Thursday, April 22, 2021
Home Devices Qualcomm Garap Konsol Gaming Serupa Nintendo Switch

Qualcomm Garap Konsol Gaming Serupa Nintendo Switch

Must Read

Bocoran Spesifikasi OPPO Reno6 Terungkap

Techbiz.id - Rumor mengatakan OPPO tengah bersiap menghadirkan Reno6, meskipun pendahulunya baru memasuki pasar beberapa waktu yang lalu. Kini...

ShopeePay Berikan Cashback 30% untuk Pelanggan Viu

Techbiz.id - ShopeePay dan Viu bekerja sama memberikan kemudahan bagi jutaan pelanggan Viu di Indonesia dalam menikmati hiburan premium...

Laptop Predator Kolaborasi Bareng Never Too Lavish

Techbiz.id - Setelah sukses menggandeng seniman Darbotz, laptop Predator kembali hadir dengan terobosan dan inovasi terbaru untuk mendukung para...

Indosat Ooredoo Jalankan Uji Coba OpenRAN di Jaringan 4G

Techbiz.id – Indosat Ooredoo menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menjalankan uji coba lapangan OpenRAN (Radio Access Network)...

LinkAja Syariah Gelar Program Festival Ramadan 2021

Techbiz.id - Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Layanan Syariah LinkAja memiliki program Festival Ramadan 2021 yang diharapkan dapat...

Techbiz.id – Sebuah laporan baru mengungkapkan bahwa Qualcomm sedang membuat konsol gaming. Gambar yang beredar memperlihatkan tampilan konsol gaming yang serupa dengan Nintendo Switch.

Gambar itu pertama kali diungkap oleh Android Police (25/3). Adapun gambar yang beredar merupakan prototipe perangkat yang diharapkan diluncurkan pada 2022.

- Advertisement -

Tak hanya sekedar mirip, konsol gaming Qualcomm dikatakan terinspirasi dari Nintendo Switch. Perangkat ini pun memiliki pengontrol yang dapat dilepas di setiap sisi.

Bahkan, proses perancangan dan produksi pengontrol itu dilakukan oleh nama besar di industri tersebut. Namun tak diungkapkan perusahaan apa yang dimaksud.

Lebih lanjut, perangkat itu sendiri tak seperti smartphone, dimana ketebalan atau lebih tepatnya, ketipisan bukanlah tujuan di sini.

Ketebalan ekstra justru akan memungkinkan prosesor berfungsi lebih baik dan lebih efisien dibandingkan dengan smartphone yang memiliki perangkat setipis yang menjadi ajang persaingan antar vendor.

Ruang ekstra itu juga memungkinkan untuk kapasitas baterai 6000mAh yang besar yang secara signifikan lebih besar dari kapasitas baterai 4310mAh milik Nintendo Switch sendiri.

Kabarnya, Qualcomm juga akan menambahkan dukungan untuk pengisian cepat Pengisian Cepat . Sehingga, pengguna nantinya dapat mengembalikan perangkat ke pengisian penuh dalam waktu sesingkat mungkin dan kembali bermain.

Lebih lanjut, desain yang mirip dengan Nintendo Switch bukanlah satu-satunya fitur yang dipinjam dari konsol game Qualcomm. Ini juga akan mendukung tampilan keluar, memungkinkannya untuk dihubungkan ke tampilan eksternal seperti monitor atau TV.

Sayangnya, belum bisa dipastikan bakal menggunakan port pengisian USB-C untuk output tampilan atau akan memiliki port terpisah untuk fungsi tersebut. Terlepas dari itu, perangkat ini dikabarkan berjalan dengan Android 12 bersama dengan layanan Google.

Tersedia juga aplikasi Epic Games Store yang belum dirilis selain platform konten milik Qualcomm sendiri. Konsol game Qualcomm diharapkan menampilkan prosesor Snapdragon generasi berikutnya dari Qualcomm dan akan memiliki 5G berkat modem Snapdragon X55. Ini juga akan memiliki GPS, Bluetooth, akselerometer, dan haptics zona ganda.

Baca juga: Snapdragon 870 5G Resmi Diluncurkan Qualcomm

Sumber melaporkan bahwa Qualcomm menargetkan label harga $ 300 (Rp4,3 juta) tetapi tidak diketahui apakah itu untuk perangkat lengkap, model 5G, atau bahkan versi Wi-Fi saja. Perlu diketahui, konsol gaming Qualcomm masih sekedar rumor. Pasalnya perusahaan belum mengkonfirmasi secara resmi.

Namun, sangat menarik jika Qualcomm benar-benar akan mewujudkan konsol gaming tersebut. Kita tunggu saja.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Fintech Berpotensi Salurkan Pendanaan Produktif UMKM

Techbiz.id - Indonesia Fintech Society (IFSoc), Mirza Adityaswara, mengapresiasi pemerintah dan regulator yang terus mendorong peningkatan penyaluran kredit pendanaan...

Artikel Terkait