Jumat, September 17, 2021
Beranda Review Gadget Terbaru Review realme C25, Smartphone yang Gagah Perkasa

Review realme C25, Smartphone yang Gagah Perkasa

Must Read

Apa itu Paket Data Multimedia Telkomsel?

Techbiz.id - Telkomsel memiliki berbagai penawaran paket kuota internet kapada pelanggannya. Salah satu yang menarik adalah paket data multimedia...

Gandeng Reloadly, Tri Sediakan Top-Up Airtime Internasional

Techbiz.id - Tri Indonesia bermitra dengan Reloadly meluncurkan solusi top-up airtime internasional yang akan memberikan akses plug-and-play kepada para pelaku bisnis dan tim pengembangnya untuk bisa...

YLKI Kecewa Penerapan Aturan IMEI Tidak Serius

Techbiz.id - Sejak diberlakukannya aturan validasi IMEI pada 18 April 2020 lalu, peredaran ponsel ilegal ternyata masih marak di...

Spesifikasi Asus ROG Phone 5 Terungkap, Usung Snapdragon 888

Techbiz.id - Tampaknya Asus akan melewati lini seri '4' dan langsung menuju ROG Phone 5 sesudah merilis seri ketiga...

Dijual Rp8 Juta, Simak Spesifikasi Oppo Reno4 Pro

Techbiz.id - Oppo Indonesia resmi meluncurkan seri Reno4 Pro yang membawa sejumlah peningkatan spesifikasi dibandingkan seri Reno4. Livia Setyabrata, Creative...

Gabungkan Seni dan Teknologi, OPPO Renovator 2021 Digelar

Techbiz.id - OPPO secara resmi meluncurkan OPPO Renovator 2021 untuk menjadi wadah bagi para kreator muda untuk mengekspresikan masa...

Techbiz.id – Indonesia Kembali kedatangan smartphone terbaru dari realme, yakni realme C25 yang mengambil posisi sebagai smartphone entry level paling tahan banting dengan spesifikasi yang ditawarkannya.

Sama seperti pendahulunya, seri C realme terkenal sebagai seri yang menawarkan baterai besar harga terjangkau di kisaran harganya. Karenanya smartphone realme C25 kali ini juga menawarkan baterai dengan kapasitas yang sangat besar.

Tidak hanya baterai yang besar, realme juga menyematkan spesifikasi lain yang cukup mumpuni di kelasnya seperti adaya prosesor gaming Helio G70 dan 48MP AI tiga kamera.

Baca juga: Realme Konfirmasi Kehadiran C25 dan C21 di Indonesia

Pastinya penasaran kan kenapa hasil review realme C25 ini saya kasih judul Smartphoneyang Gagah Perkasa. Langsung aja kita ulas dalam Review realme C25, Smartphone yang Gagah Perkasa

Review realme C25

Desain dan Layar

Tidak ada yang spesial dari desain yang ditawarkan realme pada perangkat realme C25 ini selain mengusung konsep body yang berkilauan jika terkena cahaya walaupun memiliki warna doff.

realme C25 hadir dengan pilihan warna menarik: Water Grey and Water Blue. Perangkat yang saya gunakan mempunyai warna water grey.

Bodi belakang smartphone ini memiliki tekstur garis-garis berbentuk diagonal mirip bahan canvas pada pakaian. Tekstur tersebut didapat menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman dengan mesin ukiran lima sumbu presisi.

Perangkat ini nyaman digenggam dan minim bekas sidik jari serta efektif mencegah goresan dan terpeleset dari tangan.

Memiliki bentang layar 6,5 inci (16,5cm) dengan ketebalan 0,98cm, perangkat ini memiliki postur penampilan yang terlihat kokoh. Smartphone ini juga cukup berbobot ketika berada digenggaman. Dari sini sudah mulai ada bayangan kan kenapa artikel ini saya beri judul seperti di atas.

Untuk permukaan layarnya, realme C25 ini mengusung konsep water drop notch sebagai rumah bagi kamera depan. Di permukaan belakang terdapat modul tiga kamera yang tersusun kotak matriks 2×2 bersama LED flash light.

Pada bagian bawah perangkat, terdapat port microUSB type C, lubang speaker, dan port jack audio 3,5mm. Sementara itu tombol volume dan power berada di sebelah kanan. Pada bagian kirinya terdapat tiga slot kartu yakni 2 SIM card dan 1 microSD.

Dengan layar seluas 6,5 inci dan rasio 20:9 membuat realme C25 memiliki bidang pandang lebih luas yang mampu membuat penggunanya menikmati layer yang maksimal saat bermain game maupun meninton video.

Fotografi

Untuk kemampuan fotografinya, realme C25 ini dilengkapi dengan tiga kamera yang memiliki kecanggihan artificial intelligent (AI).

Pada kamera utamanya, realme C25 mengadopsi sensor 48MP dengan apertur besar f/1.8 sehingga cukup mengamankan cahaya dan membuat gambar lebih jernih dan lebih cerah meski pada kondisi redup.

Pada saat dicoba untuk mengambil gambar, kmera realme C25 cukup cepat menangkap fokus dari sebuah objek. Hal ini dimungkinkan karena kameranya dilengkapi dengan kemampuan PDAF.

Jika menyukai pengambilan gambar makro, kamera realme C25 menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memotret fotografi makro dengan hasil yang cukup detil.

