya untuk masa depan....

14 Fitur Terbaik dari Prosesor Mediatek Dimensity 1200

Techbiz.id - Belum lama ini produsen chipset Mediatek merilis prosesor 6 nm miliknya, yakni Mediatek MT6893 atau lebih dikenal...

Solusi Mencuci Pintar dengan Samsung Smart EcoBubble Washer

Techbiz.id - Samsung Electronics Indonesia menghadirkan solusi mencuci pakaian yang bersih sekaligus juga hemat daya dengan meluncurkan mesin cuci Samsung...

Xiaomi Sediakan Panduan Belanja Selama Ramadan

Techbiz.id - Xiaomi meluncurkan panduan belanja produk smartphone dan AIoT yang menemani setiap momen bulan Ramadan berisi rekomendasi produk...

Techbiz.id – Melalui program QRIS Gumaton yang diprakarsai oleh Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), DANA menyediakan pembayaran digital pada 60 andong Yogya.

Program ni merupakan salah satu koitmen DANA untuk terus bersinergi dengan ekosistem ekonomi kreatif digital guna meningkatkan inklusi keuangan dan teknologi digital di kalangan masyarakat luas.

- Advertisement -

Melaui program tersebut, Bank Indonesia DIY dan DANA bertekad mewujudkan ekosistem digital Tugu, Malioboro dan Keraton (Gumaton) sekaligus menyukseskan program 12 juta pengguna QRIS pada 2021.

Baca juga: Dana Ikut Kembangkan Ekonomi Kreatif Danau Toba

Program QRIS Gumaton ini juga melibatkan Pemerintah Daerah DIY, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) DIY dan Penyedia Jasa Sistem Perbankan (PJSP) bank dan nonbank di DIY, serta pihak terkait lainnya.

Salah satu pihak yang digandeng dalam Program QRIS Gumaton adalah Komunitas Andong Malioboro. Saat ini, tercatat 60 andong Yogya telah menggunakan QRIS–DANA untuk transaksi pembayaran.

dana andong yogya

Bank Indonesia juga memberikan apresiasi kepada DANA dan berharap semakin banyak pekerja informal maupun pelaku usaha di Gumaton yang menggunakan dompet digital yang telah menerapkan QRIS untuk bertransaksi.

“Sebagai sahabat UMKM, DANA sangat mendukung inisiatif pemerintah untuk meningkatkan budaya contactless serta mendorong percepatan transformasi digital di kalangan pekerja informal dan pelaku UMKM di kawasan wisata Gumaton. Ini sejalan dengan misi kami untuk membantu pengembangan UMKM dengan menghadirkan tekonologi finansial digital yang inklusif,” ujar Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA.

Selain mendigitalisasi 60 andong Yogya, melalui dukungannya terhadap Program QRIS Gumaton, DANA juga memperluas edukasi dan transformasi digital pelaku usaha di area tersebut.

Ke depannya, DANA siap membantu digitalisasi lebih banyak pekerja informal dan UMKM di kawasan Gumaton, termasuk becak dan pedagang di Malioboro. Bukan hanya itu, DANA juga akan memfasilitasi pelatihan UMKM di sekitar kawasan wisata di Joglosemar.

“Para UMKM di Yogyakarta yang ingin terhubung dengan ekosistem digital bisa bergabung dalam DANA Bisnis serta memanfaatkan kemudahan, keamanan, kenyamanan dan keunggulan fitur ini. Dengan bergabung dalam DANA Bisnis, UMKM juga akan punya kesempatan dipromosikan dan mendapatkan pendampingan untuk meningkatkan kapabilitas dan mengembangkan usahanya,” kata Agustina.

Selain untuk meningkatkan budaya contactless, Program QRIS Gumaton ditujukan demi mencegah peredaran uang palsu, mendorong efisiensi bertransaksi, meningkatkan keuangan inklusif dan memajukan pelaku usaha, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi DIY.

Saat ini jumlah merchant QRIS di DIY sebanyak 166.038 dan diharapkan bertambah dua kali lipat atau lebih pada 2021. Sampai dengan akhir 2020, secara nasional tercatat 6 juta merchant QRIS.  Bank Indonesia tahun ini menargetkan akseptasi 12 juta merchant QRIS di seluruh Indonesia.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

10 Perbedaan OPPO A74 5G dan A74 4G

Techbiz.id - OPPO baru saja menghadirkan perangkat A74 5G dan A74 4G. Tak hanya memiliki konektivitas yang berbeda, OPPO...

Artikel Terkait