Sabtu, April 20, 2024

Punya 6 Sensor, Begini Bocoran Kamera 200MP Samsung

Techbiz.id – Samsung tampaknya segera merilis kamera dengan resolusi tinggi mencapai 200 Megapiksel. Ini akan menjadi rekor baru bagi Samsung, mengingat resolusi kamera tertinggi saat ini hanya 108 Megapiksel.

Hal itu diungkap Samsung Exynos melalui postingan di akun media sosial Twitter mereka. Dalam unggahannya, Samsung menyertakan sebuah video yang menunjukkan sensor kamera 200MP.

“Dear shutterbug, apa yang paling Anda harapkan dari kamera smartphone?” tulis Samsung Exynos, Selasa (22/3).

Video berdurasi singkat itu juga memperlihatkan kelima sensor lainnya di bagian belakang. Sementara, bagian depan tampak mengemas dual punch hole yang menjadi wadah bagi dua kamera selfie.

Menariknya, bagian akhir video 200MP Samsung mengisyaratkan adanya chip Exynos baru. Dengan demikian, besar kemungkinan akan ada System on Chip (SoC) baru untuk mendukung teknologi kamera tersebut.

Terlepas dari itu, kehadiran sensor kamera beresolusi tinggi sebenarnya sempat diungkap oleh leaker populer. Ice Universe melaporkan bahwa Samsung akan merilis sensor kamera ISOCELL baru dengan resolusi yang luar biasa.

Selain itu, dia mengatakan bahwa model baru yang ditenagai oleh CMOS ini sedang dalam proses. Kendati demikian, tidak berarti bahwa smartphone komersial pertama dengan sensor kamera 200MP akan datang dari Samsung.

Menurut bocoran sebelumnya, ZTE Axon 30 Pro akan menjadi smartphone yang mengutamakan kamera dengan sensor 200MP, dikutip dari Gizchina (23/3). Berkat kebocoran tersebut, sensor diketahui memiliki nomor model S5KGND. Ini akan memiliki ukuran sensor 1/1,37 ″, ukuran piksel 1,28um, dan ukuran fokus piksel 0,64um.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A72 di Indonesia

Sensor kamera ini juga akan memanfaatkan teknik photo binning. Artinya, di lingkungan dengan cahaya redup, ini akan mengambil foto 50MP atau bahkan foto 12,5MP. Tentunya akan mengurangi resolusi untuk mengambil foto yang lebih jernih. Fitur penting lainnya dari 200MP Samsung S5KGND CMOS termasuk ISO asli ganda, dukungan keluaran video 16K, dan fokus quad-core.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...