Sabtu, April 20, 2024

Samsung dan Telkomsel Ungkap 3 Fakta Seputar 5G

Techbiz.id – Jaringan 5G memang belum hadir di Indonesia, meskipun demikian sudah banyak sekali rumor-rumor yang beredar seputar 5G sebagai teknologi yang digadang-gadang sebagai the next frontier dalam industri telekomunikasi di dunia.

Namun sebenarnya, bagaimana kegunaan langsung bagi 5G untuk para konsumennya? Melalui workshop Samsung Galaxy S21 Series 5G Tech Series: 5G Myth-busting, Samsung mengundang pembicara dari Telkomsel untuk membahas tuntas mitos dan fakta seputar 5G dan pengaruhnya bagi konsumen di Indonesia. 

“Seperti halnya 5G bagi industri telekomunikasi, Samsung menghadirkan Samsung Galaxy S21 Series 5G, terutama varian S21 Ultra 5G untuk memungkinkan para pengguna untuk mengintip ke masa depan,” ungkap Taufiqul Furqan Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung Galaxy S21 Series 5G diluncurkan di Indonesia dengan kemampuan yang dapat mendukung konektivitas 5G, melalui berbagai macam fitur dan spesifikasi yang telah  didesain sedemikian rupa agar tetap relevan bagi pengguna bahkan di masa yang akan datang ketika 5G sudah benar-benar diimplementasi di Indonesia.

Baca juga: Samsung Kenalkan Exynos 2100, Prosesor 5G Tercanggih

Sementara itu, Manager Network Master Plan Telkomsel, Harry Utama mengatakan, 5G membawa beberapa pengembangan dan inovasi dari generasi sebelumnya, seperti enhanced mobile broadband, ultra-reliable and low latency communications, serta massive machine type communication.

Dengan kecanggihan ini, 5G tidak hanya dapat meningkatkan pengalaman komunikasi dan digital bagi segmen konsumer, namun juga membuka lebih banyak use case untuk operasi antar perangkat bagi segmen industri. Dengan keunggulan tersebut, 5G merupakan teknologi inklusif yang akan membuka peluang dan kesempatan baru bagi masyarakat, industri dan negara kita.

“Oleh karena itu, Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan akan terus mempersiapkan adopsi dan adaptasi seluruh entitas yang ada di ekosistem digital untuk implementasi teknologi jaringan 5G di Indonesia,” ucapnya. 

Berkut ini fakta seputar 5G yang diungkap Samsung dan Telkomsel

3 Fakta Seputar 5G

1. Manfaat 5G untuk Konsumen 

Bandwidth dari 5G yang lebih besar daripada 4G memungkinkan pengguna 5G untuk men-streaming data berukuran besar dengan cepat. Selain memiliki download dan upload speed yang jauh lebih cepat, pengguna juga dapat melakukan streaming content video dengan resolusi tinggi tanpa perlu buffering, memberikan pengalaman menonton yang lebih seamless

Selain dengan streaming konten-konten video, dengan Bandwidth yang lebih tinggi, 5G juga memungkinkan pengguna untuk melakukan video call dengan resolusi yang lebih baik dan lancar, memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi musik atau konser melalui zoom menggunakan jaringan mobile. 

2. Lebih dari Sekedar Peningkatan Bandwidth 

Selain bandwidth yang lebih besar, teknologi 5G juga menghadirkan low-latency connectivity yang semakin memperkecil jangka waktu yang diperlukan untuk koneksi perangkat satu ke perangkat lainnya. Dengan teknologi low-latency yang dapat di-deploy secara massive, hal ini memungkinkan pengguna jaringan 5G untuk mengakses konten-konten dengan tingkat respon yang sangat cepat. 

Bagi pelaku industry, ini berarti kemampuan untuk melakukan operasi mesin jarak jauh. Bagi konsumen, hal yang paling dekat dengan kita adalah implementasi 5G terhadap gaming, khususnya game online.

Tidak berhenti disana, 5G juga memungkinkan adanya new frontier dalam dunia gaming, yaitu cloud gaming. Pada saat ini, cloud-gaming hanya dapat dilakukan melalui konektivitas broadband. Dengan adanya 5G, memungkinkan pengguna Samsung Galaxy S21 Series 5G untuk melakukan cloud gaming melalui perangkat Samsung Galaxy S21 Series 5G yang mereka miliki.

3. Konektivitas Masa Depan 

Teknologi 5G implikasinya adalah masa depan. Karena pada saat ini, belum banyak hal secara use-case yang kita ketahui. Teknologi 5G adalah peluang bagi para developer untuk benar-benar mengadopsi kekuatan dari 5G secara penuh sehingga dapat dinikmati oleh para konsumen dengan lebih baik lagi. Namun salah satu use-case 5G yang dapat dilihat saat ini adalah bagaimana 5G dapat berkontribusi kepada Internet of Things (IoT).  

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...