Sabtu, April 20, 2024

BCA dan Blibli Kolaborasi Hadirkan Desa Binaan Goes Digital

Techbiz.id – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkolaborasi dengan Blibli untuk memberikan nilai tambah bagi pelaku bisnis UMKM yang juga terimbas akibat pandemi dengan mendigitalisasi Desa Binaan.

Menurut EVP CSR BCA, Inge Setiawati, program kolaborasi yang disepakati dengan Blibli sejalan dengan visi misi BCA yang ingin mengangkat desa binaan untuk lebih dekat dengan dunia digital.

“Kami menyadari bahwa di tengah kondisi yang masih membatasi ruang gerak ini, peran teknologi digital menjadi lebih masif dalam berbagai aspek kehidupan. Kegiatan pengembangan desa binaan ini juga merupakan bentuk perwujudan pilar dalam CSR BCA yaitu pilar solusi bisnis unggul,” ungkap Inge.

Baca juga: Blibli Gandeng Jangkau Salurkan Donasi Barang

Kolaborasi strategis yang dilakukan oleh BCA dan Blibli diwujudkan melalui tiga program utama yaitu digitalisasi, pelatihan dan optimisasi. Ketiga program ini sudah dirumuskan sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh desa binaan.

Adapun tujuan akhir diadakannya kolaborasi ini menurut Inge adalah untuk membantu pengembangan dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh desa binaan.

“Harapannya melalui kegiatan ini, desa wisata dapat semakin memupuk semangat untuk menyambut kembali pulihnya pariwisata serta perekonomian di Indonesia. Semoga kolaborasi yang dijalin dengan Blibli juga dapat mendorong perekonomian di desa binaan dan semakin meningkatkan produk lokal,” imbuh Inge.

Dalam kesemepatan yang sama, Geoffrey L Dermawan selaku perwakilan Blibli mengungkapkan, pelaku UMKM saat ini harus bisa bertransformasi digital agar tetap bisa kompetitif.

“Dengan masuk ke platform digital, dapat menjangkau pasar lebih luas, dan belajar bersaing dengan meningkatkan mutu kualitas produk karena mereka akan bertemu dengan para pelaku usaha lain di dalam satu platform,” kata Geoffrey.

Selain itu, untuk mewujudkan ekonomi digital bagi UMKM di Indonesia menurut Geoffrey, e-commerce perlu melakukan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak agar potensi digitalisasi UMKM berjalan maksimal.

“Blibli sangat senang bisa bersinergi dengan BCA dalam program Desa Binaan Bakti BCA Goes Digital. Melalui kolaborasi ini, kami berharap potensi wirausaha UMKM dan destinasi wisata yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara ini dapat memperluas pasar wisata mereka di platform digital Blibli,” imbuhnya.

Kolaborasi strategis ini akan memberikan akses bagi pelaku bisnis di desa wisata untuk memanfaatkan fitur dan layanan bagi seller di ekosistem e-commerce Blibli untuk memasarkan produk ke seluruh Indonesia.

“Hal ini sejalan dengan misi Blibli untuk mendorong pelaku kreatif lokal dan memberdayakan potensi Indonesia untuk menopang perekonomian nasional di tengah pandemi corona (COVID-19),” pungkas Geoffrey.

Sebagai tambahan informasi, CSR BCA memiliki 12 desa binaan yang tersebar di beberapa wilayah. Ke-12 desa binaan tersebut antara lain Wirawisata Goa Pindul; Desa Wisata Pentingsari; Wisata Wayang Desa Wukirsari; Desa Wisata Tamansari; Doesoen Kopi Sirap; Kampung Batik Gemah Sumilir; Bukit Peramun; Wisata Aik Rusa Berehun; Gunong Lumut; Kampung Adat Sijunjung; Nagari Silokek; Desa Wisata Pucak Tinggan. Di tengah kondisi pandemi, BCA terus memberikan pendampingan bagi desa binaan melalui webinar-webinar inspiratif.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...