Fitur kameranya juga memungkinkan pengguna untuk membuat foto dengan gaya retro dengan adanya lensa B&W. Kedua lensa ini dapat mereproduksi potret dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara gambar terang dan gelap.

Untuk kebutuhan swa foto, realme C25 memiliki sebuah kamera selfie 8MP yang dilengkapi dengan fitur AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu mengambil foto selfie lebih luas.

Ketika saya mencoba mengambil gambar selfie dalam kondisi dalam ruangan yang minim cahaya, gambar yang dihasilkan cukup terang dan jernih.

Review Performa realme C25

Untuk menopang kinerja perangkat terbarunya ini realme menyematkan prosesor MediaTek Helio G70 yang merupakan prosesor terbaik di segmen ini. Prosesor dengan delapan-inti memiliki konstruksi 12nm dan kecepatan 2,0Ghz yang mengadopsi struktur Cortex A75. Dengan konstruksi tersebut membuat Helio G70 ini menjadi rosesor tercepat di kelasnya.

Prosesor ini sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game yang banyak digunakan. Selain itu realme juga menyediakan fitur game assistant untuk memaksimalkan performa game yang dimainkan.

Prosesor Helio G70 ini dipadukan dengan memori jenis LPDDR4X RAM 4GB dengan penyimpanan internal yang ditawarkan ada dua varian yakni 64GB dan 128GB. Perangkat yang saya review ini memiliki penyimanan internal 64GB.

Dengan menggunakan memori jenis LPDDR4X, performa grafis realme C25 meningkat sebesar 20% dan performa RAM meningkat sebesar 100%. Jika kalian masih membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas, realme C25 menyediakan kartu MicroSD (hingga 256GB).

Perangkat ini mampu memainkan game PUBG cukup baik dengan tampilan grafis yang mulus dan tanpa adanya ghost touch.

Berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi benchmark Antutu dan Geekbench hasil yang didapat sebagai berikut:

Hasil benchmark realme C25

Kinerja perangkat realme C25 menjadi lebih maksimal dengan adanya baterai baterai berkapasitas besar yakni 6000mAh yang membuat smartphone ini bsa digunakan seharian penuh tanpa perlu mengisi ulang daya.

Berdasarkan pengujian di realme Lab, realme C25 dapat bertahan selama 47 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya.

Berdasarkan hasil tes ketahanan baterai, realme C25 ini mampu digunakan untuk menonton Youtube selama 25 jam. SertA untuk mendengarkan musik selama 115 jam dan bermain game Mobile Legend selama 9,5 jam.

Untuk menghemat daya baterainya, tersedia mode Super Saving. Kita dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama.

Antarmuka

Untuk pengoperasian perangkatnya realme C25 menggunakan antarmuka realme UI 2.0 yang memiliki fitur kustomisasi ikon yang baru ditingkatkan mendukung ikon pihak ketiga. Dengan demikian kita bisa leluasa mengkustom tampilan smartphone tersebut.

Nama aplikasi juga dapat disesuaikan dalam hal ukuran font atau nama aplikasi bisa disembunyikan. Untuk Gen Z yang kaya imajinasi, realme UI 2.0 menghadirkan opsi penyesuaian yang luar biasa sehingga bebas menggabungkan dan membuat UI realme sesuka hati, dan menentukan UI realme 2.0 untuk diri sendiri.

Pengguna realme C25 juga dapat mengganti warna tema antarmuka dengan 5 seri warna dan 10 warna tunggal yang dapat dipilih. Setelah memilih warna, sistem akan memiliki 23 antarmuka yang akan beralih ke warna yang ditentukan pengguna, seperti pusat kendali / tombol sakelar / kontrol radio, dan ikon halaman seperti ikon kiri pada halaman beranda.

Realme juga menyediakan perlindungan data penggunanya karena realme UI 2.0 menghadirkan Paket Privasi Deep Sea. Fitur ini mampu menjaga informasi pribadi penggunanya. Selain itu perangkat ini juga menyediakan sensor sidik jari yang sangat responsive mampu membaca sidik jari sangat cepat.

Sertifikasi perangkat

Sekarang kita tiba pada bagian yang terpenting dari hasil pengujian dari perangkat realme C25 ini yaitu sertifikasi perangkat dari TÜV Rheinland.

Perangkat realme C25 ini telah lolos serangkaian pengujian dari TÜV Rheinland. Pengujian terdiri dari 23 pengujian utama diantaranya pengujian penggunaan harian seperti terjatuh dan abrasi. Pengujian oleh TÜV Rheinland ini juga meliputi lingkungan ekstrim, seperti suhu super tinggi dan rendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara.

Secara keseluruhan, sebagian besar kondisi pengujian Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland didasarkan pada siklus hidup smartphone selama tiga tahun.

Sertifikasi dari TÜV Rheinland menegaskan bahwa perangkat realme C25 ini menjadi smartphone yang tahan banting.

Kesimpulan

Memiliki mega baterai dengan kapasitas yang sangat besar serta ditopang sesifikasi unggul di kelasnya dan terbukti tahan banting dengan mendapat sertifikasi dari TÜV Rheinland membuat realme C25 ini sebagai smartphone yang Gagah Perkasa.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Daftar Harga Paket Data Telkomsel Terbaru 2021

Techbiz.id - Telkomsel termasuk salah satu operator yang aktif dalam memberikan promo paket data kepada pelanggan setianya, termasuk pada...