Jumat, April 19, 2024

Tri Tingkatkan Kapasitas Jaringan dengan Solusi CAA Nokia

Techbiz.id – Sejalan dengan komitmen 3 Indonesia untuk selalu memberikan layanan konektivitas data terbaik dengan jaringan yang kuat dan luas di seluruh Indonesia, Tri Indonesia, bekerja sama dengan Nokia, meningkatkan kapasitas jaringannya melalui penggunaan Compact Active Antenna (CAA).

CAA adalah solusi modul radio dan antena yang terintegrasi dalam satu unit berukuran kompak, sehingga konsumsi energi untuk solusi ini pun lebih sedikit. Saat ini, penerapan teknologi CAA Nokia telah dilakukan pada jaringan Tri Indonesia di Makassar dan Batam, dan merupakan penerapan pertama di Indonesia untuk site BTS dengan konfigurasi multisektor.

Peningkatan kapasitas jaringan dengan berbagai solusi inovatif ini dilakukan Tri Indonesia untuk memenuhi pertumbuhan pelanggan data yang terus meningkat. Untuk meningkatkan kapasitas jaringan, dibutuhkan sektor tambahan dengan jumlah modul radio dan antena yang lebih banyak yang harus dipasang di site BTS. Namun, teknik ini memiliki beberapa kerumitan dan menghasilkan konsumsi energi yang lebih tinggi.

Baca juga: Tri Indonesia Pecepat Ekspansi Bisnis FamilyMart

Dari penerapan solusi (CAA) ini, kapasitas jaringan Tri Indonesia telah meningkat sebesar 25%. Hal ini dicapai dengan konsumsi energi 40% lebih sedikit dibandingkan dengan solusi sebelumnya.

Selain itu, solusi teknologi antena cerdas (intelligent antenna) ini juga menghasilkan peningkatan efisiensi spektrum dan kecepatan data yang lebih tinggi, sehingga, pelanggan 3 Indonesia dapat menikmati pengalaman berinternet dan bermain mobile game dengan lebih lancar.

‘‘Kami terus menerapkan solusi inovatif untuk memperkuat jaringan kami. Kali ini, kami menggunakan Compact Active Antenna untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan kami. Solusi canggih ini memberikan konektivitas data yang lebih baik sehingga pelanggan kami dapat memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik dalam melakukan aktivitas digital mereka,” ungkap Desmond Cheung, Chief Technical Officer Tri Indonesia.

Menurut Willie Cher, Head of Customer Business Team for Hutchison at Nokia Asia Pacific & Japan, Compact Active Antenna Nokia dirancang khusus bagi operator seluler untuk meningkatkan kapasitas radio di daerah dengan trafik data yang padat untuk menghasilkan kinerja dan konsumsi energi yang optimal.

“Teknologi ini sangat sesuai dan dapat mendukung 3 Indonesia dalam fokus meningkatkan kapasitas 4G dan kualitas layanan untuk pelanggannya,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...